Cerita nomor resi dari pelapak gagal dilacak

Sudah beberapa kali saya membahas mengenai sistem transaksi dan pembayaran dari online marketplace BukaLapak. Tapi dibandingkan si hijau ada satu kasus yang kadang ditanyakan ke saya. Yaitu status barang sudah dikirimkan dan pelanggan sudah dapat nomor resi dari pelapak tapi kok gagal dilacak.

Hal seperti ini lumrah terjadi sebenarnya pada JNE atau ekspedisi lainnya, separah – parahnya tidak lewat 24 jam sejak dikirim pasti sudah bisa dilacak. Tapi yang dialami beberapa orang bisa lain sekali, hingga 3 hari lewat pun belum tentu ditemukan.

logo-bukalapak

Saya sisipkan dulu beberapa sumber pertanyaan pengunjung yang memiliki masalah yang sama:

  1. http://utekno.com/cara-cek-status-pemesanan-bukalapak-11283/comment-page-2#comment-20639
  2. http://utekno.com/mengenal-jam-hari-kerja-jne-11569/comment-page-3#comment-20769
  3. http://utekno.com/mengetahui-arti-kode-shipment-status-di-jne-2655/comment-page-35#comment-23718

Jadi penyebabnya apa? Setelah saya cari tahu, ternyata pengalaman beberapa pengunjung diatas kadang bisa terjadi karena yang didapatkan adalah nomor resi palsu atau bodong. Apakah ini penipuan? Ternyata bukan, kabarnya kalau si pelapak tidak memiliki stok barang atau menggunakan sistem dropship tapi hampir habis batas waktu pengirimannya – 3 hari sejak pesanan diterima diproses kalau tidak salah – maka akan diisikan nomor resi abal – abal tersebut. Nanti kalau sudah dapat yang benar maka akan digantikan yang baru disertai alasan salah nomor resi.

Saya sendiri belum pernah mengalaminya, tapi agak heran juga kok bisa menjadi tema modus operasional beberapa pelapak. Teori saya sih mungkin daripada gagal dapat order karena barang kosong saat itu dan pasti dalam beberapa hari bisa dikirimkan jadi diterima saja. Misal berhasil ya cuma tambah lama saja prosesnya, kalaupun gagal ya tidak rugi apapun karena dari awal tidak ada barangnya. Yang ga enak uang pelanggan tertahan dan mereka masih berharap barangnya datang. 🙁

Apalagi dari cerita beberapa pengunjung kadang si pelapak tidak responsif saat dikonfirmasi kenapa nomor resinya tidak bisa dilacak, padahal orangnya sering online. 🙁

Saya tambahkan referensi lagi yang membahas hal yang sama, sumbernya malah dari forum BukaLapak sendiri:

  1. https://komunitas.bukalapak.com/s/lracmn/tips_jika_buyer_mendapat_resi_bodong_tidak_terlacak_seller_wajib_menanggapi
  2. https://komunitas.bukalapak.com/s/izaayq/resi_bodongan
  3. https://komunitas.bukalapak.com/s/3ponpv/no_resi_yang_dikirimkan_ke_bukalapak_oleh_pelapak_tidak_valid

Semoga bisa sedikit mencerahkan kenapa ada hal semacam ini. Apakah anda mengalami masalah yang sama?

36 pemikiran pada “Cerita nomor resi dari pelapak gagal dilacak”

    • Betul mas Yudi, dan hal yang sama juga terjadi di Tokopedia.

      Tebakan saya sih hal nomor resi tidak bisa terlacak walaupun sudah ada dalam sistem itu masih ditoleransi karena siapa tahu ada kesalahan input oleh seller atau malah dari ekspedisinya yang trouble trackingnya. Dan karena itu menjadi celah yang dimanfaatkan.

  1. Wah nemu ni artikel. Sy barusan dpt masalah yg sama seperti isi artikel ini. Dalam status pengiriman tertanggal 10 agustus dgn no resi yg ngga bsa dilacak. Tgl 14 agustus pelapak melakukan penggantian no resi sevanyak 2 kali dan no resinya jga belim bsa terlacak. Pda tgl 16 agustus dilakukan lagi penggantian no resi dan Alhamdulillah sda bsa terlacak. Tetapi saat sy lakukan pelacakan lewat website jasa pengiriman ternyata memang pengiriman baru dilakukan pda tgl 16 agustus bukan tgl 10 seperti pada status pengirimannya.
    Disini sebenarnya yg dibutuhkan kejujuran pelapak apakah barangnya ready atau tidak.

