Mengatasi masalah backup dari komputer lain tidak dikenali di Windows 7

Kalau anda pernah menggunakan Windows Backup Tool untuk membuat backup dari file – file di komputer anda, cara mengembalikannya sendiri cukup mudah dan bisa juga digunakan dari komputer lain.

Contoh kasusnya seperti kalau anda membeli harddisk baru dan ingin mengembalikan data anda yang dibackup dari harddisk anda sebelumnya ke yang baru. Biasanya sih lancar tapi yang saya bicarakan kali ini adalah kalau ada masalah seperti backup file Windows tidak dikenali saat mau restore.

Walau sebenarnya kita bisa membuka file backup tersebut secara manual, anda akan menemukan file – file hasil backup tersimpan dalam jumlah banyak dan menggunakan format zip – tentu repot kalau berusaha me-restore backup satu per satu.

Mengapa backup anda tidak dikenali di komputer baru? Hal ini disebabkan Windows melakukan pencarian (query) pada katalog lokal backup dan bukan melakukan import backup yang dibuat di komputer lain.

Bagaimana cara restore backup yang dibuat dari komputer lain?

Kita akan melakukan sedikit trik untuk memaksa Windows membaca bahwa backup tersebut adalah terdapat di jaringan bukan di komputer. Jalankan kembali proses restore backup tapi pilih Browse Network Location untuk sumbernya. Asumsi saya file backup terletak pada folder My Documents, ubah alamat yang saya berikan ke tempat yang sesuai kalau berbeda. Isikan dengan alamat berikut : \\127.0.0.1\c$\users\USERNAME_ANDA\My Documents, isikan USERNAME_ANDA dengan nama pengguna Windows yang anda gunakan.

Maka backup Windows anda akan dikenali dan proses pengembalian file akan berlangsung dengan lancar.

Tulis komentar...