Pengalaman belanja di Blibli

Sabtu kemarin (18 April 2015) adalah pengalaman pertama kali saya belanja di Blibli.com dan niat saya adalah mendokumentasikan kesan saya setelah proses menempatkan ordernya. Terus terang saya tergoda oleh harga barang yang murah ditambah kupon gratis sebesar Rp.50.000 dan apalagi ada pengiriman gratis ke seluruh Indonesia. 😀 Jelas jatuh hati saya, ini juga sekaligus uji coba layanan Blibli.

Proses belanja Blibli.com

Barang yang saya beli adalah Smartfren Andromax C3 yang pasarannya di Gallery Smartfren 550 ribu termasuk PPN 10% dan dijual online paling murah untuk barunya adalah 499 ribu. Tapi dengan mengkombinasikan kelebihan – kelebihan Blibli totalnya 451 ribu. Sedangkan beli barang bekasnya pun selain kualitasnya meragukan juga selisihnya cuma 50 ribu – 100 ribu, itupun kalau ada yang jual.

blibli-metode-pembayaran

Kembali ke fokus pembicaraan, mumpung saya masih ingat dan bisa jadi referensi anda kalau ingin belanja di Blibli. Jadi seperti layaknya orang Indonesia saat belanja online metode pembayarannya adalah transfer bank dan saya menggunakan BCA. Kartu kredit belum memiliki jadi tidak bisa mencobanya. 😛

Tahap pelunasan tagihan order Blibli

Yang jadi masalah ada 2 opsi mengenai transfer ini, melalui KlikBCA atau Transfer ATM. Saya memilih yang kedua karena belum familiar bagaimana proses pembayaran melalui KlikBCA. Padahal… saya juga akan memakai KlikBCA untuk melakukan pengiriman dana ke rekening Blibli untuk melunasi tagihan. Ada batas waktunya selama 24 jam dan kalau lewat akan dibatalkan ordernya. Nanti kita akan diberikan BCA Virtual Account yang berupa nomor unik khusus untuk transaksi kita, jadi cuma bisa digunakan sekali.

Nah… disini saya sempat bingung karena dalam KlikBCA ada opsi Transfer ke BCA Virtual Account dan ternyata gagal. Tidak ada pesan error atau informasi lainnya.

Wah… karena kebetulan malam hari dan saya malas keluar rumah untuk ke mesin ATM kemudian saya menghubungi support Blibli melalui Livechatnya. Pertama saya dibantu oleh mbak Tina soal keraguan saya mengenai proses transfernya, takut salah metode. Tina dengan sabar menjawab pertanyaan – pertanyaan saya dalam 2 sesi Livechat (sebelumnya karena muncul pesan error “The requested URL was rejected. Please consult with Customer Care” saat membuka halaman produk Andromax C3 yang ingin dibeli, ternyata saat itu ada optimalisasi sistem), dan menurutnya tidak masalah kalau dibayarkan melalui transfer uang lewat Internet Banking BCA seperti biasanya.
transfer-klikbca-blibli
Akhirnya saya sudah membayar melalui transfer dana KlikBCA ke Virtual Account BCA yang diberikan Blibli untuk order saya.

Semestinya pada tahap ini adalah proses konfirmasi pembayaran kan? Supaya barangnya cepat dikirim setidaknya kan ada notifikasi pembayaran sudah diterima jadi kita tinggal menunggu kapan dikirimkannya barang yang dibeli. Eng ing eng… setelah kurang lebih 15 menit kok tidak ada kabar dan melihat status pesanan saya di Blibli masih bertuliskan “Menunggu Pembayaran” membuat saya penasaran bagaimana sistem konfirmasi pembayaran di Blibli.

Konfirmasi pembayaran Blibli

Kembali saya mengandalkan customer service Blibli melalui Livechatnya lagi, tersedia 24 jam loh. Ini salah satu keunggulan Blibli dibandingkan Lazada soal bantuan ke (calon) pelanggannya. Kali ini saya dibantu oleh mas Noval, langsung to the point saya menanyakan kapan pembayaran yang baru saya lakukan akan dikonfirmasi. Dan… ternyata karena saya order dan membayar pada masa weekend (Sabtu dan Minggu) maka datanya baru masuk di Blibli pada hari Senin dari Bank BCA. 🙁 Oke, ini saya masih bisa paham karena keterbatasan dari pihak Bank.

