Mengatasi jendela Search muncul saat membuka drive atau folder

Pernah mengalami jendela Search muncul saat anda ingin membuka drive atau folder di Windows Explorer? Jadi bukannya tampil isi dari lokasi tersebut malah muncul jendela pencarian. Kasus ini saya temukan di komputer yang masih menggunakan Windows XP di kantor dan saya merasakan kembali nostalgia sewaktu mengatasi hal yang sama saat kuliah dulu.

Nah… untuk kerusakan semacam ini bisa disebabkan antara salah setting atau diserang virus, lebih sering karena diubah registry Windowsnya oleh program berbahaya. Jadi solusinya mau tidak mau kita harus mengutak atik registry untuk memperbaikinya.

Jadi mari kita panggil Registry Editor melalui perintah regedit di jendela Run command sebagai langkah awalnya.
regedit-hkey-classes-root-directory-shell

Setelah itu navigasikan ke dua lokasi registry berikut: HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell dan HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell. Pada sisi kanan akan menampilkan apa isinya. Kemudian hapuslah registry key bernama Default dan bila ada yang dinamakan find juga hapus. Bila Windows tidak menemukan adanya registry diatas maka akan otomatis dibuat defaultnya yang seperti awal mulanya. Jadi jendela Search Windows tidak akan terpanggil saat anda mengakses folder atau drive harrdisk di komputer anda.

Solusi ini juga berlakukan untuk Windows Vista dan 7 dari percobaan saya, sayangnya untuk Windows 8/8.1 belum sempat diujicoba karena tidak ada yang saya temui mengalami kerusakan yang serupa.

Semoga membantu. 🙂

10 pemikiran pada “Mengatasi jendela Search muncul saat membuka drive atau folder”

Tulis komentar...