Mengatasi virus file yang hilang tapi kapasitas USB Flashdisk tetap terpakai

Pernah USB Flashdisk anda terkena virus dan kalau dibuka seluruh file yang ada didalamnya hilang? Anehnya saat dicek di Explorer dan Properties jelas – jelas terlihat kapasitasnya tetap dan tidak berkurang sama sekali. Masalahnya walaupun sudah sukses dihapus oleh antivirus tapi kondisi flashdisknya tetap tidak kembali seperti semula. Data – data pentingnya tetap tidak terlihat. 🙁

Nah… aslinya ini adalah trik lama agar file – file yang ada dalam flashdisk seakan – akan lenyap dan digantikan shortcut ke program virusnya. Supaya kita tidak sengaja menjalankannya dan malah menginfeksi komputer. Tambah parah kan? Tapi folder dan filenya tidak ada yang hilang kok, cuma tersembunyi saja memanfaatkan atribut file system atau lebih dikenal sebagai super hidden.

windows-7-explorer-disk

Cara mudahnya sih anda bisa melihatnya lewat Windows Explorer agar selalu memperlihatkan file dengan jenis system, defaultnya dinonaktifkan agar pengguna tidak salah mengedit atau menghapusnya. Bisa rusak Windowsnya kalau salah – salah.

Tapi ada cara yang lebih mudah lagi memanfaatkan program Attribute Changer, tinggal jalankan dan pada tab Folder Properties dan File Properties hilangkan centang pada opsi Hidden dan System seperti dalam gambar dibawah.

attribute-changer-super-hidden

Kalau sudah klik saja Apply dan atribut file tersebut akan diterapkan pada semua folder dan file yang ada dalam USB Flashdisk tersebut. Seharusnya akan normal kembali dan tampil semuanya tanpa kurang apapun.

Tapi kalau benar – benar terhapus maka anda bisa mencoba memulihkannya menggunakan aplikasi seperti Recuva.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...