Cara cek kiriman di bea cukai

Yang sudah ada pengalaman belanja barang dari luar negeri pasti tahu yang lama itu bukan saja soal ekspedisinya tapi juga proses pemeriksaannya di bea cukai. Sedangkan yang baru mencoba beli barang dari luar negeri tapi tidak sadar, seperti di Lazada dan Shopee yang ada kerjasama, mungkin ingin tahu nasib barangnya sudah di Indonesia/Jakarta kok tidak ada kelanjutannya.

Karena dari hasil pelacakan resinya tampaknya berhenti lama di Jakarta biasanya ini yang bikin orang panik, apalagi kalau barangnya mahal atau dibutuhkan dalam waktu dekat (hadiah). Apa manfaatnya melacak paketnya ke bea cukai? Kejelasan nasib barangnya tentu, misal tertahan atau ada kendala maka dalam hasil trackingnya akan ada deskripsinya. Dari sini kita bisa menentukan langkah selanjutnya.

Sekarang, bagaimana cara mengecek kiriman anda di bea cukai? Mudah sekali, silahkan buka link berikut: http://www.beacukai.go.id/barangkiriman.html dan pilih jasa logistik yang digunakan untuk pengirimannya ke Indonesia. Catatan saja, kadang namanya tidak berhubungan dengan nama ekspedisinya. Seperti Standard Express yang pakai GLOBAL TRADE NETWORK LOGISTICS atau EMS pakai Pos Indonesia. Intinya kalau tidak tahu kontak seller/pengirimnya.

Kalau memang barangnya sudah di bea cukai dan nama perusahaannya benar maka akan segera muncul hasil proses bea cukai terhadapnya seperti gambar dibawah ini.

Kebetulan yang diatas lancar prosesnya, jadi langsung lolos tanpa memakan banyak waktu dioperkan ke ekspedisinya, kadang ada yang seminggu lewat disana karena dokumen kurang (invoice). Juga nanti akan dimunculkan informasi harga barangnya dan apakah bakal kena pajak impor.

Saya sekalian mengingatkan juga, pembayaran pajak itu tidak ada yang transfer. Silahkan diurus ke ekspedisi/PJT yang dipakai dan ketemu langsung untuk mencegah penipuan.

Comments (10)

  1. ultimo-dragon November 16, 2017
    • Chandra Desember 6, 2017
  2. Hesti November 18, 2017
    • re4n November 21, 2017
    • Chandra Desember 6, 2017
  3. ia November 20, 2017
    • Chandra Desember 8, 2017
  4. shan November 23, 2017
    • Chandra Desember 13, 2017
  5. vena marlina Desember 15, 2017

Leave a Reply