Modus penipuan barang kiriman dari luar negeri

Seperti biasa saya diminta bantuan oleh pengunjung blog untuk menjawab pertanyaannya, dan saat itu yang masuk adalah mengenai cara cek paket yang dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi Rex International Service. Saya pikir ini ada hubungan dengan Rex Indonesia tapi ternyata bukan, bahkan hasil pencarian di Google bisa dikatakan minim.

Berikut adalah isi email yang dikirimkan beserta foto dari resi yang ingin dilacak:

Selamat pagi,,
Saya [anonim], tanggal 19 Agustus teman saya dari London mengirim paket untuk saya tapi sampai hari ini saya belum juga menerima paket tersebut padahal saya sudah transfer clearance fee.
Berikut saya sertakan Airway Bill.
Terimakasih

rex-international-service-airwaybill

 

Setelah korespondensi yang berlanjut setelah email ini, saya mendapatkan informasi bahwa berkenalan dengan seseorang di London melewati jejaring sosial (Facebook), dan temannya ini ingin memberikan hadiah yang cukup wah berisi Samsung Galaxy, ponsel BlackBerry, laptop Apple (MacBook), iPhone 4, berlian, tas wanita, parfum, harta keluarga dan semacamnya. Sungguh rejeki besar kalau dilihat – lihat apa pemberian teman baru ini.

Setelah ia dikabari bawah barangnya sudah dikirimkan ke Indonesia menggunakan jasa ekspedisi Rex International Service tidak lama kemudian nomor handphone anda akan dihubungi oleh jasa ekspedisi bernama Cella Cargo di Batam, Indonesia yang akan mengabarkan kalau barang tersebut sudah sampai. Kabar gembira tentunya.

Tapi anda akan diberitahu juga bahwa ini perlu membayar tebusan, dan nominalnya bervariasi tapi dari si sumber mencapai total 16 juta rupiah (6 juta untuk clearance fee, dan 10 juta untuk free money laundry certificate). Kalau dibandingkan dengan apa isi paketnya tentu masih untung besar. Tapi disinilah letak penipuannya karena barang yang dikatakan tersebut tidak akan diteruskan ke anda, bahkan saya berani bilang memang tidak pernah ada atau terjadi.

Dari hasil pencarian saya malah menunjukkan ini adalah salah satu modus penipuan menggunakan pengiriman luar negeri. Nama ekspedisi yang digunakan pun bisa berlainan, tapi intinya sama. Sebelumnya saya sempat terpikir bahwa barangnya tertahan bea cukai.

Saya salut terhadap korban yang sudah melapangkan dada terhadap kejadian ini, dan semoga mendapatkan rejeki yang lebih baik di kemudian hari.

Mungkin juga kurang sesuai kalau saya memberikan nasehat karena saya sendiri pernah mengalami kasus penipuan online, tapi kalau dipertimbangkan hal inilah yang membuat saya menjadi lebih berhati – hati dalam setiap transaksi atau hadiah tidak terduga.

Sebagai penutup ada satu kutipan yang saya kira cocok untuk situasi ini: “If it’s too good to be true, then it probably is.”. Kalau terlalu bagus apapun tawarannya anda harus waspada.

364 pemikiran pada “Modus penipuan barang kiriman dari luar negeri”

  1. Saya pun hari ini di kirimi barang2 mahal sama cwo asal Malaysia tp tinggal di London…sempet vc jg tadi…dan dia sampe sumpah demi tuhan qlo dia bukan mau nipu…untung saya buka blog ini…tuh cwo br knal 3 hari tp berani kirim barang mewah…ada dwit nya pula 50rb dollar… Alhamdulillah msh di lindungi…dr awal sdh curiga ini penipuan…

    Balas
  2. Saya juga kena tipu trus saya harus gimna kalau barang ini sampe kesaya apa saya harus bayar uang padahal saya ga merasa pesan apapun

    Balas
    • Iya sma sya juga dia bilng dia ksh surprise dan udh dkirim si blom smpe tpi gmn klo nnti suruh bayar

