LOADING

Type to search

Lainnya

Mengetahui jam dan hari kerja Pos Indonesia

Pos Indonesia adalah jasa pengiriman surat, uang dan paket yang jangkauannya terluas di Indonesia setahu saya, karena itulah sering digunakan untuk mengirimkan barang ke berbagai macam pelosok. Walau kita dapat dengan mudah melacak status paketnya tapi belum tentu sudah sampai di kota tujuan akan langsung diantarkan hari itu juga. Nah… kita bisa memperkirakan kapan barang akan diserahkan ke penerima kalau sudah paham jam layanan dan hari kerja kantor pos.

Ya, mari kita kenali dulu jam operasional dan hari kerja kantor pos di kota anda, pertama adalah untuk kantor pos pusat atau besar:

  • Hari: Senin sampai Sabtu. Tergantung kotanya ada yang hari Minggu buka.
  • Jam: 07.30 – 20.00 untuk hari Senin – Jumat, 08.00 – 20.00 untuk hari Sabtu, dan misal hari Minggu buka maka jam pelayanannya adalah 08.00 – 14.00.

Sedangkan kantor pos cabang (tingkat kecamatan, loket pos atau yang kecil) memiliki jadwal yang berbeda:

  • Hari: Senin sampai Sabtu.
  • Jam: 07.30 – 15.00 untuk Senin sampai Kamis, 07.30 – 11.30 untuk hari Jumat, dan 07.30 – 13.00 untuk hari Sabtu.

Komentar: Untuk jam pelayanan kantor pos cabang kadang sudah ditutup lebih awal dari jadwal resminya, jadi jangan datang terlalu ngepas kalau datang. Ini benar – benar tergantung petugasnya. 🙁 Misal anda mengirimkan paket hari Sabtu atau Minggu tapi dari pengamatan biasanya baru diproses hari Senin.

Sekarang kantor pos pusat Malang buka sampai jam 10 malam. Esensinya yang saya bicarakan adalah dari pengalaman dan tanya - tanya sebelumnya, tapi kantor pos sendiri akan memperbaiki layanannya menjadi lebih baik seperti jam bukanya yang semakin lama. Karena itu informasi yang saya tuliskan harap digunakan sebagai referensi saja karena bisa jadi di wilayah anda bisa sangat jauh berbeda.

Sekarang kantor pos pusat Malang buka sampai jam 10 malam. Baru tahu juga saya. Esensinya yang saya bicarakan adalah dari pengalaman dan tanya – tanya sebelumnya, tapi kantor pos sendiri akan memperbaiki layanannya menjadi lebih baik seperti jam bukanya yang semakin lama. Karena itu informasi yang saya tuliskan harap digunakan sebagai referensi saja karena bisa jadi di wilayah anda bisa sangat jauh berbeda.

Misal anda sedang menunggu kiriman surat atau paket maka memahami jam pengantaran kurirnya bisa membantu untuk mengira – ngira kapan datangnya. Nah… kalau informasi yang ini hanya berdasarkan pengalaman dan ngobrol dengan pak posnya:

  • Hari: Senin sampai Sabtu.
  • Jam: 08.00 – 16.00.

Komentar: Tampaknya tidak ada perbedaan untuk jamnya baik jenis Surat, Wesel, Pos Kilat Khusus atau Pos Express Barang. Maksud saya misal di JNE menggunakan YES maka jam pengantarannya bisa sampai jam 12 malam (saya pernah menerima kiriman jam 10 malam), pokoknya target waktunya adalah 1 hari sesuai janji. Sedangkan yang membedakan di Pos Indonesia adalah kecepatan pengiriman secara keseluruhan dimana Pos Ekspress adalah yang paling cepat (rata – rata satu hari) tapi juga yang termahal. Paling lambat saya terima jam 3 sore lewat.

Oh ya, jangan lupa hari libur nasional maka kantor pos juga akan tutup. Jadi tidak ada pengantaran juga hari tersebut. Koreksi 24 Desember 2015: Ternyata ada pengantaran paket pos pada hari libur nasional, cuma diprioritaskan tipe Paket Pos Express dan kalau kurang baru Pos Kilat Khusus.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tags:

865 Comments

  1. Dania Ramadhan priatna Juli 10, 2016

    Minta nomor telepon kantor pos DC LEMBANG 4040L

    Balas
    1. Chandra Utama Juli 13, 2016

      Halo Dania, wah… saya tidak tahu mbak. 🙁

  2. galang Juli 15, 2016

    Mas mau tanya nih. Kalo pengiriman dr bandung ke cianjur pas hari sabtu pake expres estimasi nyampe berapa hari ya? Takutnya hari minggu kan libur tuh apakah masih bisa dikirim?

