Mengatasi jendela baru muncul setiap kali membuka folder

Kadang secara tidak sengaja kita mengubah konfigurasi Windows dan tidak tahu cara mengembalikannya ke normal. Salah satunya adalah perilaku Windows Explorer saat membuka drive atau folder maka akan muncul di jendela baru bukannya pada jendela yang sama.

Kalau cuma satu atau beberapa mungkin masih bisa ditoleransi, apabila anda membuka banyak sekali folder saya jamin taskbar anda akan bertumpuk isinya dan bingung memilih salah satu jendela folder yang diinginkan. Nah… bagaimana cara mengatasi munculnya window baru setiap kali mengakses drive atau folder baik melalui klik kanan > Open maupun double-click?

Memperbaiki menggunakan Folder Options

Anda perlu mengakses Folder Options melalui Windows Explorer (tekan tombol Windows+E), kemudian tekan tombol Alt untuk memunculkan toolbar kalau tidak ada dan selanjutnya pilih Folder options…
windows-explorer-tools-folder-options

Pada tab General perhatikan bagian Browse folders, bila opsinya berada di “Open each folder in its own window” maka ubahlah menjadi “Open each folder in the same window”.
windows-7-folder-options-general
Klik Apply kemudian OK untuk menyimpan setting barunya, dan semestinya setiap kali anda membuka folder akan terbuka isinya pada jendela yang sama setelah ini.

Mengatasi melalui Registry Editor

Kalau cara diatas tidak berhasil maka anda perlu memakai Registry Editor untuk mengatasinya dengan mereset setting perilaku Windows Explorer. Sebelumnya saya sarankan untuk melakukan backup dahulu, kalau sudah langsung saja download file jendela-folder-baru.reg. Setelah itu klik kanan dan pilih Merge.

Selesai! Niscaya masalah ini akan berhasil diatasi.

122 pemikiran pada “Mengatasi jendela baru muncul setiap kali membuka folder”

  1. gak berhasil mas, windows 7 ultimate 32bit bulid 7601 punya saya, udah pake cara cmd yg kaya gini gak berhasil :
    :: 32 bit and 64 bit
    IF EXIST “%SystemRoot%\System32\actxprxy.dll” “%SystemRoot%\System32\regsvr32.exe” “%SystemRoot%\System32\actxprxy.dll”
    IF EXIST “%ProgramFiles%\Internet Explorer\ieproxy.dll” “%SystemRoot%\System32\regsvr32.exe” “%ProgramFiles%\Internet Explorer\ieproxy.dll”

    udah make folder option gak berhasil
    udah make UAC gak berhasil
    udah make gpedit.msc juga gak bisa

    Mas, tolong donk

    • Selamat malam Sofyan, ini masalah yang anda alami memang jendela explorer baru terbuka setiap kali membuka folder? Soalnya dari perintah command prompt yang anda tuliskan tidak ada hubungannya, malah itu untuk mensetting proxy internet Windows.

  2. Makasih gan, tips nya bener bener bermanfaat. Ane jadi stress gara2 mikirin ini dari kemaren. Sekali lagi makasih banyak gan

  3. Komputer saya kenapa ya..,, saya klik satu folder…folder lain ikut terklik..alhasil saya membuka banyak folder jika saya buka…,, contoh ada folder musik, image dan video,, saya klik folder video tp folder yg lain jd ikut terklik..jika saya klik dua kali untuk mebuka folder terbuka smua…, mohon pencerahan nya..mksh..

    • Halo David, mohon maaf telat membalasnya. Terlewat. 🙁

      Pakai registry diatas masih gagal mas? Ini Windows 8 32-bit atau 64-bit?

    • Halo Ferdi, tampaknya setting Windowsnya mas kalau cuma berlaku pada folder. Ini folder yang ikut terbuka dalam satu lokasi? Di Windows apa ya mas? Solusi diatas, terutama yang registry ga ngefek mas?

  4. Cara mereset setting perilaku windows explorer itu gimana gan?

    Saya pake windows 7

    Itu klo direset setting perilaku apa.aja yg keubah tau hilang yaa gan?