  3. Saya pun megalami kejadian serupa
    Berkenalan lwat fb lanjut ke WA baru 2 hari Kenal Dan Dia sudah mencintai saya Dan mengirimkan barang2 mwah Dari London,, Dan paket kirimannyaa kemarinn dikirim Besok paginyaa udah nyampe Jakarta,, apakah itu mungkin??saya Harus membayar pajaknya 8 juta Dan bodohnya saya transfer ke no.rekening pribadi Bukan perusahaan,,setelah itu saya disuruh membayar lagi Karena didlam paket terdeteksi Ada Uang tunainyaa yg disimpannyaa didalam paketnya,, Dan Harus membayar Dendaa 25 juta lagi Baru paket dikirim,, Disitulah saya mulaii curigalahh orang yg tinggal dilondon London apakah mungkin tidak mengetahuii bahwaa mengirim Uang tunai Dalam paket tidak Diperbolehkann Dan kok Bisa paketnya lolos bener gak?? ,, Namanya Ali Yusuf katanyaa kerja Di London diperusahaan Minyak Dan gas,,, Dia berdalih tidak Bisa mentranfer Uang Karena kebijakan pemerintah disana Dan memaksa saya membayar 25 juta lagi Dan berkata bahwaa Dia Bukan penipuan dsb,, untunggnyaa saya bertanya kepada temen2 yg biasa tinggal dilondon apakah bener tidak Bisa mentranfer Uang Dari luar negeri ke indonesia,, Dan ternyata faktaaanya Bisa Dan tidak merepotkann Karena semua skrang serba online Disitulah saya tersadar bahwaa saya tertipu,,Dia Tetap bersikeras bahwaa saya Harus membayarnya Dan Jangan sampai terjadi apa2 sama barangnyaa,, padahall saya sudah memberitahuu Cara mentransfer Dari London ke indonesia,, Disitulah saya makin yakin bahwaa Dia telah menipuu saya Dan ini saya jadikan pengalamann berharrgaa agar tidak mudah Percayaaa sama Rayuann laki2 Karena Dia saya kehilangan 8 juta tabungan saya yg saya kumpulkan semoga Allah mengganti Rejeki dilain Hari Dan semoga kejadian sepertii ini tidak terjadi lagi kepada orang lain amieenn

    Balas
    • Wahh serius kak. Soalnya ada jg yang chat aku katanya dia juga kerja di perusahaan minyak Chevron. Case nya sm cerita kakak. Namanya Philips

    • Sya juga sama memgalami seperti ini.sy di suruh bayar jasa bea dan cikai 9 jt bodoh nya aku malah bayar.sesudah itu dia malah minta bayr lagi 27jt saya ga mau .saya baru sadar pasti saya di tipu.mna mungki orang yg sy baru knal 2minggu mau ksih hadiah sebanyak itu.ktnya dia kirm prhiasan,uang,dan sepatu.

    • Pengalamannya sama persis yang mamah saya alami sekarang, mamah saya juga hampir saja kena tipu, Tempat tinggal si penipu dan kerjaan diapun sama seperti orang yang ingin menipu mamah saya.
      Tapi nama dia itu john michael, Dia ingin mengirimkan barang barang mewah kepada mamah saya karna dia sudah menganggap mamah saya sahabat baiknya, Dia bilang istrinya sudah meninggal pada bulan januari, dan dia memiliki anak 1 yang berumur 17 tahun.
      Dia sudah mengirimkan paketnya, dan tadi pagi ada Telpon dari pihak Bandara Bali, katanya ada paket dari london, Tapi mamah saya harus membayar pajak 10 juta.
      Tapi saya kasih tau mamah kalo itu adalah penipuan, Jangan sampai mentransfer uangnya, Pas mamah saya chatting si pelaku dia kekeh kalo dia tidak menipu, sampai dia bilang puji tuhan.
      tapi saya curiga kalo dia itu adalah seorang penipu

