Cara mengubah transaksi kartu kredit BCA menjadi cicilan

Membeli barang diluar budget bukanlah kebiasaan saya, apalagi untuk jenis konsumsi dan tidak wajib. Tapi kadang ada kesempatan terbatas untuk mendapatkan hemat untuk hal yang pasti dilakukan rutin, salah satunya bayar tagihan. Disini saya berbagi pengalaman mengubah satu transaksi di kartu kredit BCA menjadi cicilan secara mandiri. Dimana saya memanfaatkan promosi MyRepublic Bayar 9 bulan bonus 3 bulan, lumayan hemat sejutaan.

Dari halaman produk resmi BCA sendiri: https://www.bca.co.id/individu/produk/kartu-kredit/fitur/cicilan-bca sebenarnya sudah dijelaskan tapi menurut saya terlalu singkat. Dan mungkin anda sendiri penasaran bagaimana prakteknya. Saya ingatkan dulu, lakukan pengajuan cicilan ini setelah tagihannya muncul di daftar transaksi kartu kredit. Biasanya dalam 1-3 hari setelah terjadi.

Cara konversi transaksi kartu kredit BCA ke cicilan

  1. SMS ke 69888 dengan isi pesan CICILAN. Ini dari nomor yang terdaftar di kartu kreditnya ya. Kalau berhasil akan ada pesan “Terima kasih telah mengajukan program cicilan BCA, kami akan segera menghubungi anda untuk proses selanjutnya.”.
  2. Dalam hari yang sama, saya sms pagi dan siangnya ditelepon cs BCA. Nanti akan verifikasi identitas dan nomor kartu semacamnya.
  3. Kemudian akan dibacakan 3 transaksi yang baru dibayarkan memakai kartu kredit. Silahkan disebutkan yang mana ingin diubah.
  4. Si CS akan menjelaskan berapa persen bunganya. Intinya 1.25% untuk 3, 6, dan 9 bulan. Juga 0.75% untuk 12, 15, 18 dan 24 bulan. Saya sendiri memilih 3 bulan supaya ga lama dan mengurangi biaya bunganya, totalnya kena 100 ribuan di bunga soalnya untuk 3 bulan.
  5. Dalam 7 hari sejak mengirimkan permintaan akan ada update di daftar transaksi anda. Reversal tagihan dan konversi ke cicilan.
  6. Selesai.

Oh ya tidak ada biaya, paling cuma keluar uang untuk SMS atau telepon. Misalkan kedepannya anda ingin melunasi cicilan lebih cepat, maka saya ingatkan ada fee sebesar Rp. 100.000.

Yang saya tuliskan berdasarkan pertimbangan hemat pulsa :D, biar kita yang dihubungi cs BCA. Jadi ga perlu kontak ke HaloBCA 1500 888, tapi kalau mau cepat dan ga nunggu ya bisa saja langsung telepon kesana. Ada cara murahnya kok. Mungkin sekalian hemat, bisa minta menghilangkan iuran tahunan kartu kredit juga.

Demikian panduannya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar