Nawala: Lindungi akses internet dari situs negatif

Disaat banyak orang ingin menghindari blokir situs tampaknya hanya Nawala yang fokus pada dampak negatif internet pada anak – anak. Nawala adalah layanan DNS server untuk pemblokiran situs negatif, ini termasuk judi, pornografi, penipuan (scam), malware, dan SARA pada umumnya.

Walau Nawala Project (dan juga Internet Positif milik Telkom Speedy) sering dihujat karena diblokirnya website – website yang masuk kategori tadi, saya rasa karena target penggunanya berbeda tapi dipukul sama rata – ya, memang tidak ada sistem yang sempurna.

Kalau anda memiliki anak kecil di rumah ada baiknya menggunakan Nawala untuk membatasi akses ke situs yang edukatif. Jadi kalau digunakan secara bijak kita bisa mengendalikan apa yang bisa dibaca dan dilihat oleh anak kecil yang masih berkembang daya tangkap dan moralnya.

Bagaimana cara menggunakan Nawala di komputer atau modem anda? Silahkan ikuti panduan setting DNS server berikut tergantung dimana anda ingin mensettingnya:

Tapi isikan alamat IP DNS server milik Nawala:

  1. 180.131.144.144
  2. 180.131.145.145

Kalau sudah anda ganti silahkan diuji dengan membuka situs yang berhubungan hal terlarang di Indonesia, saya rasa cukup mudah mencari website seperti ini. Jika Nawala sudah aktif akan muncul pesan error seperti dibawah dan aksesnya akan diblokir.

nawala-blokir

[alamat situs] tidak bisa diakses melalui jaringan ini sesuai peraturan perundang-undangan.

Bagaimana kalau anda menemukan situs yang termasuk terlarang atau memiliki efek negatif masih belum diblokir? Anda bisa ikut menambahkan data situs tersebut ke Nawala. Partisipasi anda akan ikut menyehatkan dan mengamankan internet Indonesia untuk generasi muda.

Tulis komentar...