    • Kejadian itu persis seperti yang saya alami.. Sampai saya kehilangan banyak hal.. Penipu nya masih hidup enak sementara saya dan anak2 hidup berantakan karena ujungnya kami bercerai berai akibat kasus penipuan ini.. Semoga Tuhan memberi imbalan yang setimpal buat penipu ini

    • Semoga diberikan ganti yang lebih baik dan berlimpah lagi rezkinya mbk Geulis..sama saya juga ada kenalan skitar 2 mingguan yang lalu dari London, trus dia mau kasih surprise katanya trus dari London ke Indonesia cuman 3 hari udah nyampe, trus minta tebusan 8 juta yang gak tahu apa saja isinya..untungnya buka laman ini akhirnya waspadaaa terhadap modus penipuan serupa…sampai sekarang lgsh block saja..
      Alhamdulillah selamat dari modusnya mereka…

      mkash yg udah nulis pengalamannya sebgai cara agar lebih waspada lagi,,,

  4. Saya kenalan dgn Bule, dr IG katanya asal London. Knal sdh bberapa bulan, hanya saja, tiba” bilang kalo beliau mw kasi saya surprise dgn mengirimkan barang” spt tas, sptu, parfum, dan perhiasan srta uang cash yg di taruh di dalam paket. Dan mngatakan bhwa akan dikenakan pajak sbesar 6jt. Tapi, beliau tdk mengirimkan resi apapun. Dan beliau sangat sopan.
    Saya tdk tau, ini apakah termasuk penipuan atau bagaimana, karena saya juga belum ada telpon dr pihak Cargo atau pihak beacukai.
    Mohon sarannya…

    Balas
    • sama ka saya juga begitu.katanya sih senin datang paket ny.kiriman dr london dan dsna ad sejumlah uang,sepatu,tas,dll lah..awal ny seneng ya(siapa sih yg gak seneng d beliin itu semua) tp ad kecurigaan jga.ko baru kenal udh mau kirim barang2 mewah gitu trus ad uang ny lagi..dan aq cari2 d google dan liat2 d youtube bahwa emng udh banyak bgtt yang kena tipu scammer bule.rayuan2 bule atau apalah..OMG awal nya aw gak percaya..tp fix aq yakin 100% ini adlah penipuan dan stlah aq selusuri nama cargo ny trnyata hasil ny gada nama cargo yg dia bilang.. thanks good dpt bnyk pelajar dr google jd aq tau skrng harus lebih waspada..untung aq belom sempet kehilangan uang sepeserpun..krna dia smpt bilang dpt email dr pihak cargo ny kita suruh bayar 7jt di hari senin setlah paket ny sampai bandara jakarta..

  5. saya juga, kenal pria bule duda anak 1, mau kirim hadiah, katanya kerj di perusahaan tambang , asal dari swiss, tapi nomer nya dari Laos, namanya Jack. semua akunnya saya block.

    Balas
  6. Tolong saya, saya sudah kirim 10 juta tapi barangnya tidak sampai, awalnya saya kenala dengan bule, tapi dia memberikan saya sejumlah barang atau uang yang banyak, bule itu bilang dalam 2 hari barang itu akan sampai di rumah kamu, tapi kenapa dia meminta uang 5 juta, terus meraka meminta lagi uang 10 juta ???

    Balas
  7. Saya juga dapat transfer melalui bank kuar negeri dari cek sebesar 30000$ dan saya hrs membayar 320$ untuk biaya oengirimannya..

