Cara setting DNS Server di modem Huawei

Rata – rata kita sudah tahu bagaimana cara mengganti DNS Server di Windows, Mac atau Linux. Tapi bagaimana dengan pengguna handphone atau gadget seperti iPhone atau Android? Kebanyakan kalau tidak di-root atau jailbreak maka setting internal tidak bisa diubah dan akan mengikuti DNS server default yang telah ditentukan di modem atau router WiFi.

Apalagi DNS server default seperti dari Telkom Speedy atau ISP biasanya memang ada batasan dan kadang kita perlu menggunakan alternatif untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan.

Kalau anda menggunakan modem dengan merek Huawei maka anda bisa mengikuti cara berikut untuk mengatur setting DNS Server yang digunakan oleh DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) sehingga seluruh perangkat yang terhubung akan memakainya. Pertama silahkan ketik alamat 192.168.1.254 dan isikan username dan password administrator (kalau lupa isikan admin dan admin), jika tidak bisa silahkan cek daftar lengkap user modem Speedy.

huawei-hg532e-login

Disini saya memakai modem Huawei HG532e, sedangkan untuk merek modem TP-LINK anda bisa melihat cara mengatur DNS Servernya.

Kemudian akses Basic, kemudian LAN (Local Area Network), dan DHCP. Perhatikan Primary DNS Server Address dan Secondary DNS Server Address, isikan kedua alamat IP dari DNS Server yang ingin anda gunakan disitu.

huawei-hg532e-basic-lan-dhcp

Karena kabarnya Google Public DNS akan diblokir atas instruksi Kemenkominfo maka saya mencontohkan menggunakan IP address milik OpenDNS. Kalau sudah klik saja Submit, maka sekarang setelahnya setiap perangkat yang baru terhubung baik menggunakan kabel atau akses hotspot akan menggunakan DNS server yang anda konfigurasikan, sedangkan yang lama harap dikoneksikan ulang atau biarkan saja kalau tidak bermasalah.

Tulis komentar...