    Balas
    • Halo Lukman, dan hal ini sudah mulai sering ditemukan di Tokopedia juga mas. Tampaknya untuk mencegah order batal. Sayang komplain ke csnya percuma.

  2. saya pernah mengalami hal tersebut, no resi tidak bisa dilacak, setelah 3 hari baru bisa dilacak tapi no resinya berubah, dan barangnya sampai jg lebih dari 1 minggu, Memang sepertinya pelapak kehabisan stock, yg penting jgn gagal transaksi jadi asal input dl no resi. sebaiknya buka lapak perbaiki sistem, agar pelapak jujur klo ga ada stock, kan masih banyak pelapak lain. jgn biarkan konsumen yang dirugikan waktu.

    Balas
    • Yup, salah satu celah dalam sistem transaksi BukaLapak ini mas, di Tokopedia juga pernah ada yang share kasus yang sama. Mungkin niatnya bagus supaya seller bisa koreksi nomor resi kalau salah, sayangnya dimanfaatkan untuk pengiriman abal – abal supaya order tidak otomatis batal.

  3. saya sudah pesan barang ari tigaa hari yg lalu kemarin saya melakukan pembayaran diindomart cma dapat struk dan sms konfirmasi tapi saya gak dapat no resi jne karna saya pakai kurir jne kira kira barannya ada atau tidak lalu uang saya lari kemana tanggung jawab buka lapak mana mohon pencerahaanya jujur saya kecewa pakai buka lapak makin hari bukannya makin bagus pelayanannya malah makin ringsek gimanan sih. tks

    Balas
    • Sebentar, ini ga dapat resi JNEnya kapan mas? BukaLapak sendiri memberikan batas waktu maksimal 2 hari bagi pelapaknya untuk mengirimkan barangnya.

      Lebih aman kok mas belanja di BL karena uangnya ditahan dulu sampai barangnya sampai di tangan pembeli, sudah cek status pesanannya?

  4. Mas, saya pesan buku melalui buka lapak janjinya dua hari buku tersebut ditangan sya sementara sampai hri ini buku tersebut belum sampai juga sedangkn uangnya sudah say transfer pada pihak buk lapak dan setelah say mentransfer ungnya mellui rekening resi buk lapak masuk sms melalui hp sy tetapi sat sya cek pada buka lapak selalu tidk bisa dan gagal. Bagaimana itu? jujur saya kecewa.

    Balas
  5. Kacau. Sekarang saya sedang mengalami nya mas. Pertama dia ngasih no resi palsu, lalu dia ubah jadi no resi basi (alias sudah pernah dipakai yg berstatuskan delivered). Saya hubungi si pelapak, dia bilang lagi ada masalah di jne nya dan dipastikan sudah dia kirim barangnya.

    Balas
    • Haha… saya pernah mengalaminya juga mas. Di Tokopedia juga ada modus serupa.

      Itu belum dikirimkan barangnya atau belum dapat resi dari supplier tempat sellernya dropship. Sudah coba komplain ke cs BukaLapak mas?

    • Sudah mas tapi melalui twitter nya. Tapi balesan nya kayak gak merespon/membantu.
      Cape nungguin yg gak pasti mas. Hehe

  6. saya membeli hp di BL,status sudah terkirim dan nomor resinya ada tapi pas diliat tujuan&status nya gak ada alias kosong.Itu artinya apa ya? dan pas di cek no resinya(jne) juga ga kelacak…padahal saya ngirim barang dan langsung di cek resinya bisa kok

    Balas
    • Tampaknya kena kasus yang sama mas. Itu sellernya antara stok kosong dan ga ingin kehilangan order, atau masih nunggu resi dari supplier dropshipnya.

  7. tgl 31 juli saya bayar psanan sya.
    tgl 2 trakhir wktu plapak kirim tapi blum juga dikirim ,saya sdah chat sampai 10x tdak direspon akhrnya saya mnta dibtalkan dan malamnya di bl. brang sudah dikirim namun no.resi saya cek sampai tgl 4 blum juga bisa dilacak. apa kah resinya bodong? saya email [email protected]
    tapi blasan bl.
    server sudah dinonaktifkan.
    sama sekali tidak membantu sya.