    Balas
  8. Kak ak mau share juga dong
    Hari ini aku dapet WA dri perusahaan pengiriman amerika trus aku diminta tebus paketan ( memang temanku laki-laki dri amerika mengirim hadiah untuk kku, dia sudah menunjukkan barang-barang nya yg dikirm, semuanya ada 6 box barang yg akan di kirim) nah hari ini aku di wa sama perusahaan itu buat membayar pengiriman lokalnya sampai ke indo barangnya itu masih transit di korea, nah aku di suruh transfer sebanyak 41 juta ($3000) … Wah ak syok berat untuk membayar sebanyak itu. Trus ak tanya ke temanku itu katanya ak memang harus membayar itu ( masak iya sebanyak itu kayak dp rumah aja) trus dia kirim nmr rekening tpi yg ak bingung itu nmr rekening nya pribadi kan aneh…
    Trus ak tanya temenku itu bisa tidak jka dia yg membayar nya dulu ( karna dia bilang di dalamnya ada uang tunai $25.000 )
    Apakah itu mungkin??
    Sebanyak itu membayarnya?
    Ato ini penipuan kak?
    Tapii aku tidak membayar apapun sampai saat ini… Aku harus bagaimana kak?? Tolong aku beri aku solusinya… B

    Balas
  9. Saya juga ini kenalan dari london kta dia mau ksh handphone uang dll udh dkrim brang nya ,dia bayar pajak 1500 dollars dari negaranya untuk krim ke indonesia tpi katanya dua hri smpai ,belum smpai si dan ini saya sngt tkut apabila saya hrus membayar pajak nya sdngkan saya gangerti soal brng kirim dari luar

    Balas
  10. Ibu sy baru sy kena mslh yg sm,, kenalan di fb, kemudian akan dikirimi paket berisi sejumlah uang, perhiasan, laptop, hp, baju, tas, dan dikirimkan airbill nya dr Australia.
    Sehari kemudian pihak cargo batam tlp,, mengatakan hrs tf 5,5jt utk clearance fee dan 20jt utk pembersihan bea cukai.
    Hr berikutnya tlp lg ktnya hrs tf 80jt utk sertifikat money laundering jika tdk maka paketan tdk akan dikirimkan.
    Krn penasaran akhirnya cx resi di website beacukai, tetottt zonk,, paketan itu tdk ada, ibu sy kena 25,5jt krn mslh ini

    Balas
  11. Ya Allah alhamdulillah masih di lindungi sama allah, saya juga kenal orang lewat fb nama fb nya kelvin terus lanjut chatting di wa selang beberapa lama dia katanya mau kirim hadian banyak banget malah sampe divideoin tuh hadiah nya terus di paket nya di selipin uang katannya 85.000 USD waahh gile amat tapi sampe sini saya belum punya pikiran ini penipuan saya emang bodoh banget kak
    terus kan kemaren malem dia bilang dah ngirim paket nya eh pagi ini malah dah nyampe dan saya di wa no baru disurruh bayar 10juta ya saya bilang saya gak punya uang sebanyak itu terus saya block nomor nya kemudian di wa nomor baru lagi katanya polisi fbi disini saya baru ngeh, ngapain fbi ikut paket beginian kan harusnya bea cukai ya
    jadi saya block tuh semua nomornya, agak takut juga sih gimana kalo tiba* nanti ada paket gak dikenal dateng ke rumah saya ?
    tapi setelah saya baca komenan kakak* semua inu pasti penipuan ada yang udah tf malah barang ndak nyampee ??
    semoga kita semua dilindungi sama allah

    Balas
    • ANDRI JOGJA…
      29 Okt 2020….

      CERITA NYA SAMA TEMAN2…

      Baru 2 minggu ini….
      Saya kenal orang London…
      Katanya orang Malaysia…
      15 tahun kerja di kontruksi London..

      Minta di carikan rumah di Indonesia karena mau pulang ke Indo…

      Saya sudah deal dengan teman di Jogja yang punya rumah Rp. 975 juta..

      Saya minta agar uang kirim ke BCA saya…
      Tapi gak mau karena katanya gak boleh dan harus pakai ekpedisi…

      Tanpa nawar lagi…orang London ini langsung kirim uang 50 dollar dari kantor Jasa di London…
      Ada foto2 kantor dan uang di box ekspesi…
      Sehari sampai..
      Saya di telpon agen Jakarta…

      Saya di suruh transfer paksa 6juta ke agen Jakarta pengiriman barang…

      Bila tidak barang uang 50 dollar hiang..

      Saat saya telpon..
      Tidak mau di ajak ngobrol….