    Balas
    1. Chandra Utama Juli 18, 2016

      Halo Galang, ada sih mas pengantaran minggu asalkan lokasi penerima ga jauh dari pusat. Jumlah kurirnya berkurang juga soalnya pas tanggal merah.

      Estimasinya sih 3-5 hari mas.

  3. Miki astria Agustus 1, 2016

    Kalau dari jogjakarta ke malaysia berapa hari ya?

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 5, 2016

      Halo Miki, ya estimasi semingguan lah mbak kalau lancar.

  4. Tara Nasiku Agustus 2, 2016

    mas mau tanya surat kilat khusus sya udh smpe blm ya? no.barcode: 15207790508,15207790511,1520779024

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 5, 2016

      Halo Tara, yang pertama diterima tanggal 3 Agustus, yang kedua kemarin, dan yang ketiga tidak bisa dilacak.

  5. Intan Agustus 2, 2016

    kalau ngirim barang dari jkt ke bandung hari selasa pake kilat khusus, kira2 sampe nya kapan ya??

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 5, 2016

      Halo Intan, kalau estimasi sih 2-3 hari mbak.

  6. rifqi Agustus 6, 2016

    Kalo pesanan, statusnya proses antar ulang gimana tuh bang?

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 10, 2016

      Halo Rifqi, ditunggu saja mas. Dalam 1-3 hari biasanya akan dicoba lagi.

  7. epul Agustus 6, 2016

    udah nyampe mana mas paket saya 15212389515

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 10, 2016

      Halo Epul, sudah diterima sendiri ya kirimannya.

  8. Ria dwi handayani Agustus 9, 2016

    Minta tolong paketan saya belum saya terima. Pas tak cek online bahwa pengiriman salah penerimanya,. No paket 15023988197
    Saya minta tolong secepatnya diurus ya pak. Terimakasih

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 14, 2016

      Halo Ria, saya bukan orang kantor pos mbak. Kalau kasus salah orang harap datang sendiri ke kantor pos setempat buat mengurusnya.

  9. salman Agustus 10, 2016

    Maf mas klo pengiriman hri sabtu dri gresik ssmpe berebes itu kira2 hari apa yah nyampenya,,

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 14, 2016

      Halo Salma, kalau estimasi mungkin hari Selasa mas.

  10. doni Agustus 11, 2016

    klo mau ambil di kantor pos langsunh bsa gx gan tnpa di kirim kurir

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 15, 2016

      Halo Doni, bisa mas asalkan memang sudah ada disana.

  11. juna Agustus 13, 2016

    mas say kirim hari jumat pake experes dari bandung ke depok 15021301523 sudah smpai mana ya mas

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 20, 2016

      Halo Juna, tanggal 13 Agustus sudah diterima Fitri barangnya.

  12. Rizkya Agustus 13, 2016

    Mas mau nanya kalo magetan ke pekalongan estimasi berapa hari?kmaren kirim tanggal 11 nyampe nya tanggal berapa ya?

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 20, 2016

      Halo Rizkya, mungkin sekitar 5 hari mbak.

  13. arenia Agustus 22, 2016

    Kalau dari Pati ke Purworejo kira2 berapa hari ya ka? Makasih

    Balas
    1. Chandra Utama September 17, 2016

      Halo Arenia, kalau estimasi sih 4-6 hari mbak.

  14. ikha Agustus 24, 2016

    mas tolong cek resi saya .. 15187508344

    Balas
    1. Chandra Utama September 20, 2016

      Sudah diterima oleh Rika paketnya.

  15. angga Agustus 25, 2016

    Bang saya pesen di tokopedia , pake jasa pos indonesia.. Dr tasik malaya ke klaten ..

    Dr hari selasa kemaren.. Ini kok belum sampai ya.. :3 mau buru buru di pake sih..

    No resi : 14999099075

    Balas
    1. Chandra Utama September 21, 2016

      Halo Angga, kirimannya sudah diterima orang serumah.

  16. julian Agustus 27, 2016

    sama saya geh gak nyampe” mba

    Balas
    1. Chandra Utama September 22, 2016

      Sudah dicoba cek resinya mas?

