Cara mengatasi gagal menghapus font di Windows

Untuk mengatur font itu urusan gampang, tinggal buka Control Panel > Fonts. Mau melihat daftar font terinstall atau menghapusnya tinggal delete saja untuk membuangnya. Tapi saya baru saja mengalami masalah, yakni gagal dihapus karena sedang terpakai Windows fontnya.

Secara lengkap pesan errornya adalah Nama_font cannot be deleted because it’s in use. Close any open programs, and then click Try Again. Tampaknya sederhana kan? Tinggal cari proses apa yang aktif memakainya saat itu. Dan dari kasus saya ternyata csrss.exe yang kalau dimatikan akan langsung blue screen. 🙁

Akhinya setelah mencari tahu ternyata ada beberapa solusi yang bisa dicoba, silahkan pilih yang menurut anda paling mudah dulu.

Pertama ada menggunakan aplikasi Unlocker yang fungsinya membuka kuncian proses yang mengakses file tersebut. Nanti dari daftar file yang muncul pilih saja yang ingin dilepas. Setelah itu bisa dicoba menghapusnya.

Kedua bisa dengan masuk ke safe mode, asalkan bukan font asli/default Windows biasanya bisa dihapus tanpa hambatan.

Ketiga adalah dengan command prompt, tapi anda harus tahu nama file fontnya dulu dan kemudian eksekusi perintah ini: del /f /s /q /a "C:\Windows\fonts\nama_font.ttf". Ini harus pakai hak administrator eksekusinya.

Keempat, solusi alternatifnya dan menurut saya paling mudah sebenarnya adalah memakai aplikasi manajemen font pihak ketiga. Salah satunya NexusFont.

Sekian dan semoga bermanfaat. 🙂

Tags:

Leave a Reply