      Cuma bilang ” baca SMS saja..segera transfer”

      Saya makin curiga…
      50 dollar itu 738juta.. harga rumah 975jt…
      Kurangnya mau dikirim lagi…

      Kok harus saya yang bayar ke BRI Pribadi..
      Apa pajak admin belum di selesaikan di jasa pengiriman..??
      Kok saya yang tanggung biaya kiriman…

      Untung ketemu teman2 disini yang ceritanya sama…

      Alhamdulillah selamat saya….

  12. Saya baru aja dapat hadiah bermacam² dikirim ke saya.disuruh bayar di baicukai senilai 7 juta .saya bilang uang saya cuman 5 juta .tolong tambahi 2 juta untuk mengambil barang anda.saya tau kalo ini penipuan karna baca d blog.ahirxa saya d tranfer 2 juta untuk menambahi uang saya yg 5 juta.ahirxa saya php in???? saya cuman bilang kadal kok di kadali.

    Balas
  13. Ya ampun saya juga sama dpet kenalan sama org London di Instagram. Awalnya chatan biasa tpi Lama lama dia niat mau ngasih kado. Isinya hp iphone, bunga, uang didlm paket itu, dan yg laennya. Smpe smpe dia vidio in. Tpi setiap saya ajak video call dia bilang lagi sibuk. Dan saya minta nomer wa. Tpi Dia bilang gak pke apk wa. gak Lama beberapa hari ada pihak dri kurir dibatam nelpon saya klo barangnya sudah sampai diindonesia skrng ada dibatam. Dan jika mau dikirim ke daerah saya Bogor jawabarat. Harus bayar 6 juta. Dan saya kaget bgt. Dan bingung juga ini beneran apa penipuan. Duhh gmna ya

    Balas
  14. Kenalan saya juga mengaku tinggal di london, masa iya baru 3 hari langsung mau kasih hadiah. Cuma kasih no tracking, isinya kalung, handbag, teddy bear, iphone, love card. Nilai nya hampir 4500, saya penasaran jadi pingin lihat sampe mana nipunya. Websitenya 24airdelivery, susunan websitenya aneh. Saya mau lihat sampe mana nipunya

    Balas
  15. Mau share juga beberapa hari yg lalu saya juga dapat kenalan dr IG sama persis seperti yg teman” disini rasakan dan sudah kejadian . Saya dapat kenalan orang korea yg bekerja di london sebagai building contractor baru sebentar berkenalan dia tanya apa hobi saya apa kesukaan saya saya orang mana . Setelah itu selang 4 hari dia meminta saya untuk kirimkan alamat karna dia mau mengirimkan gift untuk saya dia sempat chat di WA kalau dia selipkan uang di dalam paket untuk membayar tax tsb jika barang sudah sampai ke tangan saya . Besok paginya saya dapat kabar dr pihak kurir kalau ternyata paketan sudah tiba di malaysia . Saya minta untuk di foto atau dividiokan akhirnya dikirimkan ke saya . Setelah saya konfirmasi ulang ke pihak pengirim dan kurir saya disuruh ganti biaya sebesar 10 jt . Saya bilang saya tidak ada uang sebanyak itu, cuma seolah olah dia memaksa supaya saya selesaikan prosesnya supaya gift tsb sampai ke tangan saya . Dari situ juga saya mulai berfikir dan sadar kalau kemungkinan besar ini adalah penipuan dan untungnya saya tidak berusaha mengeluarkan sepeserpun untuk membayar biaya tsb

    Balas
    • Halo kk, saya baru tau dan saya juga udah terlanjur kasih alamat sy, barang itu sudah di kirimkan, orangnya Udah kirim resi nya juga, gimana caranya biar sy ga bayar apa” kk Kalau barangnya sampai nanti disini

  16. Iya itu penipuan,,sama ini sy lg mo ditipu tp Alhamdulillah masih selamat dan malah org ini yg lg sy pancing biar kapok,,dsangka org Indonesia bego banget apa,,biar kapok org2 yg suka menipu org lain,.