Tapi kabar buruk belum selesai, saya kira konfirmasinya akan pada hari itu juga (Senin), ternyata informasi dari CS-nya ini konfirmasi pembayaran adalah 1 hari setelah transfer ke BCA Virtual Account. Katanya karena datanya akan dicek oleh tim finance Blibli dan memang standarnya 1 hari. Ini yang sempat saya bahas sebelumnya mengenai kekhawatiran nasib ordernya pada akhir minggu. Hal ini juga dikonfirmasikan oleh CS lainnya bernama Sari pada hari minggu pagi.

blibli-livechat-konfirmasi-pembayaran

Ini kok tidak dituliskan di panduan belanjanya Blibli.com? Atau saya tidak berhasil menemukannya. 🙁 Jadi walaupun saya order pada hari kerja dan membayarnya saat itu juga tetap saja besok saya dikabari konfirmasinya. Wah… kalau ini masih lebih baik Lazada begitu transfer saya sudah dikirim pesan bahwa pembayaran sudah diterima.

Alhasil halaman Cek Status Pesanan Blibli di akun saya pada hari minggu pagi masih menunjukkan kalau Menunggu Pembayaran dan waktu hitung mundur selama 11 jam lagi order saya dibatalkan. Pesannya sih “Anda memiliki keleluasaan waktu 11 jam 1 menit untuk menyelesaikan pembayaran sebelum pesanan Anda dibatalkan secara otomatis.”.? Lah… saya sudah transfer. 🙁

blibli-daftar-pesanan-menunggu-pembayaran

Jadi bagaimana nasib order pelanggan kalau tidak ada konfirmasinya di akhir minggu kalau menggunakan transfer bank? Sama saja dibatalkan dong pesanan saya. Jadi bingung kalau nanti barangnya habis apa yang dilakukan oleh Blibli terhadap uang saya. Dicarikan stok kah? Direfund ke rekening bank saya kah? Ditahan untuk dijadikan store credit kah? Dari tim supportnya cuma dijawab jangan khawatir dan diabaikan saja. Lebih baik anda menggunakan kartu kredit untuk membayarnya, ini saran dari customer servicenya kalau mau instan prosesnya.

Pengalaman saya ini saya tulis sampai disini dahulu dan akan saya update di part 2 saat ada kabar selanjutnya. Semoga kabar baik. 🙂 Saya tidak kapok beli Blibli, cuma sistemnya saja kok rasanya merepotkan dan sudah menyampaikan keluhan melalui customer carenya. Lain kali saya akan membeli di hari kerja saja biar tidak was – was. Kemungkinan besar akan saya revisi tergantung progress dari pesanan saya. Semoga tidak ada masalah lagi.

Update

Saya sampai lupa menuliskan updatenya, jadi barang sudah saya terima kira – kira 1 minggu sejak saya membayarnya. Dan memang konfirmasinya baru diproses Selasa dan barang dikirimkan hari Kamis.

73 pemikiran pada “Pengalaman belanja di Blibli”

    • Halo Qoid, terimakasih sudah berkomentar dan sekaligus mengingatkan saya artikel ini sudah waktunya diupdate. Akhirnya saya tunggu mas, karena kalau dibatalkan kupon belanjanya juga hangus. Apalagi handphonenya untuk keponakan yang ingin segera. Ngalah dikit lah.

      Jadi memang Selasa pagi masuk konfirmasi pembayarannya, dan pesanan saya tidak dibatalkan walau sudah lewat 3 hari dari deadlinenya. Cuma pengirimannya baru diproses hari Kamis, jadi bukan Selasa sore atau besok Rabunya dikirimkan. Jadi barangnya baru sampai minggu depannya lagi. 🙁

      Tapi salut kemasannya lho mas, ada bungkus biasa setelah itu dibalut bubble wrap dan akhirnya dimasukkan kardus dengan logo Blibli.

      Secara keseluruhan kecuali masalah konfirmasi pembayaran saya cukup puas sih tapi untuk transaksi lain kali hanya pada hari kerja saja biar tidak stres sendiri.

    • Halo Resti, maksudnya mau membayar lewat transfer biasa mbak? Yang saya pernah coba lewat ATM BCA dan Bank Mandiri.

    • Bebas mbak, tapi nanti pilih transfer antar bank saja bedanya. Jangan lupa konfirmasi pembayaran ya setelahnya.

    • Halah, saya yang salah ingat mbak. Maaf – maaf. Yup, ini ke virtual account nomor rekeningnya jadi otomatis dikonfirmasi pembayaran anda. 🙂

  1. Halo Teman- teman,

    Bagi yang pernah berbelanja di zalora, lazada, bhinneka dan blibli.com, mohon bantuannya untuk mengisi kuesioner penelitian untuk tugas akhir saya pada link http://goo.gl/forms/g6Gpu5XGJk

    Saya akan sangat berterima kasih apabila anda meluangkan waktu untuk ikut berpartisipasi dalam survei ini.

