Pengalaman refund Lazada

Aslinya saya belum pernah sampai dikecewakan atau bermasalah saat belanja di Lazada tapi akhirnya ikut merasakan juga pas hari belanja online nasional kemarin. Hal ini membuat saya harus meminta klarifikasi ke customer servicenya lewat livechat dan apa opsi yang tersedia untuk saya setelahnya. Yah… bisa jadi pelajaran lah.

Apa yang sebenarnya terjadi? Jadi saya tertarik membeli tas backpack teampolo dalam event Flash Salenya, walaupun sejatinya cuma selisih 10ribuan dari harga pasaran dan ini belum menghitung ongkos kirim tapi saya memang butuh untuk laptop baru saya. Apalagi saat browsing lewat aplikasi Lazada ada tambahan diskon 10% kalau tidak salah saat menggunakan kupon. Nah… disinilah letak masalahnya.
lazada-email-konfirmasi-pembayaran-bca-virtual-account

Saya order hari Jumat malam harinya, tapi saya lunasi lewat transfer internet banking BCA keesokan paginya. Tidak ada masalah disini, bahkan di email sudah masuk notifikasi kalau pembayaran sudah dikonfirmasi dan menunggu proses berikutnya dari merchant.

Ya santai saja saya, estimasi sampainya 1 minggu lebih sejak diterima dananya. Sebenarnya iseng saja tapi saya coba lihat ke halaman status order di situs Lazada dan… pesanan saya tertulis statusnya Ditolak. Wew… 🙁 Tidak ada notifikasi lewat email untuk masalah ini.
lazada-my-orders

Ya segera saya ingin tanyakan ini masalahnya dimana? Apa stok barangnya habis? Atau saya telat bayarnya? Untung sekarang Lazada sudah punya livechat dan dijawab oleh mbak Maryati bahwa ordernya dibatalkan oleh sistem karena penggunaan kupon yang tidak sesuai. Jadi tidak boleh digunakan untuk Flash Sale.
lazada-livechat-pembatalan-order-otomatis

Mungkin karena saya terburu – buru saat itu, tapi seingat saya tidak ada indikasi tidak diperbolehkan pada banner promo kuponnya. Tapi sudahlah, nasi menjadi bubur dan yang terpenting ini bagaimana nasib uang yang terlanjur saya bayarkan.

Ternyata kita harus minta secara manual lewat formulir pengembalian dana berikut: http://www.lazada.co.id/refund/, dan sudah saya isi hari Sabtu 12 Desember kemarin. Tidak ada notifikasi kalau klaim saya sudah diterima pas mengirimkan data – datanya. Perkiraan kapan uangnya dikembalikan adalah 3-7 hari untuk transfer bank dan hingga 14 hari untuk kartu kredit. Lama sekali terus terang.

Nah… sampai hari ini 21 Desember 2015 belum ada refund yang masuk dari Lazada ke rekening BCA saya. Niatnya nanti sore kalau masih belum (sudah 7 hari soalnya) akan saya komplain menanyakan kelanjutannya. Semoga tidak menjadi masalah lagi, sebentar lagi libur soalnya.

Update 22 Desember 2015:

Kemarin karena kesibukan tidak sempat mengecek saldo rekening BCA saya, apalagi komplain ke Lazada kok belum masuk. Eh pagi ini saya cek mutasi rekening ternyata memang tanggal 21 sudah ada transfer masuk refund Lazada dari bank CIMB Niaga. Ya baguslah, tidak perlu repot – repot lagi.

klikbca-refund-lazada

Sempat terpikir saya membuat posting blog ini ada pengaruhnya. Haha. 😀

240 pemikiran pada “Pengalaman refund Lazada”

  1. Itu pas form pengembalian yg kolom bank nya
    Ada nama aku sama nomor akun.
    Itu nama akun bank sama no. Rekening bank nya atau bukan ya mas? Mohon arahan nya.
    Terimakasih.

    Balas
  2. kasus sama nih. siang tadi pihak lazada mengirimkan bukti pengembalian dana di attach refund BCA. nah saya cek malam kok blm ada transferan dari lazad ke rekening BCA. knp ya?

    Balas
    • Sama. saya juga sprti itu. Lazada mengirimkan bukti transfer tapi saya cek mutasi rekening belum ada dana yang masuk dari Lazada. Apakah skrg dana anda sudah masuk dan sudah anda terima pak?