  17. Rahman Agustus 28, 2016

    Kalo dari jakarta ke nunukan (kec. sebatik) berapa hari ya? Di krim hari kamis. Boleh cek gk posisinya dimana, no. Resi 15279711686

    Balas
    1. Chandra Utama September 23, 2016

      Halo Rahman, sudah diterima oleh yang diberi kuasa kirimannya.

  18. Irfan September 2, 2016

    Hari sabtu apakah pak pos melakukan pengantaran ke alamat tujuan?

    Balas
    1. Chandra Utama September 25, 2016

      Halo Irfan, tergantung alamat penerima dimana mas. Kalau tidak bisa dijangkau kantor pos induk biasanya tidak.

  19. dita September 3, 2016

    Apa pos menerima tukar uang ?

    Balas
    1. Chandra Utama September 25, 2016

      Halo Dita, menukar uang Rupiah ke Rupiah atau mata uang asing mbak?

  20. Ihcsan Kamil September 11, 2016

    mas, saya mau nanya. saya beli barang nah sellernya kirim pake pos express dokumen. barang dikirim hari jumat sore, tapi sampai sekarang minggu dilacak posisinya masih aja di jombang sana. resinya 15243296185, berapa lama sih sebenarnya pos expres masa ngecewain begini

    Balas
    1. Chandra November 8, 2016

      Barangnya sudah diterima oleh Putra.

  21. asror September 11, 2016

    Mas kalau kirim paket pake kilat khusus dari kudus ke tangerang berapa lama ya ?

    Balas
    1. Chandra November 8, 2016

      Estimasinya 3-5 hari kerja mas.

  22. dayat September 16, 2016

    Saya mau konfirmasi pak pos .lokasi kec.penarik ..kab.muko muko ..provinsi bengkulu..minta tolong lah di perbaiki cara kerja pihak pos di tmpat sy tinggal skrg…waktu jam kerja di atur semau mereka sendiri buka sesukanya dan tutup sesukanya ..masa hari jumat dan sabtu jam 10 sdh tutup ..mending gk ush buka aja…dan satu lagi tlng kalau bisa pelayan nya atau kepalanya sekalian di ganti aja…cara bertata bahasa nya gk enak di dngar ..semau mulutnya aja…..tks..mohon di tindak ..soalnya sy sdh fhoto dan video sblum sy sebarkan ke medsos lainnya ..krna sy usaha di bidang on line jd sngt butuh sma pos yg kerja nya sigap dan gk anggap remeh pelanggan…

    Balas
    1. Chandra November 25, 2016

      Halo Dayat, soal keluhan pelanggan langsung disampaikan ke kantor pos pusat disini mas: http://posindonesia.co.id/index.php/loginall-comuser-views/kontak-kami/keluhan-2

  23. Nuel September 17, 2016

    Mas Bro Admin, mau tanya.
    Saya pesan barang di website jual beli, nah barang sudah Paid/Terbayar dan sudah shipping, namun disaat saya belum menerima Nomor Resi akun saya terkena hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Apakah Kantor Pos akan menelepon ke nomor saya ? Kebetulan saya lupa menulis nomor rumah detailnya, hanya menulis Alamat saja. thanks

    Balas
    1. Chandra November 25, 2016

      Kalau sudah dikirimkan ya tidak bisa apa – apa yang ngehack mas.

  24. adiat September 24, 2016

    kalo pengiriman masih di luar kota dalam perjalanan tetap ngirim gak gan hari mnggu itu ?

    Balas
    1. Chandra Desember 12, 2016

      Operasional tetap ada mas. Pengantaran ke penerima yang belum tentu.

  25. riska September 24, 2016

    Knp pket sya blum dtang jga?
    Pdahal udah dri hari rabu??

    Balas
    1. Chandra Desember 12, 2016

      Coba ditanyakan ke kantor pos terdekat mbak.

  26. arguf Oktober 1, 2016

    sya cek online udah smpai jpara, tp blom smpai tempat saya, apakah emang msih dlam prjalanan/slah alamat y? no resi 15269061546
    padahal saya ksih nma bapak saya biar mudah nemuin alamatny . ini dr jakarta ke jepara

    Balas
    1. Chandra Desember 22, 2016

      Sudah diterima oleh Kurmiyadi kirimannya.

  27. Rizky Oktober 6, 2016

    Maaf pak. Misal saya kirim lamaran hari jumat. Tujuan Cikarang Bekasi kira2 nyampe sana hari apa ya pak. Mohon infonya pak

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 6, 2016

      Halo Rizky, darimana mas? Tapi kalau estimasi secara umum antar kota dalam Jawa biasanya dalam 2-4 hari kerja mas.

