Menonaktifkan koreksi dan prediksi kata di OPPO

Last Updated on Agustus 12, 2015

Kemarin saya sempat memegang handphone OPPO Yoyo R2001 (Android 4.2.1 Jelly Bean, ColorOS 2) milik teman, bukan untuk perbandingan tetapi diminta bantuan untuk menonaktifkan pemeriksaan ejaan, koreksi kata otomatis dan juga prediksi kata yang akan diketik. Mengganggu katanya, dan saya setuju sih karena di ASUS Zenfone 5 saya juga dimatikan fitur – fitur tambahan ini.

Pada dasarnya tidak ada hal spesial supaya fitur bantuan ini tidak muncul lagi di Android, cuma dibedakan dalam gadget anda secara default memakai keyboard apa. Jadi langsung saja buka Settings (Pengaturan) dan kemudian cari Language & input (Bahasa & masukan).

oppo-yoyo-bahasa-masukan

Gara – gara ini saya baru tahu kalau OPPO ternyata memakai default keyboard dari SWYPE, jadi bukan Google Keyboard (AOSP) dan banyak orang bingung karena tidak sama dengan panduan yang ada di internet. Oh ya, mumpung masih di bagian ini hilangkan centang pada Spell check (Pemeriksaan ejaan).

Selanjutnya tap pada icon gear di Swype for OPPO, dan akan muncul opsi – opsi untuk mengubah tampilan dan perilaku keyboardnya seperti tema, kamus kata, bahasa tampilan, dan gesture (isyarat).

swype-for-oppo

Tapi yang akan kita konfigurasi letaknya adalah dalam Settings (Pengaturan), tap untuk membukanya. Segera saja hilangkan centang pada Automatic correction (Koreksi otomatis) dan Next word prediction (Prediksi kata berikutnya). Selesai. 🙂 Mudah bukan?

oppo-yoyo-pengaturan-swype

Sedangkan Automatic capitalization (Kapitalisasi otomatis) fungsinya untuk membuat huruf besar di awal kata otomatis, Automatic space (Spasi otomatis) supaya setelah menuliskan kata akan langsung ditambahkan spasi, dan Show voice button (Perlihatkan tombol suara) ini saya anjurkan matikan saja kecuali anda mengetikkan pesan dengan mengucapkan kalimat – kalimatnya memanfaatkan software Speech-to-text.

Semoga bermanfaat. 🙂

76 pemikiran pada “Menonaktifkan koreksi dan prediksi kata di OPPO”

  1. mau nanya nih,aku pakai oppo neo 7. nah aku pingin ganti pkai go keyboard nah hpku udh aku setting ke go keyboard itu tp lama” keyboardnya kembali lagi ke awal. tau gk itu kenapa ?

    Balas
    • Halo Mifta, sudah coba uninstall keyboard lainnya mbak? Kalau ga salah kadang muncul pilih input kalau ada lebih dari 1 keyboard, dan cukup sering salah klik disini.

  2. kalo keyboard nya tiba” ngecil Dan bisa di pindah”in cara supaya balik kesemula lagi gimana ya?saya pake oppo f1 keyboardnya yg Swype for oppo
    Thanks

    Balas
    • Pakai aplikasi semacam KingRoot biasanya bisa mas. Tapi kadang ada solusi khusus per handphone, pakai hp apa ya mas?

      Resikonya walau jarang terjadi bisa ngerusak sistem operasinya mas. Kalau keunggulan ada beberapa fitur yang cuma bisa diakses kalau ada root.

  3. Oppo f1s saya tdak bisa ngeja kata “eh”
    Saya jdi pusing sendiri, misalnya heeh, paeh, ripeh, pokonya tiap ada kata “eh” nya jdi sulit.
    Minta masukan nya dong, makasih

    Balas
  4. Buat yang pake oppo f1s, saya punya solusinya.
    pertama, pilih settingan touchpal pada keybord. kedua, pilih masukkan pintar, non aktifkan prediksi kontekstual. save atau back kan saja. ketiga, di keybord sebelah spasi ada huruf ‘a’. tekan lama sampai muncul tulisan prediksi. maka off kan tulisan tersebut.
    taarraaaa…. teks prediksi tidak muncul lagi pada keybord anda.
    semoga bermanfaat

    Balas
  5. mau nanya mas, sy menggunakan hp oppo A37 setiap kali sy menonaktifkan hp sy selalu muncul sj logo Oppo seperti saat dinyalakan dah tak mau mati dah bergetar. apa memang begitu.

    Balas
    • Mas pakai keyboard apa? Di papan ketiknya atau hasil setelah mengetik digabung? Ini ada contohnya huruf apa jadi apa? Dan apa terjadi pada semua tombol?

    • Sudah ane ganti keyboarnya. keyboard oppo a37 gk ada tulisan uninstalnya adanya cuma nonaktifkan. Tp tulisan nonaktifkannya transparan, gmn ya?

    • Ini ada hubungannya dengan notifikasi Change keyboard setiap ngetik mas? Kalau keyboard bawaan sistem memang ga bisa dihapus kecuali pakai root.

  6. Saya pake oppo,tak cari cari si setting,bhs dan masukan ttp ndak bisa.setelah utak atik,alhamdulillah bisa,.masuk ke pesan->ketik pesan->stlah muncul keyboard,ada gambar tangan di pojok kiri bwh,teken lama,baru deh muncul opsi opsinya

    Balas
  7. Mas kalo oppo a37 itu keyboardnya nyatu gitu. Misalnya qw, er, ty dsb… itu cara biar jadi misah lagi tiap hurufnya gmn ya? Mohon bantuannya. Thx

    Balas
    • Mas tahu pakai aplikasi keyboard apa?

      Yang pasti umumnya itu dinamakan input mode. Coba cek di settingnya.

Tinggalkan komentar