Pengalaman cicilan kartu kredit Shopee

Bisa dikatakan saya cukup sering memanfaatkan fitur cicilan kartu kredit saat belanja online apabila memungkinkan, dan terutama untuk barang – barang yang harganya 1 juta rupiah keatas. Utamanya disebabkan cicilan kartu kredit di marketplace online masih 0% bunganya, jadi kita cuma terbebani fee transaksi saja 1%. Ya daripada pakai AkuLaku, Kredivo dan semacamnya menurut saya lebih baik pakai ini saja cicilannya.

Saya yakin yang ingin tahu detail soal cicilan kartu kredit Shopee sudah paham mekanisme belanja online disana, jadi saya langsung ke inti pembicaraan saja. Jadi pada proses setelah checkout barang (saya belanja tablet Advan iTab seharga 1.1 jutaan) maka kita akan menemui opsi “Metode Pembayaran”, silahkan dibuka.

Nanti akan muncul beberapa pilihan, tinggal pilih “Cicilan Kartu Kredit” dan kalau anda sudah pernah belanja pakai kk, maka akan langsung terpilih nomor kknya dan tinggal menentukan berapa lama. Disini saya pakai kartu kredit BCA, dan opsinya adalah 3, 6 dan 12 bulan. Semuanya 0%.

Kalau berhasil maka tulisan pada baris Metode Pembayaran akan seperti gambar diatas. Tidak ada yang sulit pada prosesnya. Tapi biasanya para buyer tidak terlalu paham bagaimana di belakangnya.

Yang terjadi adalah pada saat pesanan anda sukses dibayarkan dengan metode pembayaran cicilan kartu kredit, maka Shopee akan mencharge penuh harga barangnya ke transaksi kk anda. Ya alhasil yang masuk adalah 1.1 juta. Jadi pastikan limit anda cukup.

Tapi sifatnya ini sementara, secara syarat dan ketentuan Shopee nanti charge tagihan diatas akan dikembalikan (reversal), dan baru ditagihkan ke buyer cicilan setelahnya. Dalam 7 hari, dari pengalaman biasanya cukup 1-2 hari saja. Bisa dicek pada screenshot daftar transaksi BCA saya diatas.

Sekian dan semoga bermanfaat. 🙂

89 pemikiran pada “Pengalaman cicilan kartu kredit Shopee”

  1. Mau tanya dong pak, kalo misalnya kita beli barang yang harganya lebih dari limit bisa nggak ya?
    Contohnya, limitnya 3 juta terus barangnya 5 juta?
    Nnti d charge overlimit atau nggak bisa?

    Balas
    • Tergantung penerbit kartunya mbak.

      Tapi biasanya bisa sampai 30% dari limit aslinya dan ada fee juga untuk overlimit. Misal BCA kena Rp 40.000 kalau jenis kartu kredit yang biasa.

      Yang saya sarankan sih, bisa telpon ke banknya dan minta kenaikan limit sementara.

    • Halo,

      Cicilannya mulai aktif sejak pesanan berhasil. Jadi kalau belinya sekarang tanggal 26 Maret, yang terjadi:
      1. Kartu kreditnya kena charge penuh misal 1 juta.
      2. Sesaat kemudian akan dikembalikan prosesnya dan dikonversi ke cicilan. Ini namanya reversal.
      3. Cicilan mulai ditagihkan. Misal 3 bulan, jadi ada keterangan 1of3 contohnya. Dan nominal cicilan.

      Kapan membayar cicilannya, ini sudah jadi satu dengan tagihan kartu kredit. Jadi ya tergantung masing2.

    • Beda mas. Kartu ATM itu sistemnya debit, langsung ambil saldo tabungan. Jadi walau ada logo VISA atau Mastercard bukan untuk cicilan fungsinya.

      Kalau kartu kredit nanti pembayarannya akan ditalangi dulu, dan baru ditagihkan setiap bulan sekali totalnya.

  2. ka sekali bayar langsung datang kan hp kredit nya?
    mau nanya juga kemaren gimana ka pas hp nya datang apakah rumah kk di fto foto in soalnya teman saya kemaren kaya gitu ka dia kredit hp dan rumah nya di foto foto

    Balas
    • Saat pesan dan dikonfirmasi berarti valid mbak, tinggal menunggu barangnya diantarkan.

      Tapi, kalau dari cerita mbaknya itu bukan cicilan kartu kredit tapi pakai layanan semacam Shopee PayLater, Kredivo atau AkuLaku. Karena itu perlu foto lokasi.

  3. Hai kak terima kasih, threadnya sangat membantu sekali. Aku masih bingung kalau bayarnya itu menunggu ketika ditotalkan full payment atau nunggu beberapa saat lagi ketika sudah di reversal? Terima kasih semoga dijawab ☺️

    Balas
    • Sama-sama mbak.

      Bayarnya nanti ikut jadi satu dengan jatuh tempo kartu kredit. Jadi soal tagihan penuh > reversal, abaikan saja. Karena nanti otomatis jadi cicilan saat tagihannya.

  4. Kak berarti misal saya beli barang harga 600rb trs pilih yg 6x cicilan, nah itu nnti di cc nya tiap bulan di tagih 100rb ya? Sampe 6bln. Bukan langsung 600rb? Kl langsung 600rb kan sama aja pake yg pilihan kartu kredit bukan yg cicilan kartu kredit hehehe :’D

    Balas
    • Betul sekali, jadi nanti ditagihkan setiap bulannya sesuai jumlah cicilan yang dipilih.

      Ada fee proses pembayaran kartu kredit dan cicilan juga dari Shopee, lupa saya berapa persen. 0.2% mungkin. Tapi ini bayar sekali di depan.

  5. Kak saya masih sedikit bingung karna ini pertama kali saya mau menggunakan kartu kredit untuk cicilan,
    Pertanyaannya, apa saat kita mau mencicil barang yg harganya 6jt andai jangkanya 6 bulan, saldo kita d kartu kredit harus 6jt/lebih dulu, baru kemudian setelah d acc 5 jt kembali dan 1 jtnya d ambil sebagai cicilan pertama atau bagaimana ya?
    Saya kurang paham bagian reversal🙏
    Terimakasih sebelumnya

    Balas
    • Betul, saldo kartu kreditnya harus minimal sama atau lebih besar dari harga barangnya yang ingin dicicil.

      Betul juga, nanti akan ditagihkan penuh kemudian direfund. Baru kemudian akan dicharge sesuai nominal cicilan yang dipilih. Ini namanya reversal. Ini juga yang masuk ke tagihan kartu kreditnya setiap bulan sampai lunas.

Tinggalkan komentar