    Kalau bisa tolong dijawab ke email saya [email protected]
    Please gan sangat butuh,,, sebelumnya trima kasih banyak

    • Halo Nior, tepat setelah anda membaca kalimat tersebut dalam artikel diatas ada link download file registrynya mas. Yang namanya jendela-baru.reg, itu didownload dan digabung di Windows yang bermasalah.

    • Halo, cuma buat jaga – jaga saja mas. Dan selama ini tidak pernah ada masalah sampai perlu menggunakan backupnya.

  5. stress gara-gara ini dan sempat mikir mau install ulang akhirnya terpecahkan.. makasih boss atas pengetahuannya, very glad to know it 😀

  6. mohon maaf, mau tanya nih. saat menancapkan flashdisk di windows 8, tiba” jendela windows explore bertambah sendiri secara otomatis. sampai banyak. dan hanya bisa diatasi dengan shutdown. bagaimana ya solusinya ?

    • Halo Anna, itu flashdisknya sudah dicek dengan antivirus mbak? Jangan lupa matiin autoplay Windows biar ga otomatis dibuka pas ditancapin usb.

  7. Maaf mas, sy juga bermasalah pada klik folder tp dobel terbukanya. Padahal Sudah open each folder in the same window.

    Sy jujur ga tau cara registry. Mohon petunjuknya dengan jelas. Makasih mas 🙂

  8. ngk berhasil bang chandra, uda pke folder options tdk berhasil, pke command proomp yang code regsvr32.exe "%Programfiles%\Internet Explorer\ieproxy.dll juga ngk berhasil.. ada lagi cara lain bang ???

    • Halo Syahril, ini di Windows apa? Dan kondisinya sama persis? Yang terbuka adalah jendela folder yang isinya sama? Atau jendela lokasi lainnya?

  9. mas saya punya kendala dgn aplikasi yg tdk mau terbuka, sblumnya saya sempat membuka game flash “cat vs dog” melalui hardisk teman, tpi tdk tefbuka krna hnya untuk win32 bit ktnya, padhal windows saya versi 64 dan 32 bit krna ada dua program filenya (prgram file + program filex86) saya juga punya photoshop versi 64 dan 32bit.

    masalahnya setelah sempat hang saat mengklik game flash itu, saya tdk bisa lagi membuka aplikasi saya yg versi 64 bit itu kenapa ya mas?

    • Ya, memang program 32-bit itu bisa dijalankan pada Windows 64-bit, cuma sebaliknya yang tidak bisa.

      Ini di Windows apa mas? Dan tidak bisa itu maksudnya diklik tidak muncul apa – apa, atau ada pesan error, atau muncul sesaat kemudian tertutup mas?

  10. gan… waktu ane buka folder atau pun jendela ( google, control panel, setting, dll) intinya yang memiliki tombol Maximize… ketika membuka nya.. dia selalu membesar mengecil… kaya ada yang nekan tombol Maximize & Minimize…

    Gimana solusinya gan…?

    • Membesar mengecil ini terjadi sekali saja mas? Maksudnya kalau kondisi jendela aplikasi kecil ya langsung besar dan sebaliknya. Atau bolak – balik?

      Di Windows apa mas? Kalau laptop bisa disertakan merek dan tipenya.

  11. Ini buat Windows 10 bisa nggak gan?
    saya juga ada masalah yang hampir sama di windows 10…
    jadi setiap kali buka folder di Document, langsung buka jendela baru lagi… tapi yang lain nggak, jd masalahnya cuma di Document saja, sudah pakai cara pertama tapi masih nggak bisa…
    mau pke cara Registry takut gak cocok dengan windows 10…
    Solusi nya gan???

    • Ini masalahnya di Windows atau browser jadinya mas? Pakai browser apa? Tab yang lain itu ada buka website sendiri atau kosongan?

    • Nyerah mas. 🙁

      Ini di Windows apa? Jendela baru yang terbuka ini munculnya apa? Folder tertentu atau Default Explorer? Sudah cek antivirus?

    • Mas pakai Windows apa? Yang terbuka apakah folder yang memang ingin dibuka atau lokasi lain?

      Sudah scan antivirus?

  12. udah di download cara yang kedua, setelah itu saya instal dan udah saya okein, tapi saya bingung maksud dr klik kanan dan klik marge itu gimana ya min maksudnya?

Tulis komentar...