Mengetahui arti status pelacakan J&T Express

J&T Express merupakan salah satu jasa ekspedisi domestik yang mulai populer digunakan. Dari pengalaman memakainya selama ini memiliki keunggulan dengan dijamin dalam 1 hari pasti diberangkatkan dari kota asal, jam kerja pengantaran sampai malam dan memang pada hari minggu saya pernah menerima paket yang dikirim lewat JNT ini. Kalau anda pernah melakukan cek resi yakin tidak terlalu sulit memahami apa maksudnya, tapi memang ada yang tidak standar.

Langsung saja ya, saat anda melacak nasib paketnya akan muncul beberapa istilah – istilah atau kode yang digunakan untuk menjelaskan status pengirimannya.

lacak paket jnt 2020
Berikut adalah tabel lengkap status J&T Express dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Bisa gunakan fitur pencarian atau geser saja manual.

Daftar arti status J&T Express

Kode (Inggris)Kode (Indonesia)Arti Status
Drop PointDrop PointAgen/Cabang J&T Express
CityKotaLokasi paket tersebut berada saat ini.
Processed byTelah diproses olehNama petugas/kurir J&T yang menangani barang. Bisa juga menjemput paket ke pengirim.
Departed toDiberangkatkan kePaket sudah meninggalkan tempat asal dan dalam perjalanan ke rute lokasi berikutnya. Bisa transit atau langsung.
ArrivedTelah TibaBarang sudah tiba di rute selanjutnya.
Transit CenterTransit CenterGudang pemrosesan paket keluar/masuk kota. Penimbangan, pengukuran, sortiir dan sebagainya terjadi disini.
On delivery bySedang diantar olehPaketnya sedang dibawa kurir J&T untuk diantarkan ke penerima.
Delivered toTelah Terkirim kePaket sudah diterima.
GATEWAYGATEWAYLokasi paket tersebut berada.
SprinterSprinterIstilah kurir di J&T Express.
BermasalahStatus umum kalau ada masalah.
SimpanPaket disimpan karena tidak bisa diantarkan hari itu juga. Akan diantarkan ulang besoknya.
ScanNomor resi valid dan kiriman sedang diproses.
Invalid waybill numberNomor resi tidak validNomor resi JNT salah.
Pick UpPick UpPaket diambil kurir J&T.
On ProcessSedang diprosesBarang sedang diproses ekspedisi
On DeliverySedang diantarPaket dalam pengiriman ke alamat tujuan.
DeliveredTandaTerimaPaket sudah berhasil diantarkan dan diterima.
On Hold,Contain dangerous goodsSedang Tertunda,Terdapat barang berbahaya (Dangerous Goods)Paket ditahan ekspedisi karena barang termasuk jenis berbahaya, ini bisa sementara atau akan retur ke pengirimnya.
On Hold,Exceeded the business hoursSedang Tertunda,Sudah melewati jam operasional Drop PointPaket disimpan di agen/cabang J&T karena sudah melewati jam kerja.
On Hold,Package wrongly sortedSedang Tertunda,Paket salah dikirimkan/salah penyortiranPaket ditunda karena ada kesalahan pengiriman. Akan dibetulkan.
On ReturnSedang DireturPaket akan dikembalikan ke pengirim (RETUR)
Returned toTelah Diretur kePaket sudah berhasil dikembalikan.
On Hold,Re-schedule the delivery time with recipientSedang Tertunda,Sudah Reschedule dengan CustomerPengantaran paket ditunda, sudah dijadwalkan ulang.
On Hold, Changing Receiver AddressPaket dalam proses ganti alamat penerima.
Paket sedang disimpan di gudang J5 Kesalahan kode TLCPegawai agen JNT atau kurir salah menempelkan AWB/ label resi.
Paket akan dikirimkan ke drop center
Paket telah sampai di drop center

Ada beberapa istilah yang dipakai tidak saya jelaskan karena sudah cukup deskriptif artinya apa dan dari alur trackingnya juga bisa dikira – kira. Juga cukup sering menggunakan kode kota tiga huruf dalam trackingnya, kalau memang dibutuhkan nanti akan saya update daftarnya supaya lengkap.

Seluruh informasinya saya dapat dari pengalaman pribadi, share pengunjung lain, tanya ke kurir/J&T Express langsung. Bisa jadi ada ketidakakuratan dan saya menerima koreksi untuk itu. Kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan

Oh ya kalau anda ingin tahu dimana lokasi agen atau cabang J&T Express di kota anda bisa buka link berikut: https://jet.co.id/finddroppoint

Dan kalau mau komplain atau menyampaikan keluhan saya sarankan lewat Facebook atau Twitter, responnya cukup cepat dan baik dari sana.

Semoga bermanfaat. 🙂

4.569 pemikiran pada “Mengetahui arti status pelacakan J&T Express”

    • Ibu sebagai penerimanya? Itu biasanya stuck di proses itu karena booking resinya tapi tidak diserahkan paketnya oleh pengirim ke agen ekspedisi.

Tinggalkan komentar