LOADING

Type to search

Lainnya

Nomor resi JNE dari Standard Express tidak bisa dilacak?

Bagi yang belanja barang murah dari Shopee (dan Lazada juga kalau ga salah) pasti sudah hapal bahwa kirimannya berasal dari luar negeri. Nomor resinya khas dengan format ID123456789CN semacamnya. Yang jadi masalah saat dilacak resinya pada situs resminya malah gagal atau tidak ditemukan, padahal di status order Shopee sedang diproses.

Kalau anda mengalami hal serupa, jangan panik dulu. Dari banyak pengalaman pengguna jasa ekspedisi Standard Express (juga LWE sebenarnya), ini merupakan hal yang wajar karena trackingnya sendiri tampaknya jarang diupdate dan walaupun bisa dilacak informasinya minim juga.

Bisa dicek seperti apa tampilannya seperti gambar diatas, yang kalau dipahami ya cuma berangkat ke Indonesia, jadi tidak ada informasi yang anda lewatkan sebenarnya. Sudah diterima pun tidak berubah.

Nah… kalau sudah di Indonesia tahu darimana? Ada 2 cara sebenarnya, pertama kita lacak lewat bea cukai, kalau sudah tiba di nusantara dan keluar dari kantor tukar bandara maka biasanya bisa dicek informasi pemeriksaannya.

Kalau selesai maka akan ada statusnya diteruskan ke ekspedisi partnernya, dan ini JNE. Biasanya lama pengiriman dari Cina ke Indonesia dalam 1-2 minggu. Ini belum termasuk estimasi pemeriksaan bea cukai lho, juga pengantaran ke penerima.

Alternatifnya dan merupakan yang sarankan, jangan terlalu dipantau, capek sendiri nantinya. Gampangnya kadang cek status pesanan di Shopee apakah sudah diupdate dengan nomor resi JNE. Nah ini berarti sudah tinggal menunggu JNE saja mengirimkan dan mengantarkan barangnya ke penerima.

Tapi ternyata tidak secepat itu juga prosesnya, kalau anda waktu dapat resi JNE dan berusaha melacaknya kemudian gagal maka harap bersabar, dari pengalaman biasanya dalam 3 hari – 1 minggu baru muncul datanya.

Jadi bukan penipuan atau resi fiktif seperti yang sering diasumsikan orang, cuma setahu saya itu resi template yang diberikan sistem secara otomatis, tapi oleh JNE belum menjemput barangnya dari bea cukai atau belum disortir, karena itu datanya nihil.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tags:

2 Comments

  1. utekno mania April 19, 2018

    yah semoga temen2 di indo pada terbiasa dan paham bila membeli barang dari luar negeri tidak secepat yang diinginkan lah. jadi ga komplan komplen komplan komplen, belinya murah cuma 20rb perak tapi komplan komplennya kayak beli emas batangan aja. menurut pengalaman saya, 100% sampainya sih. Maksimal nungguinnya ya 16 hari pernah

    Balas
  2. Dija Juni 8, 2018

    Mohon bantuan gan cari kn paket dgn resi ID1834020359321

    Balas

Tulis komentar...