Menaikkan limit kartu kredit BCA

Last Updated on April 8, 2021

Yang punya kartu kredit BCA dengan gaji UMR biasanya limitnya sekitaran 3-5 juta rupiah saja. Kalau cukup dirasa penting atau sering terpakai, tentu ada pertimbangan untuk meningkatkan batas dananya.

Saya sendiri ada pengalaman sudah 2 kali berhasil mengajukan kenaikan limit yang receh ini. Yang pertama saya lupa kapan, yang pasti dari 3 juta ke 5 juta. Dan yang kedua terjadi 2019 kemarin menjadi Rp. 10.000.000. Ga banyak memang, tapi untuk kebutuhan yang kadang-kadang sudah cukup.

Ada beberapa metode yang diberikan BCA untuk pengajuan kenaikan limit credit cardnya. Kalau anda nasabah besar rasanya tidak perlu meminta pun akan otomatis ditingkatkan. Beda kalau tabungan BCAnya cuma digunakan untuk transaksi seperti saya, dimana saldonya cuma minimal.

Request kenaikan limit kartu kredit BCA lewat BCA Mobile

Sering kali informasi yang saya dapatkan adalah kita bisa menaikkan limit lewat m-BCA. Tidak salah, memang ada opsinya di dalam aplikasi. Seperti berikut prosedurnya.

  1. Dari menu aplikasi m-BCA pilih m-Admin.
  2. Tap pada Request Limit Kartu Kredit.
  3. Isikan angka pada nominal Request Limit dan ketuk Send.
  4. Konfirmasi dengan PIN BCA Mobile.
  5. Kemudian tunggu. Katanya sih dalam seminggu ada konfirmasi.

Ini pengalaman saya pribadi ya. Tidak pernah sukses pakai metode ini. Gagal pun tidak diberitahukan. Setiap bulan cuma bisa sekali, walau tulisannya 3 bulan.

Datang ke kantor BCA

Kalau ada waktu bisa langsung meminta bantuan customer service BCA di kantor cabangnya. Saya rasa anda semua tahu lah lokasi-lokasinya.

  1. Bawa buku tabungan, KTP, kartu ATM dan kartu kredit yang ingin diproses.
  2. Nanti akan dibantu petugas cs untuk pengajuannya.
  3. Verifikasi data nasabah dan sebagainya. Ikuti saja.
  4. Silahkan tunggu apakah limit berubah.

Metode ini yang berhasil untuk kenaikan limit pertama kali saya. Kebetulan waktu itu saya ada urusan untuk cetak buku tabungan, jadi sekalian saja.

Lewat call center BCA

Solusi lain yang bisa dicoba adalah dengan telepon ke HaloBCA di 1500888. Terus terang ini kebetulan juga karena saat itu saya ada urusan soal refund PayPal yang belum masuk ke kartu kredit, tapi ternyata aman cuma belum tercetak saja.

Saat ditanya “Apakah ada hal lain yang bisa kami bantu?” oleh mbak call centernya, ya sekalian saja saya minta menaikkan limit. Diproses dengan cepat dan menunggu dalam 3 hari kerja.

Ini juga salah satu pengalaman saya yang sukses upgrade limit kartu kreditnya. Tambahan, ada cara hemat pulsanya untuk telpon ke call center BCA.

Mitos atau fakta?

Dulu saya dapat tips bahwa untuk memastikan apply kartu kredit diterima atau disetujui kenaikan limitnya itu saldo tabungan minimal sama dengan limit yang diinginkan. Jadi Rp. 3.000.000 kalau limitnya sekitaran segitu juga.

Waktu saya tanyakan ke cs BCA baik di kantor, Twitter dan call centernya. Disanggah oleh semuanya katanya cuma mitos, itu tidak benar. Sumber data yang jadi alasan kenaikan ini disetujui adalah riwayat pemakaian, jumlah tabungan tidak mempengaruhi.

Tapi dari pengalaman saya yang berhasil adalah kenyataannya saldo saya saat itu memang setara dengan limit tujuannya. Itu pun harus mengendap dulu sebulanan. Sisanya ditolak semua hasilnya karena tabungan saya jelas kurang dibanding target nominal, walau tidak pernah diberitahukan juga sih saat gagal.

Bagaimana dengan pengalaman anda? Apakah serupa?

Tinggalkan komentar