    Jangan lupa memasukkan nomor telepon anda di halaman terakhir untuk memenangkan undian pulsa 25.000 kepada 5 orang yang beruntung!
    Pulsa akan diberikan kepada pemenang pada tanggal 13 April 2016

    Semoga Tuhan membalas kebaikan kalian. Terima kasih 🙂

    Balas
    • Halo MC, berarti saya termasuk dong mbak. 🙂 Saya pernah belanja di semua situs diatas kecuali bhinneka. Saya bantu ngisi kuesionernya dan semoga tugas akhir anda lancar. 😀

      Edit:

      Entah mbak bakal kembali membaca komentarnya atau tidak tapi akan lebih membantu kalau dijelaskan maksud dari pertanyaan – pertanyaan yang diajukan, jadi bukan cuma judul dan setuju atau tidaknya. Diberi contoh kasus misalnya. Takutnya hal yang dibicarakan ternyata berbeda kalau dengan asumsi kalimat pertanyaannya.

    • Terutama di bagian – bagian awal kuesioner sih mbak, saya banyak menebak – nebaknya maksud pertanyaannya seperti informasi produk itu berarti di halaman barangnya? Rincian itu yang mana?

      Oh ya mbak, ngomongin iklan jadi ingat teknologi retargeting yang fungsinya agar pengunjung yang telah melihat – lihat suatu produk akan melihat barang tersebut di situs lain. Jadi akan selalu diingatkan dan bisa memicu impulse buying.

      Bisa didemokan dengan mudah kok, mbak ngawur aja cari barang di Tokopedia atau BukaLapak dan kemudian buka situs/blog manapun yang punya iklan di halamannya. Atau buka saja Facebook dan perhatikan iklan – iklannya. Nanti akan muncul barang – barang yang anda cek tadi. Ini namanya retargeting. Penyedia layanannya seperti AdRoll dan Criteo. Mungkin ada hubungannya dengan tugas akhir anda. Jadi memang kalau sudah ada niat beli akan selalu digoda iman kita. Hehe. 😀 Seingat saya kabarnya conversion dari sistem ini seperti mencapai 30%, cukup besar jadinya.

  2. Jadi lumayn ya kalo belanja di blibli? hargany emg murah tp sya masih Ragu kalo belanja online takut barangnya rusak, soalnya sya mau beli headphone yg hargany lumayan lah, jd intinya sya bagusnya beli di hari kerja sama pake klikbca kan? Ada saran lain gak mas? Maaf saya banyak tanya hehe terima kasih

    Balas
    • Halo Chan, kalau takut rusak cari yang proses retur dan refundnya ga repot mas. Dari pengalaman sih JD.id dan MatahariMall yang ga terlalu ribet. Lazada yang repot harus proaktif. Sedangkan Blibli ini terus terang terakhir saya belanja ya pas cuma sekali setelah nulis review ini jadi kurang tahu juga aftersales servicenya seperti apa kalau ada masalah pada barangnya.. Agak malas belanja lagi disana karena pernah mengalami ini dan situs saingannya masih menawarkan free ongkir. Mungkin dan rasanya memang sudah lebih baik daripada sebelumnya.

  3. Mas mau tanya ,diblibli.com itu bisa pembayaran langsung ke teller bank yaa gimana sih caranya, atau yg pembayaran via transfer saya kan gak ada tuh atm bca atau mandiri,saya adanya BRI kaya mana bayarnya ya mas hehe maaf sebelumnyaa..

    Balas
    • Halo Devita, langsung setor saja pakai slip yang ada mbak. Jangan lupa cantumkan nomor order anda dan alamat email dalam beritanya.

      Kalau BRI berarti transfer antar bank mbak, mudah kok tinggal ikuti panduan di ATMnya.

      Alternatifnya kalau mbak sudah mengaktifkan internet banking bisa coba e-Pay BRI: https://www.blibli.com/panduan-belanja#BRI

    • Iya mas aku rada gaptek dalam pembayarannya sihh, soalnya blm pernah baru pengalaman pertama. Mau tanya lagi nih mas,kan saya udah daftar trus udah pilih barang, pas bayar nya itu kan ada durasi waktu,jadi saya langsung pembayaran ke atm atau bank gtu ya mas. Mohon penjelasannya ya mas hehe

    • Iya mbak, dalam batas waktunya tersebut kita harus sudah membayar dan konfirmasi. Kalau tidak ya otomatis batal. Untuk konfirmasi kadang tidak diperlukan kalau jenis rekening tujuannya adalah virtual account karena sudah otomatis diverifikasi.

