Pengalaman refund PayPal ke nomor rekening tabungan yang sudah ditutup

Advertisements

Halo, saya ingin mengawali dengan secuil pengalaman saya mengenai proses refund pembelian produk digital yang pembayarannya memakai PayPal tapi sumber dananya dari kartu kredit.

Yang bikin rumit ini kartu kreditnya jenis debit VISA jadi perlu di topup dulu dan masalahnya rekening tabungan saya di Jenius sudah ditutup.

Jadi bakal gimana ini nasib uang saya? Agak panik memang waktu melihat bukti transaksi di PayPal kalau dananya sudah berhasil dikembalikan.

Mungkin anda sedang mengalami kendala yang sama dan ingin tahu langkah-langkah spesifiknya.

Siapkan bukti

Buatlah screenshot dari bukti transaksi di PayPal dan tentunya catat nomor/kode yang menandakannya. Jangan lupa nomor rekening tabungan yang dituju dan nomor kartu kreditnya.

rincian transaksi paypal refund

Advertisements

Yang agak fatal buat saya adalah lupa nomor credit cardnya, sudah saya hapus.

Kontak customer service bank

Ini komunikasinya perlu ke dua belah pihak secara bersamaan tapi awali ke bank anda dahulu. Saran sebaiknya lewat email supaya ada jejaknya dan tidak perlu mengulang cerita, karena prosesnya bakalan panjang.

Pada suratnya jelaskan masalah anda, identitas dan data nasabah, nomor transaksi dan nominalnya dan kirimkan.

Disini saya salut sama Jenius sudah ada perbaikan kecepatan supportnya, dalam hitungan jam sudah dibalas walaupun tidak memberikan solusi jawabannya. Standar template.

Pada titik ini anda tekankan bahwa butuh solusi yang konkrit dan minta jangan dipingpong ke PayPal. Selanjutnya bisa minta ditelepon untuk verifikasi.

Sampai disini adalah setengah tahapnya.

Kode ARN?

Bank anda bisa mensyaratkan ARN (Acquirer Reference Number). Fungsi ARN adalah sebagai kode unik untuk setiap transaksi yang terjadi pada kartu kredit.

Advertisements

Kalau anda perlu ini maka bisa memintanya ke customer service PayPal, gunakan fitur Pusat Pesan bukan Pusat Penyelesaian.

bantuan paypal

Anda akan dihubungkan ke chat customer service, langsung tinggalkan deskripsi masalah dan kode transaksi PayPal yang dimaksud. Dalam 24 jam akan langsung direspon dan diberikan informasi ARNnya.

Pengembalian Dana

Setelah membuktikan bahwa transfer refundnya valid dan verifikasi identitas maka tahap finalnya cuma menunggu. Dana yang nyangkut ini solusinya bisa dikirimkan ke nomor rekening lama yang diaktifkan lagi atau minta ditransfer ke nomor rekening bank lain dengan atas nama yang sama.

Soal kecepatan proses maka akun di bank yang sama jelas lebih cepat, jadi kalau urgent bisa mempertimbangkan ini.

Tapi keseluruhan total dari awal pengurusannya hingga selesai butuh waktu yang cukup lama, jadi harap bersabar dan profesional dalam followupnya.

Advertisements

Tinggalkan komentar