  28. Abdul hakim Oktober 7, 2016

    Klw kirim dari kota batu ke makassar pake pos express next day hari jumat siang sampainya kapan ya ????

    Balas
    1. Chandra Desember 22, 2016

      Dari pengalaman hampir pasti ga 1 hari mas datangnya. 2-3 hari.

  29. Punci Oktober 8, 2016

    Hallo mas/pak/om/kak .. Saya mau tanya kan saya pesen wig gitu dari seller nah dia kirim hari selasa pake pos kilat khusus . Ko sampe sekarang belum sampe ya? Soalnya saya butuh buat acara besok.. Saya cek resi pos kurang paham. Biasa pake jne:”3 15211454439 resinya

    Balas
    1. Chandra Desember 22, 2016

      Sudah diterima oleh orang serumah barangnya.

  30. Unip Den Putra Oktober 12, 2016

    no resi saya kok nggak bisa dilacak?
    mohon bantuannya

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 13, 2016

      Nomor resinya apa ya mas?

  31. dony Oktober 13, 2016

    Mas mau nanya kalo dari blitar ke tasikmalaya kira kira brapa hari ya nyampe nya trms

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 13, 2016

      Halo Dony, estimasinya 3-5 hari kerja mas.

  32. Dadang marmot Oktober 15, 2016

    Min bisa minta tolong cekin resi aku 15087809566
    Makasih

    Balas
    1. Dina Oktober 15, 2016

      Mas bisa cek resi saya ini 15381475162
      On process terus maksudnya apa ya?

      1. Chandra Utama Oktober 16, 2016

        Halo Dina, dari tanggal 14 Okt ada di Medan barangnya.

  33. vira Oktober 16, 2016

    Mas mau nanya, ongkir (barang bukan document) ke malaysia dri banda aceh brp ya mas?

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 16, 2016

      Saya asumsikan untuk 1kg ya mbak:
      No. Layanan Estimasi Waktu (Hari) Tarif (Rp.) **
      1 Surat R LN 6 176,436
      2 EMS DOKUMEN 2 – 6 230,332
      3 EMS BARANG 2 – 6 296,298
      4 PAKETPOS CEPAT LN 6 270,991
      5 PAKETPOS BIASA LN 30 180,573

  34. dadang marmot Oktober 16, 2016

    min bisa minta tolong cekin resi aku 15087809566
    makasih
    sebelumnya udah komen tapi keselip orang -_-

    Balas
    1. dadang marmot Oktober 17, 2016

      ga jadi min paketnya udah nyampe
      makasih

      1. Chandra Utama Oktober 17, 2016

        Mohon maaf mas kalau keselip atau telat membalasnya. Saya baru aktif membalas komentar lagi 12 Oktober ini. 🙁

  35. atin Oktober 17, 2016

    kak, kalo dari jakarta ke brebes kira2 brp hari sampe ya ?

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 17, 2016

      Halo Atin, kalau saya perkirakan sih antara 3-5 hari mbak.

  36. yusuf nurfani Oktober 17, 2016

    kalau saya pesan dari bogor – bogor kirim sabtu sampainya hari apa ya?
    saya belanja online 15235855212

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 17, 2016

      Halo Yusuf, dihitungnya dari hari Senin. Dalam kota biasanya 1-2 hari cukup.

      1. yusuf nurfani Oktober 17, 2016

        makasih infonya yah, mudah2an sampai hari ini *ngarep haha

  37. dhie Oktober 18, 2016

    kak…semisal barang baru dtaruh di pos tadi siang…udh bsa dcekk blm no resinya ??
    ini nonya kak..soalnya td aku cek kok gk bisa 12374580768

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 19, 2016

      Halo Dhie, normalnya memang begitu mbak. Itu nomor resinya ga salah? Sekarang diawali angka 14 atau 15 mbak, bisa dibandingkan dengan milik pengunjung lainnya.

  38. Adhitama Oktober 20, 2016

    Ekspedisi yang bisa besok sampai paling cepat. Apa ya mas? Dari bandung ke kediri. Dan sabtu minggu itu buka.

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 21, 2016

      Saya sarankan pakai JNE saja mas, yang YES dan berharap yang terbaik. Atau kalau mau keluar uang lebih pakai layanan SDS, tapi ini ongkirnya bisa 10 kali lipat dari YES.

  39. Nita yunita Oktober 21, 2016

    Mas mau tanya paket saya udh nympe jkt blm no resi 15265574522

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 21, 2016

      Halo Nita, belum mbak.

