Mengetahui alamat IP modem

Kalau kita ingin mensetting modem maka jelas kita harus tahu berapa alamat IPnya agar bisa diakses halaman administrasinya. Hal ini adalah gampang – gampang susah, biasanya sih di 192.168.1.1 atau pada modem merek tertentu defaultnya dipindah di 192.168.1.254. Bagaimana kalau tidak muncul halaman login atau administrasi modem saat anda membuka IP address tersebut? Besar kemungkinan memang oleh modemnya memiliki default yang berbeda atau diganti konfigurasinya oleh entah siapa.

Bila kedua alamat IP diatas bukan alamat IP yang bisa digunakan untuk mengakses modem maka sebelum bingung atau malah mau mereset modemnya coba cek bagian belakang atau bawah perangkatnya. Semestinya ada label berisikan informasi alamat IP default dari modem disertai username dan password untuk adminnya. Contohnya di TP-LINK TD-W8151N berikut.

Bagian belakang modem TP-LINK TD-W8151N
Bagian belakang modem TP-LINK TD-W8151N

Tapi hal ini belum tentu juga dipajang disana, pada modem Huawei HG532e dan FiberHome AN5506-04-FG tidak ada informasi serupa. Tapi minimal yang dicantumkan adalah username dan password, bisa untuk admin modem atau untuk default WiFi. Bagaimana solusi selanjutnya? Silahkan buka kembali dus modem anda yang sudah berdebu. 😛 Kemudian cek buku manualnya dan cari halaman seting admin, misal ini di modem FiberHome akan ada tulisan “Default Management IP Address”.

Buku manual FiberHome AN5506-04-FG
Buku manual FiberHome AN5506-04-FG

Kedua alamat IP diatas tidak bisa diakses, label di modem tidak ada dan dus anda sudah dikilokan? Wah… kalau komputer anda atau handphone anda masih bisa terhubung ke internet berarti masih ada harapan karena DHCP server modemnya masih bekerja normal. Kalau di Windows jalankan command prompt dan ketikkan ipconfig, perhatikan pada baris Default Gateway dan itu adalah alamat IP untuk manajemen modem anda.
windows-7-ipconfig

Masih gagal juga? Saya cuma bisa menyarankan agar anda mereset setting modem ke semula supaya menggunakan alamat IP defaultnya.

Tulis komentar...