    Balas
  17. Saya juga sama punya kenalan dilondon dy katanya udh ngirim paket untuk saya yg isinya sama sprti yg teman2 bilang n trmsuk uang jga n katanx paket it akan sampai besok pagi ya atau gaknya saya tidak tau saya juga shock habis baca komentar teman2 dsni, jd kita tunggu aja besok telponnya dari mereka apakah saya diminta bayar uang tebusannya atau tidak, saya juga heran masak baru kenL udh berani prcya sm org.

    Balas
  18. Ya allah aku jg brusan ngalamin kyak kaka”bilang aku jga bru knl sama orng yg ngku ny dri malaysia yg krj di lndon dia jg brusan banget bilng udh kirim paket buat aku. Ya allah alhmdllah jka dia ad niatn mau npu aku allah tlh tunjukn smua ini allah masih syang ma aku alhmdllah ya allah..karna in ga akn trjdi..

    Balas
  19. Wahhh…
    Saya juga sama hari ini hampir k tipu
    Tapi udah saya tarik almt yg saya kasih…
    Saya bilng mksh gk usah kirim kejutan
    Saya knl d ig jg… blng orng malysia krja d london mau ngirim kejutan…
    Untung baca komen ” ini…
    Semoga d lindungin ya allh…

    Balas
  20. Saya jg sama punya kenalan,di FB baru beberapa hari sebelumnya ,trus dia minta alamat saya karena dia ingin memberi bantuan ke panti asuhan di indonesia dia bernama rebecca anderson dari london bekerja di asuransi ,dia mengirim kan fhoto yg akan dia kirim melalui wa beruapa jam tangan rolex 2 buah 1 hp iphone dan satu amplop berisi uang sebesar 25000 pounds untuk panti asuhan selang sehari saya di telp dari bea cukai bali katanya hehe saya haruus membayar uang sebesar 8 juta untungnya saya blm mentransfer alhamdulillah masih di lindungi

    Balas
  21. Say juga hampir ketipu,..
    Udah ngasih almat tapi udh d tarik lagi pesan nya…
    bilng ny mau ngasih kejutan tpi blm smpe d kirim sihh cuma baru mau belja bilng nya,..
    Begitu bava komen ” ini sya langsung blok orng nya… saya kenalan di ig lanjut k wa, baik sih, sopan tiap hari chat di blng orng malysia tinggal di london…
    Itu gk pp ya abaikkan aja klu ada tlpon dari penipu ” itu ka… respon donk yg tau…
    Jadi horor… soalnya alamt krjaan yg sy kasih

    Balas
  22. Barusan tadi malam aku kejadian seperti itu ada bule aku kenal dia krimin suprise isi paket emas,i phone pro max,uang tunai…katanya hari senn tiba di indonesia…untung aku baca komentar teman- teman…makasih sedikit aku tertipu…

    Balas
  23. Saya pun ada juga pengalaman seperti kalian
    Saya kenal sama dia di sosmed dan kami kenalan sama dia dan beberapa hari kami chatingan tiba tiba dia suka sama saya dan cinta sama saya
    Dan dia pun kirim paket pakaian,tas,sepatu,tas, aksesoris,dan perhiasan
    Dia bilang saya kasih uang sebesar 10,000US dan dia bilang itu ada bayar pajak sebesar 12.00US
    3 Hari kemudian ada orang chat saya di wa suruh bayar pajak sebesar 12.00US(17.800.000)
    Untung saja saya baca blog ini kalau tidak mati saya
    Dan saya pun bilang sama yg chat saya di wa itu saya bilang saya setau saya tidak ada bayar pajak bea
    Dan si chat wa itu katanya wajib bayar pajak bea dan saya pun bilang saya kerja kantor pos Indonesia dan dia pun tidak membalas lagi chat wa saya cuman di read hahahaha
    Anehnya lagi si dia(si penipu) ini marah marah sama saya bilang saya tidak jelas
    Ini menurut kalian siapa yang tidak jelas?