  4. Hello mas Chandra
    jika pembayaran nya via sms banking ,bisa nggak ya ?
    ATM dari tempat saya jauh banget

    makasih jawaban nya ^_^

    Balas
    • Halo Deria, bisa kok mbak. 🙂 Saya sarankan kalau mbak ke kantor banknya sekalian aktifkan internet banking juga.

    • Halo Ilham, bisa kok mas. Jangan lupa di berita slip setoran diberi informasi nomor order dan alamat email akun Blibli anda.

    • Saya ga milih dua – duanya kecuali ada promo yang mantap mas. Sekarang lebih baik belanja di Tokopedia atau BukaLapak karena lebih murah. Atau setidaknya MatahariMall karena gratis ongkir.

    • Halo Amboe, langsung saja isikan nomor rekening mandirinya seperti biasa pas transfer lewat SMS Banking mbal. Ada kendala kah?

    • Gan saya kan mau pembayaran lewat tranfer bank. Tapi adany cuma bca dan mandiri. Sedangkan atm punya saya BRI. Gimana tuh gan pembayarany.

  5. Aplikasi grab,share by 1 clik,uc browser,lazada,itu situs pukimak semua,selalu muncul dihp klo di silang langsng download sdri
    Klo gj disilang hp gx bs disentuh
    Jahanam blivli.com

    Balas
    • Oh… trik download memang mas, kadang yang kurang bagus penempatannya bisa menjebak pengunjung. 🙁

  6. Selamat malam, saya mau tanya aku kan pesan handbody bennyserumvampire uangnya udah aku transfer sempat aku lhat kalau barang aku udah di proses tapi baru” lagi aku lihat kalau barang aku pengirimannya di batalkan itu gimana?

    Balas
    • Halo Hanika, ya antara stok barangnya habis atau ada kebijakan lain mbak. Minta uangnya direfund saja ke customer servicenya.

  7. Hallo mas,saya mau tanya,kan udah pesen trus pembayaran nya lewat bri kredit,tpi waktu pembayaran nya habis,jadi itu gimana mas,barang nya tetap dikirim trus di bayar langsung apa gimana mas?? Terimakasih sebelumnya

    Balas
  8. Tanya.. pas mau bayar transfer lewat atm bri kok gagal terus ya? Apa lewat teller saja? Soal nya gk punya atm lain selain bri.. nnti klo lewat teller ap hrus blang jga mau bayar blibli gtu?
    P1 x lewat blibli kok ribet mlah.. mna wktu pmbayaran jlan terus.. mkasih

    Balas
    • Di ATM BRI seingat saya menu transfer ke virtual account itu sendiri mas, bukan pakai transfer yang biasa.

      Tapi kalau gagal terus berarti nomor rekening VAnya sudah tidak valid, masa aktifnya cuma 24 jam mas.

  9. Terus u/ waktu belanja yg telah habis apakah akan tetap masuk mas, soal’ saya belanja kemarin malam, terus transfer pagi tadi, tapi sampai sekarang belum ada confirm pembayaran, apakah barang saya dibatalkan, trus uang sudah ditransfer bagaimana ya? Mungkin mas’y bisa bantu jawab, terimakasih

    Balas
    • Halo Rara, dari pengalaman selama ini ternyata tetap diproses asalkan sudah dibayar sebelum batas waktunya. Cuma proses di billingnya saja lama updatenya.

  10. Permisi mas mau nanya. Saya msh pemula untuk menjadi konsumen blibli.com , kebetulan saya ingin kredit barang, ketika saya sudah fix dgn prosedure pembayaran. Tp saya bingung harus tranfer kemana, karna tidak tertera no rekening. Ada solusi ga mas?

    Balas
    • Masih belum bisa mbak kalau cicilan di Blibli pakai transfer bank, pakai kartu kredit metode pembayarannya.

      Kalau mbak masih ingin nyicil tanpa kartu kredit bisa dipertimbangkan AkuLaku.

  11. aku mw nnya ini gimana ya mau transfer pake atm bca, tp kok di email gada nomor virtual account untuk transfer ya? itu bgmn ya tlong info… jd bingung hrs transfer kemana

    Balas
  12. Siang pak Chandra,,,
    Saya mau beli barang di blibli tapi tidak ada atm bca/mandiri, saya cuma punya atm BRI.
    bagaimana cara tranfer pakai ATM BRI pak,,
    Mohon bantuan nya

    Balas
    • Ya berarti transfer antar bank mas. Di ATM ada menu transfer ke bank lain.

      Atau kalau mau bisa setor ke bank yang dipilih.