      1. nita yunita Oktober 21, 2016

        terus nyampenya hari apa ya, mas

  40. Reny Widiastuti Oktober 22, 2016

    Haloo mas bisa cek paketan saya sampe mana ya ? Saya dpt kirimana makanan dr magelang d kirim dr hari senin 15164320587 pk paketan pos biasa kira kira sampenya kapan ya mas ?

    Balas
    1. Chandra November 8, 2016

      Halo Reny, maaf sangat telat balasnya. Semoga sudah sampai barangnya karena saya cek tidak ditemukan.

  41. Sidah Oktober 26, 2016

    Biasanya pengaruh dari apa klau pengantaran pake lambat smpai tempat tujuan??

    Balas
    1. Chandra Utama Oktober 27, 2016

      Halo Sidah, macam – macam mas:
      1. Kiriman sepi ke tujuan.
      2. Jadwal kirim yang jarang.
      3. Tidak pada hari kerja.
      4. Kurir sedang mencari alamat penerima.

  42. anwar November 4, 2016

    kalo kiriman dari surabaya ke tasikmalaya paling brp lama ya?

    Balas
    1. Chandra November 8, 2016

      Mungkin dalam 3-5 hari mas.

  43. ZAENAL ARIFIN November 4, 2016

    gan mw tanya..kalau menerima pengiriman menggunakan/meminjam IDENTITAS org lain, ketika ingin mengambil tpi mnggunakan foto IDENTITAS org tersebut bisa kah gan..tpi utk segala no resi hanya sya yg tau.

    Balas
    1. Chandra November 4, 2016

      Halo Zaenal, secara prosedur tidak bisa mas. Hanya orang yang dituju yang bisa mengambil, ini dibuktikan dengan label di kiriman dan bukti identitas penerima. Tapi silahkan dicoba saja.

  44. octa November 7, 2016

    saya kemarin baru pesan online dari depok jam 15.11 menuju ke jakarta .kira-kira kapan sampai ya?ini nomor resinya 15436302421.

    Balas
    1. Chandra November 7, 2016

      Normalnya 2-3 hari mbak.

  45. didin November 10, 2016

    Mau nanya nih gan,sya kan beli barang di BL,status nya sih udah kekirim..udah ada nomor resi ny.tp pas di cek nomor nya,gak bisa gan,,gimana ya? 1504356271 itu nomor resinya.biasanya kan 11 digit,tp ini ko 10 gan…kalo misalkan nomor resi nya salah,barang masih bisa nyampe ke tmpat tujuan gak?

    Balas
    1. Chandra November 10, 2016

      Halo Didin, awalnya saya kira resi kantor pos karena mirip dan sama tidak bisanya. Coba tunggu 1-2 hari apakah akan diganti baru mas, atau konfirmasikan lewat pesan ke sellernya. Soalnya ada kasus yang serupa juga dulu: http://utekno.com/nomor-resi-pelapak-gagal-dilacak-12621

  46. haidir ali November 12, 2016

    mau nanya nih min , estimasi kirimin dri solo ke depok kira-kira brapa hari ya ? pake paket kilat khusus ? 15186952873

    Balas
    1. Chandra November 12, 2016

      3-5 hari kerja mas biasanya.

      1. Sandra November 19, 2016

        Mau tnya pake paling cepat ke merauke brp hari?

        1. Sandra November 19, 2016

          Dari makassar

        2. Chandra November 19, 2016

          Ini rasanya harus transit ke Jakarta dulu mbak, bisa jadi semingguan lebih.

  47. Adrio November 13, 2016

    Klo seharusnya paket diterima sabtu tpi blom nyampe paketnya itu dimana, ane beli via pos dari jakarta ke bangil paketnya gk nyampe

    Balas
  48. Adrio November 13, 2016

    Klo langsung ambil paket waktu hari minggu pos itu masih melayani atau enggak

    Balas
  49. bin November 18, 2016

    mas mau tanya paket sayah belum nyampe dari kemarin padahal pake yg expres ini no resi nya 15365378535 *

    Balas
    1. Chandra November 18, 2016

      Sudah diterima satpam hari ini.

  50. Zezen November 19, 2016

    Mau tanya. Apakah Kantor Pos Pusat Solo (Gladak), Jg Buka di hari minggu ya?
    Mksh..

    Balas
    1. Chandra November 20, 2016

      Mestinya iya mas kalau kantor pos pusat.

Tulis komentar...