Pengalaman retur dan refund JD.id

Sejak 2019 saya rutin belanja kebutuhan rumah tangga tiap bulannya di JD.id. Ya beras, minyak goreng, deterjen, gula, mie instan dan sebagainya. Alasannya sederhana, murah dan relatif cepat. Asalkan sudah diprediksi kita tidak akan sampai kehabisan sembako di rumah.

Murah karena sering ada diskon, walaupun tidak masih lebih rendah daripada Indomaret/Alfamart dan ongkirnya bisa gratis. Saya katakan cepat karena memang ada gudangnya di Sidoarjo, jadi besoknya sudah diantarkan ke rumah dengan sistem COD.

Masalah pada barang yang dipesan, dan proses purna jual

Tapi kali ini yang saya bagikan adalah pengalaman saya melakukan retur dan refund karena produk yang dikirimkan adalah salah. Saya membeli Wireless Earbud TWS Mifa X5 warna hitam, tapi yang datang warna putih. Fungsinya sama, tapi kurang cocok saja warnanya karena gampang terlihat kotor.

Kalau anda sedang mempertimbangkan apakah repot mengurus retur barang di JD.id, dan bagaimana soal pengembalian dananya. Bisa simak cerita saya.

Bagaimana cara retur barang JD.id?

  1. Langkah awalnya cek daftar pesanan, dan cari barang yang anda terima dalam keadaan bermasalah.
  2. Nanti akan ada opsi Pengembalian/Retur Produk dalam detailnya.
  3. Kemudian pilih Retur/Purna Jual.
  4. Anda ingin diapakan pesanannya: Pengembalian, Penukaran, dan Perbaikan.
  5. Dalam formulir yang disediakan silahkan isi datanya, dan upload foto barang.
  6. Silahkan tunggu responnya.

Kalau tidak ketemu tombol returnya bisa diakses link ini: https://cs.jd.id/apply/applyEntry.html

Masih tidak berhasil juga, solusinya tinggal kontak customer service JD.id, jangan lewat media sosial. Aplikasi juga bisa via livechat.

Intinya anda ingin menyampaikan adanya masalah pada barang yang dibeli, dan ingin mengembalikan pesanan ke penjual.

Followup berikutnya adalah lewat email dari [email protected] dan atau [email protected], disini apabila dirasa data yang diupload ada yang kurang akan diminta menambahkan. Seperti foto barang yang lebih spesifik.

Pengiriman balik barang ke JD.id

Anda bisa mengirimkan kembali barang apabila disetujui klaimnya. Silahkan dikemas dan dikirimkan

Untuk alamat after sale JD.id bisa dicek berikut:

  • Jalan Biak No 4A RT.1/RW.6, Cideng,Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta 10150
  • No Pesanan: (Isi dengan nomor pesanan anda)
  • Telephone: 0822-9861-1111
  • Jam Operasional : Senin-Minggu, Jam 09:00-18:00
  • Email: [email protected]

Anda diharapkan pakai ekspedisi yang umum. Seperti JNE, J&T Express, Ninja Xpress, Sicepat dan sebagainya. Dan bukan bayar di tempat ongkirnya, kalau tidak akan ditolak.

Setelah mengirimkan barangnya silahkan update formulir purna jual sebelumnya untuk menambahkan nomor resi.

Perjalanan ke Jakarta dari kota saya butuh 2-3 harian, dan proses pengecekan barang returan oleh tim JD.id 1-2 hari. Nanti akan diinformasikan via email apakah sudah sesuai prosedur atau tidak.

Pengembalian dana JD.id

Aslinya saya mengajukan penukaran barang, walaupun disetujui oleh tim JD.id tapi kenyataannya jadi refund. Agak rugi jadinya karena saya dapat barangnya harga flash sale, dan pengembalian uangnya senilai yang ditransfer.

Walaupun di emailnya dikatakan akan ditransfer ke rekening bank, dan sudah saya kirimkan nomornya. Tapi kalau membayarnya pakai kartu kredit maka akan direfund kesana, jangan kaget kalau tiba-tiba statusnya sudah selesai klaimnya. Cek saja e-statement kartu kredit anda.

Klaim ongkir JD.id

Nah ini, karena barang diretur otomatis kita keluar duit duluan. Sebenarnya ini bisa diklaim, cuma memang manual prosesnya. Silahkan email ke [email protected] dengan menyertakan:

  1. Nomor pesanan yang bermasalah
  2. Nama ekspedisi yang digunakan dan nomor resinya
  3. Tarif pengirimannya
  4. Nama Bank dan nomor rekeningnya
  5. Foto dari resi aslinya.

Dalam waktu 1 minggu akan diproses refund ongkirnya, nanti akan dinotifikasi lewat surat elektronik. Cek mutasi banknya untuk pastinya, dan apabila merasa tidak menerima bisa dikomplain lagi.


Jangan tanya saya kok mendadak dipanggil Ibu Yuli. Mungkin sudah lelah csnya. 😀

Penutup

Walau tampaknya panjang prosesnya dan ribet tapi aslinya mudah. Intinya cuma klaim purna jual > kirim bukti > konfirmasi retur > tunggu pengecekan > refund. Sayangnya proses klaim ongkir kurir terpisah, harus ngurus sendiri ke customer carenya. Untung tidak sulit juga cuma menambah waktu.

Dan sayangnya walau memilih penukaran barang, puas tapi ga sreg warna akhirnya malah dikembalikan uangnya.

Tinggalkan komentar