    • Malam pak chandra, sudah saya tes tadi transfer melalui atm BRI ke atm lain tapi tidak bisa pak, apakah saya pilih transfer ke no rekening mandiri blibli saja pak, apakah bisa pak kalau saya tranfer kerekening mandiri, sedangkan saya punya rekening BRI…
      Mohon bantuan nya pak

    • Saya sarankan mas pesan ulang saja dan ganti metode pembayarannya ke Indomaret atau Pos Indonesia supaya ga repot mas. Setor ke bank kan harus jam kerja.

    • siang pak chandra, sudah saya lakukan menu transfer ke bank lain tapi tetap saja tidak bisa pak, pakai kode 987 dan dilanjutkan rekening yang di berikan blibli, sudah saya lakukan 2 kali dengan no rekening yang berbeda yang diberikan oleh blibli tapi tetap saja error, padahal waktu pembayaran nya masih ada 23 jam lagi, saya bingung ini pak, tolong bantuan nya pak

    • Jadi ATM Bersama gagal ya mas:

      Kunjungi ATM terdekat yang memiliki logo ATMBersama
      Pilih fitur transfer
      Pilih menu transfer antar Bank
      Masukan kode 987 dilanjutkan dgn nomor rekening tujuan
      Masukan nominal transaksi
      Konfirmasi data pembelian anda
      Klik next/oke
      Transaksi selesai
      Pembayaran akan langsung terkonfirmasi setelah proses transaksi selesai.

      Waduh… sebaiknya mas setor saja ke bank yang dipilih, lebih pasti jadinya. Tidak ada waktu ke bank mas? Coba pesan ulang dan kali ini pilih metode pembayaran lewat Indomaret.

    • Sengaja tulis ini supaya orang2 gak habisin waktu seperti saya. Bagi yg selalu gagal transfer ke atm bersama dengan kode bank 987 bisa coba ganti metoda pembayaran menjadi transfer non atm ke rekening virtual bank mandiri. Nanti blibli akan mengeluarkan tujuan pembayaran dengan kode bank 008 dan tujuan rekening 88871xxx. Xxx adalah no order pembeli. Mungkin kelemahannya dikenakan biaya transfer antar bank yg lebih besar dibandingkan transfer ke rekening virtual atm bersama 987 5000xxx. Selamat mencoba

    • 987 adalah kode arta jasa broo
      ane dulu transfer pake itu kode aman saja

      memang awalnya ga tau klo 987 TIDAK ADA DI ATM BRI yg berlogo ATM BERSAMA, kemudian saya coba ke ATM BNI dan ternyata ada

    • Ini gampang sekali mbak. Pas belanja pilih metode pembayaran Indomaret, nanti akan muncul kode pembayarannya. Harap dicatat dan nanti ke Indomaret bilang mau bayar transaksi dan berikan kode diatas. Sudah itu saja.

  13. paket saya order tgl 11 april..pe tgl 15 april lum nyampe koq..malah blibli mksain nyampe tgl 17 april 2017 senin ini.prediksi blibli 12 pe 15 april nyampenya..kapoooookkkkkk ah blanja disini

    Balas
  14. Payah ahh kalian, makanya teliti sebelum membeli
    1. Virtual account memang otomatis mendeteksi, tetapi prosesnya juga lebih dari 1 hari, misal hari ini tgl 1 transfer sebelum jam 9 malam, maka tgl 2 bisa di cek, tapi klo transfernya tgl 1 lebih dari jam 9 malam, tgl 3 baru di cek. mending transfer pake mesin ATM, proses nya lebih cepat klo transfer pake mesin ATM paling lama 1 jam udh diterima uangnnya.
    2. klo lama jgn nyalahin blibli brooo, PIKIR PAKE OTAK klo keterangan dari blibli udh dikirim yaa berarti udh diterima kurir(JNE, POS,dll) lama atau tidak tergantung kurir nya, yg penting dr blibli ket udh diterima kurir, ntah ban nya si kurir bocor atau ada kendala lain.

    Balas
    • Sedikit tambahan mas, saya selama ini belum pernah mengalami konfirmasi pembayaran otomatis lewat virtual account melewati 10 menit. Instan semuanya di seluruh ecommerce/marketplace yang mendukungnya.

  15. kapok belanja di blibli, saya belanja diblibli pake pembiayaan home credit, saya sudah koordinasi ke home credit mereka sudah melakukan pembayaran ke pihak blibli tapi saya tanya ke blibli katanya home credit belum ada pembayaran terkait barang tersebut. untuk toko yang disediakan oleh pihak blibli gak ada kontak penjualnya alangkah baiknya kalo pihak blibli kasih info supllier nya.

    Balas

Tulis komentar...