PointDNS: DNS hosting gratis penuh fitur

DNS hosting merupakan layanan untuk manajemen DNS zone dan record dari nama domain, hal ini akan sangat berguna kalau tempat anda membeli domain tidak menyediakan pengaturan DNS record sehingga tidak bisa memanfaatkan domain anda secara maksimal seperti untuk setting custom domain. Contohnya adalah Niagahoster kecuali kita membeli paket web hosting, bila tidak maka kita cuma bisa mengganti nameserver dan memakai layanan pihak ketiga untuk mengatur DNS domain.

Salah satu penyedia layanan DNS hosting yang cukup baik kemampuannya juga memiliki fitur lengkap adalah PointDNS. Kita bisa menggunakan versi gratisnya walau cuma untuk 1 nama domain saja dan 10 buah record DNS, tapi tidak ada batasan lain sehingga bisa dikatakan semi-unlimited.

Cukup anda mendaftarkan akun baru di PointDNS. Kemudian anda bisa segera menambahkan nama domain dan mengaturnya.

pointdns-domains

Setelah itu anda tinggal mengarahkan domain anda menggunakan nameserver milik PointDNS, saat ini ada:

  • dns8.pointhq.com
  • dns9.pointhq.com
  • dns10.pointhq.com
  • dns4.pointhq.com
  • dns11.pointhq.com
  • dns6.pointhq.com
  • dns7.pointhq.com

Cukup ambil 2 saja sebenarnya, tapi anda bisa mengisikan semuanya kalau panel domain anda mendukung lebih dari 4 nameserver seperti di Namecheap.

Secara otomatis akan diisikan beberapa record default milik PointDNS, seperti SOA dan NS. Sayangnya ini memakan jatah 6 buah record dari total 10, kalau dihitung maka standarnya 1 untuk A record, 1 CNAME untuk melakukan redirect www ke non-www, dan sisanya mungkin untuk email dengan MX record. Jelas kurang.

pointdns-dns-records

Kalau anda membutuhkan jatah yang lebih banyak maka anda bisa menghapus NS record sampai tersisa 2 saja, ini cukup aman kok. Tapi kalau membutuhkan lebih banyak lagi dari kuota 10 recordnya saya anjurkan untuk menggunakan ClouDNS atau NSONE daripada anda repot – repot menghitung mana DNS record yang penting dan harus digunakan – semuanya berguna soalnya.

Tulis komentar...