Penyebab Hard disk rusak

Menyambung artikel sebelumnya membahas ciri-ciri Hard Disk bermasalah atau rusak, sekarang kita akan membahas hal ? hal apa yang membuat Hard Disk rusak. Hard Disk merupakan mechanical hardware dan dimana salah satu bagian partnya merupakan sebuah piringan dan jarum pembaca. Jadi meskipun kita memperlakukan Hard Disk layaknya seperti anak kita sendiri (mungkin bisa melebihi) kerusakan masih bisa muncul. Bahkan sering dibilang bahwa kerusakan Hard Disk merupakan hal ?Mistis? tiba ? tiba rusak tanpa sebab dan memerlukan ritual tertentu untuk menyelamatkan datanya.

laptop-hard-disk-drive

Kerusakan Hard Disk bisa dibagi menjadi dua Kerusakan secara Fisik dan Kerusakan secara Sistem.
Hal ? hal yang menyebabkan Kerusakan secara Fisik antara lain (komputer dan laptop disingkat menjadi PC untuk memudahkan) :

  • PC terbentur atau jatuh ketika Hard Disk bekerja.
  • Overheating, PC dalam kondisi panas berlebih juga mempengaruhi ?kesehatan? Hard Disk. Anda bisa cek dengan program DiskAlarm untuk mengetahui suhu harddisk.
  • PC mati sendiri (listrik padam) ketika Hard Disk bekerja. Sebaiknya gunakan UPS (Uninterruptable Power Supply) supaya anda sempat shutdown untuk menyimpan data – data anda dan sekaligus merawat harddisk.
  • Listrik tidak stabil. Jangan lupa Hard Disk merupakan electronic component, tanpa di sadari listrik tidak stabil menyebabkan kesehatan Hard Disk juga ikut tidak stabil. Anda bisa menggunakan Stavolt untuk menstabilkan tegangan listrik (voltase) di rumah anda.

Hal ? hal yang menyebabkan Kerusakan secara Sistem antara lain:

  • Format Hard Disk secara tidak sempurna, jangan sampai terputus proses format harddisk karena bisa berakibat fatal.
  • Secara tidak sengaja mendelete file registry Windows yang penting.
  • Apabila PC terkena virus yang mematikan, terkadang menyebabkan Hard Disk rusak. Gunakan antivirus yang berkemampuan baik dan ringan performanya.
  • Sering melakukan format Hard Disk. Melakukan format berlebihan juga tidak baik.

Namun yang perlu dingat Hard Disk merupakan komponen Elektronik dan Mechanical jadi Listrik merupakan pengaruh terbesar dalam menentukan kesehatan dari Hard Disk. Hard Disk pasti di produksi dalam sekala besar dan yang memproduksi tidak hanya satu pabrikan. Sesuai dengan hukum alam dimana semakin banyak jumlah produksi barang maka tingkat kerusakan juga semakin tinggi. Berhati ? hatilah dalam menjaga PC anda dan apabila ada tanda tidak beres segera Back Up file ? file terpeting.

Semoga Bermanfaat.

Tulis komentar...