LOADING

Type to search

eCommerce

Pengalaman cicilan kartu kredit Shopee

Bisa dikatakan saya cukup sering memanfaatkan fitur cicilan kartu kredit saat belanja online apabila memungkinkan, dan terutama untuk barang – barang yang harganya 1 juta rupiah keatas. Utamanya disebabkan cicilan kartu kredit di marketplace online masih 0% bunganya, jadi kita cuma terbebani fee transaksi saja 1%. Ya daripada pakai AkuLaku, Kredivo dan semacamnya menurut saya lebih baik pakai ini saja cicilannya.

Saya yakin yang ingin tahu detail soal cicilan kartu kredit Shopee sudah paham mekanisme belanja online disana, jadi saya langsung ke inti pembicaraan saja. Jadi pada proses setelah checkout barang (saya belanja tablet Advan iTab seharga 1.1 jutaan) maka kita akan menemui opsi “Metode Pembayaran”, silahkan dibuka.

Nanti akan muncul beberapa pilihan, tinggal pilih “Cicilan Kartu Kredit” dan kalau anda sudah pernah belanja pakai kk, maka akan langsung terpilih nomor kknya dan tinggal menentukan berapa lama. Disini saya pakai kartu kredit BCA, dan opsinya adalah 3, 6 dan 12 bulan. Semuanya 0%.

Kalau berhasil maka tulisan pada baris Metode Pembayaran akan seperti gambar diatas. Tidak ada yang sulit pada prosesnya. Tapi biasanya para buyer tidak terlalu paham bagaimana di belakangnya.

Yang terjadi adalah pada saat pesanan anda sukses dibayarkan dengan metode pembayaran cicilan kartu kredit, maka Shopee akan mencharge penuh harga barangnya ke transaksi kk anda. Ya alhasil yang masuk adalah 1.1 juta. Jadi pastikan limit anda cukup.

Tapi sifatnya ini sementara, secara syarat dan ketentuan Shopee nanti charge tagihan diatas akan dikembalikan (reversal), dan baru ditagihkan ke buyer cicilan setelahnya. Dalam 7 hari, dari pengalaman biasanya cukup 1-2 hari saja. Bisa dicek pada screenshot daftar transaksi BCA saya diatas.

Sekian dan semoga bermanfaat. 🙂

Tags:

Tulis komentar...