Mengatasi This computer does not meet the minimum requirements for installing the software.

Ada satu kasus yang cukup sering terjadi kalau anda menggunakan komputer dengan VGA dari Intel. Yaitu saat instalasi Intel Graphics Driver bukannya berhasil malah gagal dan muncul pesan error This computer does not meet the minimum requirements for installing the software., sangat aneh jadinya.

Padahal seharusnya sudah benar installer drivernya dan jelas – jelas syaratnya sudah terpenuhi secara spesifikasi.

Mutakhirkan driver perangkat Intel

Nah ini ada satu solusinya yang paling mudah tapi 90% hanya berlaku kalau menggunakan PC bukannya laptop. Jadi kita akan menggunakan Intel Driver Update Utility: http://www.intel.com/content/www/us/en/support/detect.html kemudian tinggal anda install dan jalankan saja.
Intel Driver Update Utility

Setelah itu lakukan scan dan misal memang ada perangkat buatan Intel akan dideteksi otomatis, juga apabila ada driver terbarunya akan diberikan informasinya juga. Bisa didownload langsung dari aplikasi ini.

Cek pabrikan laptopnya

Metode kedua rutin digunakan untuk laptop karena driver Intelnya sering sudah dimodifikasi oleh pabrikan pembuatnya, jadi ini sebabnya cara pertama tidak bisa digunakan.

Jadi solusinya adalah dengan mendownload driver VGAnya langsung dari situs resmi pembuatnya. ASUS ya ASUS, Lenovo ke Lenovo, Acer dari Acer, dan seterusnya. Jadi sebenarnya tidak kalah mudahnya tapi kadang salahnya disini karena dianggap sama saja jadi mengunduh drivernya dari situs Intel.
dell-inspiron-14r-n4010-drivers

Pakai Hardware ID dan cari manual

Masih gagal juga? Ini cara ketiga, jadi gunakan identifikasi hardware dalam Device Manager dan kemudian cari drivernya secara manual lewat situs DevID.

Atau kalau teman anda memiliki DVD/USB Flashdisk berisi DriverPack bisa digunakan juga. Ini benar – benar cara terakhir dan biasanya sangat jarang sekali sampai pada tahap ini.

Semoga bermanfaat. 🙂

5 pemikiran pada “Mengatasi This computer does not meet the minimum requirements for installing the software.”

    • Tergantung mas.

      Ini masalahnya dengan aplikasi/game apa?

      Karena solusi diatas bisa dilakukan apabila masalahnya karena glitch driver, bukan karena spesifikasi laptopnya tidak memadai minimal yang diminta.

Tinggalkan komentar