    • Sama mas kasus saya beli laptop plus mouse harga 2.477.000,tp uang dibalikin dgn voucher store kredit nilai 104.133,gila lazada…

  3. mas saya mau tanya isi refund from di lazada kan diminta no rekening , atas nama , pusat cabang , sama.kota cabang nya ..
    apa ga akan apa apa ituh kalo kita ngasih pusat cabang sama kota cabangnya ???

    Balas
  4. Dana refund saya mestinya ditransfer tgl 21 feb, tapi mundur jadi tanggal 23 feb. Trus dapat email spy saya ngisi form refund online lagi. Saya jadi deg degan nihh..dana saya kembali gak ya

    Balas
    • Sebentar, ini Lazada yang bermasalah tapi pelanggan yang harus repot ceritanya? Sangat disayangkan. 🙁

      Kembali kok mbak, tapi ya gitu jadi ribet.

  5. Tadi dapat email dr lazada katanya bank tdk dapat memproses dana tefund krn data tdk sesuai. Trus saya diminta fotocopy/scan buku tabungan hal pertama katanya utk menghindari ketidakberhasilan bank memproses.
    Padahal data sudah yg saya berikan udah benar. Sepertinya memang tidak mau baliin dana saya nih.

    Balas
    • Padahal kalau bayar itu kita tinggal transfer saja. Cuma perlu nomor rekening malah. Tapi kalau sebaliknya jadi sangat repot sekali.

    • Sudah lewat 14 hari mbak? Kalau transfer, pembayaran online (mandiri clickpay, klikpay bca, dlsb) seperti itu sulitnya.

  6. Dalam mengisi formulir sudah di konfirmasi katanya ditunggu 4-7 hari tapi uang kembalian sudah hampir 2 pekan g ada konfirmasi lagi cek saldo ATM juga gak ada trus bagaimana uang kembaliannya.apakah hilang kami jadi kecewa plus rugi karna yang tidak kembali

    Balas
  7. mas kmrn saya minta refund stlh beli hape, katanya pengembaliannya dananya sudah dilakukan dalam bentuk voucher store kredit. nah itu gimana biar jadi uang ? minta penjelasannya mas saya mash amatir masalah ini

    Balas
    • Saya mau nanya mas . Kiriman saya dengan nomerPesanan #3771252292 kok gak ada kabar . Lama banget nyampeknya
      Tolong cekin dong

    • Mas saya juga kasusnya sama kek diatas.. pas tanya lg ke livechatnya, saya harus isi data lg biar bisa proses refund lewat tf bank.. tp dr td gak bisa buka link nya yg dia kasihㅠㅠ

    • Nah itu mas, ternyata kadang ga bisa dibuka formulirnya. Ya cuma bisa nunggu atau dicoba lagi nantinya. 🙁

    • Hal yang sama kak. Saya juga spt itu tapi setelah saya coba pake itu voucher ternyata tidak bisa kak. Susah. Sangat.

  8. Mas mau tanya kalo saya bayar pake cicilan kartu kredit klo saya mau refund saya pilihan kembalikan lewat transfer atau gimana ?? Terus saya isi form.a kartu kredit saya apa nomer rekening saya

    Balas
    • Setahu saya kalau kartu kredit nanti direversal mas, cicilannya dicancel juga. Nomor rekening tabungan seingat saya mas.

  9. saya ngisi form refound kok di klik submit gak berrespon apapun…selalu kembali ke menu sebelumya..sudah 1 bulan…mau pake vochernya waktu diisikan no vochernya ada tulisan “voucher not login”…minta sarannya terimakasih

    Balas
  10. Mz tgl 28.5.2017 saya order brng no.3377269692 . Tp tgl 2.6.2017 dpt sms dr lazada pesanan saya d batalkan dan pengembalian dana dari 3377269692 sudah d ajukan . tp kok smp tgl 7.6.2017 saya cek d rekening belum ada transferan . Berapa lama lg ya mz nunggunya ??????? Bener d kembalikan g sih mz??????

    Balas
    • Dari share pengalaman yang terbaru, katanya estimasi 30 hari mas. Bener dikembalikan tapi harus berusaha followup ke csnya.