    Balas
  24. Saya punya kejadian serupa. Dengan modus menjadikan saya kekasihnya.
    berkenalan baru beberapa bulan.
    dy memakai poto seorang dokter bedah plastik yang cukup terkenal dikorea.
    dan dy mengaku sdh tinggal di singapore selama setahun.
    dy mengirimkan hadiah kepada saya sebagai hadiah pernikahan dan memberitahu saya bahwa dy sudah menyisipkan uang untuk membayar biaya cas yg dibebankan kepada penerima (saya).
    Keesokan harinya saya diberitahukan pihak ekspedisi bahwa barang sudah sampai di jakarta, dan barang harus melewati bea cukai dengan pembayaran senilai 7jt. Awalnya saya kira normal saja karna pengiriman barang dari luar pasti kena biaya cukai. Setelah saya melakukan pembayaran senilai yang diminta, mereka menginformasikan kembali kepada saya bahwa paket tersebut terdapat sejumlah uang yang cukup besar dan saya harus membayar biaya sertifikat anti terorist dan money laundry senilai 20jt agar paket saya bisa release. Saya kemudian menghubungi teman saya tersebut untuk mentransfer sejumlah uang yang diminta tapi dy bilang dia sudah bangkrut tidak punya uang lagi, karna semua uangnya sudah dikirim dalam paket tersebut. Dan saya tanya berapa uang yang ada didalam paket trsbt, dy bilang sejumlah $20.000. Waaahh itu jumlah yang sangat besar menurut saya. Karna saya berfikir, jelas saja dy minta pengamanan sertifikat anti terorist dengan nominal 20jt tersebut. Saya melakukan transfer bertahap 2x ke rek. Pribadi. Setelah saya melakukan pembayaran ternyata mereka minta tambahan atas keterlambatan pembayaran saya sebesar 5jt ke no rek yg sama. Sayangnya saya juga membayarnya.??? Terakhir saya melakukan pembayaran 5jt tersebut, mereka bilang tidak akan ada penambahan biaya lagi, dan akan segera mengirim barang tersebut. Keesokan harinya saya tunggu tetap mereka blm mengirimkan barang tersebut, malah mereka beralasan bahwa mereka mendapatkan kesulitan atas paket saya karna ada sejumlah uang tersebut dan saya harus membayar ppn sebesar 20% dari 88jt yang mereka minta. Dan dari situ saya minta resi barang secara paksa dan mereka memberikan no resi dan website ekspedisi yang palsu kepada saya. Setelah saya cek, nomor resi dan website yg mereka kasih benar ada data” informasi detail barang saya, tetapi saya cek dengan menggunakan website resmi ekspedisi tersebut tidak ditemukan pket saya. Disitu saya baru sadar dan harus cek ke bea cukai barang tersebut. Dan alhasil ketika di cek ke bea cukai, barang tersebut memang fiktif. Dan pihak bea cukai mengatakan bahwa jika ada biaya cukai yg dibebankan kepada customer, pastinya pihak beacukai akan mengirimkan berupa nomor billing atas perusahaan bukan nama pribadi.
    Setelah mengetahui hal tersebut saya juga melaporkan kepada pihak berwajib untuk memblokir no akun tersebut dan melacak penipuan tersebut.

    pelajaran yang sangat berharga bagi saya. Dengan nominal penipuan yang jumlahnya tidak sedikit senilai 32jt ???nominal yang sangat worth it untuk modal usaha saya.

    Balas
  25. Saya juga dengan bidohnya mudah terpi astagafirullahh lemes seketika setelah browsing liat penipuan paket gini saya lenyap 7 juta dengan iming² seperti yang kalian dapat juga semoga yang mereka dapat setara juga dengan yang akan menimpah mereka nanti amin ya allah

    Balas
  26. Wah,,untung saya baca ini lebih cepat,,saya baru akan mengalami nya ini,,saya punya teman baru dan ia memberikan saya gift pertemanan,baru dikirim kemarin.
    Terimah kasih informasinya,saya akan waspada,,jikalau sewaktu-waktu ada konfirmasi dari pihak cargo atau bea cukainya.

