Mengatasi suara mic yang terlalu pelan di Windows

Advertisements

Sedikit share pengalaman dari saya dan teman yang merintis channel YouTube gaming. Ada masalah saat komunikasi via voice chat Discord dimana suara teman ini volumenya terlalu kecil walaupun sudah disetting maksimal. Cuma terjadi pada satu headsetnya saja dengan merek Logitech lupa tipenya, yang headphone/headset lain normal.

Karena jelas masalahnya cuma di satu alat kami fokus disana, pertama dengan install ulang driver dan update ke versi terbaru. Tapi tetap gagal memperbaikinya. Ngecek ulang Volume Mixer dan pengaturan Sound Windows ya tidak ada efeknya.

Kabar gembiranya saya menemukan cara mengakalinya, mungkin bisa jadi solusi untuk anda juga. Kita akan pakai 2 software untuk meningkatkan volume suara microphone di Windows 10.

Pertama silahkan download Equalizer APO dulu: https://sourceforge.net/projects/equalizerapo/

Advertisements

Install dan aktifkan untuk perangkat audio yang ingin anda betulkan. Di jendela Configurator ini akan muncul semuanya yang dikenali Windows seperti speaker atau microphone.

Kedua download ekstensi Peace Equalizer: https://sourceforge.net/projects/peace-equalizer-apo-extension/

Install seperti biasa, secara default akan mengarah ke lokasi tempat Equalizer APO diatas.

peace equalizer apo

Setelah itu jalankan aplikasi Peace ini, ada 2 opsi yang anda bisa sesuaikan.

  1. Pre Amplifying, saran saya isi dari 10 dB dulu kalau kurang tingkatkan lagi. Ini fungsinya menambahkan level suara perangkatnya.
  2. All devices/Any devices, berarti setting sound sebelumnya berlaku untuk semua perangkat audio. Tapi kalau anda sudah paham cara pakainya silahkan diterapkan ke spesifik satu target juga bisa.

Akhirnya restart komputer dan tes apakah sudah sesuai harapan belum.

Advertisements

Tinggalkan komentar