  11. Iya betul nih saya juga sudah terlanjur saya transfer teryata barangnya soul out jadi pesanan ditolak. Kenapa saat barang sould out tidak dihapus saja dari lazada. Sekarang giliran refund uangnya sulit ya? Saya sudah bolak balik isi formulirnya tapi saat dikirim tdk bisa. Bagaimana solusinya…

    Balas
  12. hhhaaaa… saya juga ngalamin gan !
    menurut sy sistemnya terlalu ribet, berbelit-belit.. sy trf pke rekening istri sy & alamat pengiriman pake nama sy tp ttp kekeh tuh pihak lazada blm kembaliin dana refund sy .
    Logika sja ,kalo kita sudah megang bukti trf itu sdh menjadi bukti kuat kalo kita memang buyer dari brg trsebut, namun krna ada sesuatu hal katakan lah gak punya ATM Pribadi ( seperti sy ) mangkanya pakai rek org lain yg beda dg nama buyer di website online milik lazada. aahh sudah lah seperti ngurus proyek milyaran kalo belanja di lazada ,sepertinya lbh baik di B**aL**ak gan..
    #BlokirLazada

    Balas
    • Seharusnya ada sistem dompet/saldo. Jadi kalau pembayaran berhasil tapi pesanannya yang gagal langsung otomatis balik ke akunnya, tinggal mau belanja lagi atau tidak.

      Setahu saya cuma Tokopedia/BukaLapak/Shopee yang seperti ini.

  13. Duh saya juga ngalamin kayak gini nih,
    Udah melakukan pembayaran tapi ga ada konfirmasi verifikasi pembayaran di email sampai keesokan harinya tiba” pesanan saya ditolak gitu seakan” belum melakukan pembayaran.
    Mau minta pengembalian dana tapi form nya ga bisa disubmit terus.

    Balas
  14. Formulir pengembalian dana ketika di submit tidak ada respon, bagaimana cara agar dana bisa kembali?apakah ada alternatif lain?

    Balas
  15. Saya transaksi dengan Lazada No. 3174644882 pembayaran dengan Debet Mandiri Online, pembayaran tanggal 10 Juli 2017, tanggal 12 Juli 2017 transaksi dibatalkan oleh Lazada, dikatakan pengembalian sudah diproses dan waktu prosesnya 7-14 hari, tanggal 30 Juli saya tanyakan ke chat live messenger dikatakan harus menunggu tanggal 1 Agustus.
    Tanggal 1 Agustus, saya tanyakan lagi di suruh menunggu 7-14 hari lagi, luar biasa Lazada ini, tiap chat live selalu dari awal lagi, tidak ad record complain kita sebelumnya, jawabannya pun selalu sama, lalu saya search di google, ternyata banyak yang mengalami nasib seperti saya ini 🙁 , itu berarti sudah lama dan berulang kali kejadian yang sama, tapi tidak ada perbaikan sama sekali.
    Tolonglah, Transaksi saya Rp.6524000.00 pada nomor pesanan 3174644882, apakah selemah ini kita sebagai konsumen, dipermainkan oleh Lazada, tidak tau lagi saya harus ke mana meminta hak saya untuk dikembalikan.

    Balas
  16. Iya nih saya pembayaran wktu itu lewat alfamart, cara refundnya gmn ya? Apa harus konfirmasi ke alfamartnya juga? Saya sudah isi form pengembalian dana sih tapi gak ada balasan apa2…, need help please…

    Balas
  17. kacau ni, bnyak yg kenak jga kiranya, pesanan sya di tolak lazada, ktanya brang sudah tak tersedia, di korim nya formulir pengembalian dana, pas saya isi dah berkali2 gak bisa di submit, ada solusi?

    Balas
  18. ..ya ampun,.baru sekali belanja di lazada,.kena tipu saya..beli barang dilazada,.via indomaret,.sdh ada nmr resi,.pas tanya ke JNE,.katanya udah ada pembatalan sepihak..gimana cara utk minta uang kembali..apa ada yg bisa bantu..tolonglah teman2,.

    Balas
  19. Mas selain email kira harus hubungi lazada via apa ya ? Aku email ga pernah ada respon. Sudah hampir 2 minggu uang sayang blm jg dibalikin lama sekali serius kapok bgt belanja di lazada

    Balas
  20. Mau nanya kok pas diformulir pengembalian dana lazada pas saya klik submit kok gk mau ya, kyk eror gtu, jdi gimana ya, mohon infonya makasih?

