Menguji kecepatan website dengan Pingdom Website Speed Test

Memiliki sebuah website dan mengisinya rutin dengan konten tidaklah cukup sekarang ini, apalagi Google sekarang juga memperhitungkan kecepatan loading sebuah situs sebagai salah satu faktor SEO (Search Engine Optimization). Singkatnya performa website anda berpengaruh terhadap peringkat di hasil pencarian Google.

Membuka website anda sendiri dari rumah, kantor, warnet atau cafe dengan hotspot gratis bukanlah tolak ukuran yang baik untuk mengetahui seberapa cepat situs anda terbuka. Anda lebih baik menggunakan layanan tes kecepatan website dari Pingdom Website Speed Test, yang perlu anda lakukan hanyalah memasukkan alamat website anda atau isikan dengan salah satu halaman web anda.

 

Klik Settings kalaupingdom-website-speed-test ingin mengatur lebih lanjut setting pengetesan Pingdom terhadap performa situs anda, beri centang pada Save test and make it public kalau ingin hasil pengujian bisa diakses umum, dan selain itu anda bisa memilih lokasi asal tes. Kalau sudah yakin dengan konfigurasinya langsung saja klik Test Now.

Proses testing kecepatan website sedang dilakukan Pingdom, silahkan menunggu. Tidak lama kok, biasanya tidak sampai 1 menit.
pingdom-website-speed-testing

Hasil pengujian dan skornya akan bisa langsung anda lihat. Secara sekilas anda bisa melihat grade dari performa website dengan nilai maksimal 100, total request (permintaan) ke server untuk membuka halaman tersebut, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat website secara penuh (load time), dan seberapa besar ukuran halaman website tersebut (page size). Persentase kecepatan website anda juga akan dibandingkan dengan seluruhnya, jadi anda bisa mengira – ngira apakah situs anda termasuk cukup baik.
pingdom-website-speed-test-result

Tentu saja anda bisa mengetahui detail dari setiap pengujian pada tab yang terletak tepat dibawah kotak hasil pengujian secara keseluruhan. Ada 4 tab yang bisa anda baca informasinya, pada Waterfall akan berisi data mengenai urutan file dan proses yang terjadi secara berurutan, Performance Grade akan memberitahu skor anda dalam optimalisasi website anda, Page Analysis berisi analisa mengenai request terhadap website anda dan waktu loadingnya untuk masing – masing elemen, dan terakhir adalah History yang akan berisi sejarah pengujian situs tersebut menggunakan Pingdom.
pingdom-website-speed-test-details

Mudah bukan? Anda bisa mempertimbangkan saran dan nasehat dari Pingdom untuk mengoptimalkan kecepatan website anda, umumnya anda bisa meningkatkan kecepatan situs dengan menggunakan sistem cache, mengurangi ukuran gambar dan CDN. Setelah itu perlu konfigurasi script yang digunakan. Besar ukuran halaman jelas berpengaruh, jadi kalau bisa elemen yang tidak diperlukan lebih baik tidak dipasang.

Satu pemikiran pada “Menguji kecepatan website dengan Pingdom Website Speed Test”

Tulis komentar...