    Balas
    • Ekspedisinya apa mbak? Dan nomor resinya?

      Sudah dijelaskan ke cs BukaLapak kalau nomor resinya sudah lama tidak muncul/invalid?

  8. Saya juga ni kak, saya beli cream BSc di Bukalapak. Setelah saya konfirmasi pembayaran dan dikasi no resi tapi ga bisa di lacak udah 3 hari dr pembayaran tapi barang belom sampai padahal area surabaya. Gimana caranya agar uang bisa di refund kembali dr Bukalapak, Mohon infox donk kak chat via Dm Ig : apriliaputri092

    Balas
  9. Berikan jawaban yang bagus gan
    Agan saya butuh solusi!!
    Saya kan dropship,ada pesanan di toko saya, kemudian saya pesan dari supplier,kemudian kan kita harus nunggu resi dari supplier baru bisa di konfirmasi ke pesanan dropship.
    Kebetulan ke esokan hari nya saya dapat SMS ada no resi dari kurir,saya pikir itu adalah resi dari supplier.
    Kemudian saya input no resi dari SMS tsb ke toko dropship saya.
    Kemudian status barang dikirim.
    Ke esokan hari nya lagi saya lihat di supplier belum ada resi,beberapa jam kemudian baru pesanan dari supplier status nya dikirim,dan ada no resi nya.
    Kemudian saya edit no resi di toko dropship saya ke resi yang asli dari supplier,
    Nah pertanyaan saya apa gak ada masalah jadwal status terkirim nya 1 hari sebelum resi asli nya terkirim??
    Mohon pencerahannya gan..

    Balas
  10. kak mau nanya nih paketku dikirim tgl 26 desember sampe sekarang ga sampe padahal pke servis ctc sesama kota . no resi yg dikasi penjualnya 000093665285 dan gak bisa di track. kutnya pnjualnya ktnya resi ga update krn barang jne overload . apakah itu pnjualnya menipu ato mmg jne uda 2 hari ga input resi ?

    Balas
    • Itu bukan format resinya JNE mbak, tapi SiCepat dan sudah saya cek juga gagal.

      Pokoknya lewat 24 jam masih belum bisa dicek ada yang perlu dipertanyakan ke sellernya.

  11. Saya dropshipper baru buka toko di shopee. Dapet orderan pertama pake ekspedisi j&t dan supplier saya juga di shopee. Saat mau input resi ternyata malah dapet resi baru. Saya di palembang supplier di bandung. Bisa kah saya pakai resi otomatis dari shopee tapi kirim barang dari palembang untuk menghindari dianggap ny resi palsu?
    Batas maks barabg hatus dikirim sevekum tgl 20 besok.

    Balas
  12. dari tanggal 25 januari sampai tanggal 8 februari tak cek nomer resi gak bisa gagal terus sa tanya di kantorpos nomer resinya salah terus cara menanganinya gimana

    Balas
  13. Halo mas Chandra, untuk pertama kalinya saya juga mengalami masalah ini, seller memasukkan no resi fiktif jne dari sistem Tokopedia sehingga tidak bisa di lacak, menurut mas Candra saya harus bagaimana ya?? apa harus tetap menunggu atau langsung melaporkan masalah resi fiktif ini ke cs tokopedia??. +Mungkin nggak yah mas saya kena tipu dari seller sampai uang saya melayang (30.500.000 loh mas, saya agak panik).

    Balas
    • Nipu sih ga mungkin mas. Maksud saya, masnya ini asalkan bayarnya benar ke Tokopedia maka uangnya aman dilindungi. Saran saya segera komplain ke cs Tokopedia biar diproses.

  14. aduh nasib nasib, ternyata sudah modus lama toh, saya baru kena nih setelah sekian lama aman dan lancar jaya
    pelapak bilang ready stock, jam 11 siang langsung bayar, sampai hari ke 3 ngak juga dikirim, ditanya katanya mau follow up ke jne , eh ujung2nya confirm barang kosong, tapi disuruh cancel ada kali10 x ngak respon2 walaupun online mulu, cancel via cs ngak bisa , harus pelapak yg cancel sendiri
    eh giliran waktu batal otomatis tersisa 1 jam lagi tahu tahu jam 11 malam nongol nomer resi yang ngak bisa dilacak
    Ijab qabul jual beli terkhianati……..

    Balas

Tulis komentar...