    Balas
  21. Saya juga mengalami hal yang sma.
    pesanan saya di batalkan.
    jadi saya di suruh isi formulir pngembalian dana.
    tp ketika saya submit tidak ada respon apa2.
    itu bagaimna ya pak,buk,sis.
    mohon bantuany biar uang saya kembali.
    trima kasih

    Balas
  22. Maaf broo n sis ikut nimbrung yaa… Gw juga kecewa sama pihak lazada. Barang pesanan udah gw bayar lewat Alfamart dr tgl 26-12-2017 sampe saat ini 2018 barang belum juga datang. Chat di tokonya ga di balas. Compalin ke lazada ribet terlalu banyak kolom pertanyaan yg akhirnya bikin gw puyeng. Submit ga jelas kemana arahnya. Live chat juga percuma. Gw pikir toleransi seminggu mungkin barang di kirim…Eeeh… Udahlah berenang tu duit gw.

    Balas
  23. Saiyaa sangaat sangaat kecewa bgt belanja di lazada uang pengembslian dana saiyaa udh 2 pekan blm di transfer juga oleh pihak lazada…mohon ya jgn mendzolimi konsumen,do’a yg terdzolimi cepat di kabulkan.

    Balas
  24. Saya juga…
    Mulai sekarang berhenti belanja di lazada…
    Tooh masih bnyak online shop yg laiin ..
    Semoga turun nilai sahamnya inii…
    Mendzoloi konsumen…

    Balas
  25. Wah saya juga udh isi form berkali2, tapi di bilang rekening tidak valid dengan akun lazada, pdhl data 100% benar n valid, cari2 alesan aja..
    Disuruh krm foto ktp + cover buktab,tapi ttp aja gak di refund..
    Dana dikembalikan dlm bentuk voucher,tapi vouchernya gak bisa digunain..ya Allah NIPU bgtt..

    Balas
  26. Ada yg bisa babtu saya ngak mas, mbak yg ngerti mohon pencerahannya. Saya mau kembalikan tv yg dikrim lazada, krn baranv yg dikirim rusak, tapi saat mau ajuin pengembalian, saya klik pengembalian yg muncul malah jaringan mngalami gamgguan. Kyk gt trus sudah berkali2 saya coba. Trus saya hub cs ny, hanya dsruh nunggu krn sdg ditindak lnjut tapi gk da solusi berhari2. Tolong dong yg bisa bantu, mohon sgt utk kasi solusi sama saya gmn cara ny biar saya bisa kembalikan tv yg rusak ini. Saya merasa ditipu bgt sama lazmall ny??

    Balas
  27. Kok tanggapan dari pihak lazada lambat yaaa…gak seperti toko sebelah,setelah di batalkan gak sampe 24 jam lgsg di ganti voucher belanjan…jadi bisa di gunakan untuk belanja yg lain di aplikasi tersebut

    Balas
  28. udah mendingan tinggalin lazada….udah barangnya MAHAL… beli ponsel merk lokal semua…. meski ditahan org udah gk minat lg.

    Balas
  29. Saya ad pesanan yg dibatalkan juga dari lazada udah saya isi formulirnya tapi blom ad juga masuk ke rek saya pdhl udah sering kali saya isi dr tgl 23 maret pembatalan dan sekarang sudah tgl 1 april blm ada kabar jg pdhl yg pesanan saya yg lain jg dibatalkan dan saya isi formulir nah besoknya lgsg di krim ini kok yg pesanan saya yg banyak gak kembali2 ya uang saya ..? Mohon konfirmasinya dr lazada

    Balas
  30. Saya udah ngisi formulir pengembalian dana tapi kenapa dana saya belum masuk juga ke rekening! Katanya harus tunggu sampai 7 hari, saya udah tunggu tapi tetep belum ada saldo yg masuk! Tolong dong cepat diprose dan dikembalikan, saya juga membutuhkan uang itu

    Balas
  31. Jujur saja, hari ini saya transfer sampai 4 kali dengan total uang 1.768.000 tapi pesanannya selalu gagal dan uang saya pun tertarik selama proses gagal itu aneh kan apa coba

    Balas
  32. Permisi minta sran, bisa ngga kalo salah bayar tagihan di Indomaret d proses.
    Soalnya pengalaman pihak Indomaret salah masukin no tagihan 1 angka.
    Malah aku bayar punya orang, mana tau orang nya yang mna. Ma di mna

    Tolong pencerahannya bagi yang berkenan.?

    Balas

Tulis komentar...