    Balas
  27. Saya pun seperti nya hampir tertipu juga…saya dapat kenalan di fb dia blng dia kerja di london sebagai pilot dan asal dia dari singapore tidak berselang lama lanjut chat”an di wa,dan dia tiba” ingin memberi saya ponsel iphone s 11 pro,tas vl,sendal vl, 1 kotak perhiasan,jam tangan.dia video kan semua nya yang dia belanja kan dan dia foto kan juga tempat dia mengirim barang nya di kantor pos setelah dia mengirim kan barang tersebut dia baru blng kalau didalam kotak barang itu ada uang nya dan meminta saya agar tidak memberitahu kan pihak cargo dan dia bilang barang nya akan sampai dalam 2-3 hari katanya,dan benar ternyata barang nya sampai tapi saya tidak tahu barang itu sampai dimana?dan benar saya di kabari dari pihak cargo nya mereka blng saya harus bayar 5 jt rupiah buat antar barang nya…saya minta foto kan barang saya tapi mereka blng tidak bisa karena bukan kebijakan mereka melakukan itu dan saya ingin tau kotak barang saya ada dibandara apa di kantor mereka tapi mereka tidak pernah memberitahukan saya apa pun,dan kenalan saya itu memaksa saya buat meminjam uang dari teman” saya dan saya jadi sedikit ragu karena saya tidak transfer kan uang nya karena saya tidak punya uang sebanyak itu dia minta di hari kedua nya jadi 6 jt rupiah dan teman kenalan saya itu pun memaksa saya buat mengambil kotak barang yg dia kirim kan tersebut sampai dia marah pada saya jadi saya merasa yakin kalau dia memang mau menipu saya…..tapi saya tidak bisa bilang apa”karena hanya tuhan lah yg tahu kebenarannya….saya hanya merasa bersyukur masih di kasih kesempatan buat sadar alhamdulillah….? dan ini pelajaran buat saya…..???

    Balas
  28. Saya kenalan dgn Bule, dr fb katanya asal London. Knal sdh bberapa 1 hari hanya saja, tiba” bilang kalo beliau mw kasi saya surprise dgn mengirimkan barang” spt tas, sptu, parfum, dan perhiasan srta uang cash yg di taruh di dalam paket. Dan mngatakan bhwa akan dikenakan pajak sbesar 6jt. Tapi, beliau tdk mengirimkan resi apapun. Dan beliau sangat sopan.
    Saya langsung kirim kan uang ny 6 juta. Dan karna ada uang ny di dlma paket itu. Saya harus bayar 5 juta lgi. Untuk tutup mulut

    Balas
  29. Saya pun sedang mengalamin hal ini saya berkenalan dr ig dia follow saya dan bilang mw kasih hadiaj dia kirim tass farfum Handphone dan uang yg di selipkan di dlmnya.. Saya jadi takut hal yg sama terjadi bagaimana menanganinya

    Balas
  30. Waaa aku juga baru kenal nih sama pria London namanya itu willams johnson katanya dia juga mengirimkan barang dan uang kemarin, tapi aku udah menolak dan dia maksa aku beri alamat dan aku kasih, muda mudahan paket nggak nyampe soalnya aku malas terima paket dari orang asing

    Balas
  31. Alhamdulilah ya Allah, Engkau masih melindungi hamba, kalo saya barang2nya baru di kirim tadi pagi, dia perlihatkan foto2 barangnya, dari emas, tas, sendal ,sepatu uang dll, saya tanya uang dan emas tidak bisa di paketkan, tetapi dia ga jawab
    Saya harus bagaimana ?
    Mohon kasih masukan untuk saya… Tromakasih..?

    Balas
  32. Sama kaka..aku z bru di i foin tmn sosm3d ku yg tinggal d inggris ktnya..mw ngash hadiah natalan..hahahaha..u tung buka blog ini..jd tau klo aku kena orank..mw ditipu ..alhamdulillah Allah msh melindungi…

    Balas

Tulis komentar...