Menghapus XPS Document Writer

Saya sudab lupa sejak kapan Microsoft memaketkan XPS Document Write dalam Windows, yang pasti selama saya ingat setidaknya sejak Windows XP sudah ada dalam daftar printer. XPS sendiri mirip dengan PDF dimana kita bisa menggunakannya untuk menyimpan dokumen digital siap cetak. Tapi sayangnya kalah populer. Karena tidak pernah digunakan akhirnya lebih baik dihapus saja.

Sebenarnya XPS ini bisa menjadi alternatif terakhir untuk kirim dokumen yang tidak ingin diedit semisal di komputer tujuan tidak ada aplikasi PDF viewer. Tapi disini kasusnya kita ingin mematikannya. Nah.. ada beberapa cara untuk menghapus printer XPS ini, anda tinggal pilih mana yang termudah saja.

windows-7-devices-and-printers

 

Saya mulai dari cara manualnya, silahkan panggil Run dialog (Windows+R), kemudian ketikkan perintah optionalfeatures (seperti di gambar) dan tekan ENTER.

windows-7-run-optional-features

Jendela Turn Windows features on or off akan muncul, silahkan anda hilangkan centang pada XPS Services dan XPS Viewer (ini opsional sebenarnya, tapi kalau anda tidak butuh fitur membaca file XPS bisa sekalian dinonaktifkan).

windows-7-turn-windows-features-on-or-off

Klik OK dan restart komputernya. Nanti dalam opsi cetak seharusnya sudah lenyap.

Mau cara yang lebih praktis lagi? Silahkan panggil dulu command prompt dengan hak administrator, tinggal klik kanan pada icon cmd dan pilih Run as administrator kalau anda tidak tahu.

cmd-disable-xps-services-xps-viewer

Setelah itu eksekusi perintah berikut:
DISM /Online /Disable-Feature /FeatureName:Printing-XPSServices-Features /FeatureName:Xps-Foundation-Xps-Viewer /FeatureName:TabletPCOC /NoRestart
Tinggal ENTER dan tunggu sesaat maka proses mematikan XPS di Window sudah selesai.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...