NSONE: DNS Hosting lengkap yang dapat diandalkan

Saya sedang mencari layanan DNS hosting karena ternyata pembelian domain di Niagahoster tidak menyertakan DNS Zone Editor kalau tidak menggunakan paket hostingnya. Padahal saya hanya ingin mengubah alamat blogspot menjadi custom domain tersebut yang baru saja dibeli. Mau tidak mau saya harus menggunakan layanan lain untuk melakukan manajemen DNS domain saya, dan karena akun ClouDNS saya sudah penuh kapasitasnya untuk versi gratis.

Secara tidak sengaja saya menemukan NSONE sebuah layanan DNS Hosting yang fiturnya lengkap tidak dibatasi dan server DNS mereka ada di berbagai penjuru dunia untuk memastikan kehandalan layanan mereka. NSONE sebenarnya lebih tepat digunakan bagi mereka yang membutuhkan DNS hosting yang lebih pintar dan bukan sekedar mengatur domain, tapi untuk sebagian besar kasus yang membutuhkan DNS hosting maka layanan mereka sudah jauh lebih dari cukup.

Anda tinggal mendaftarkan akun dan memilih paket Startup yang gratis, dimana anda bisa membuat 50 record DNS dan 1 juta DNS query setiap bulannya. Untuk menangani domain anda tinggal membuat Zone baru dan isikan data yang diminta, dan jangan lupa mengarahkan DNS server pada domain anda menuju milik NSONE.
nsone-zones
Proses selanjutnya tinggal anda mengisikan apa saja DNS Record yang dibutuhkan. NSONE mendukung banyak jenis DNS record: A, HINFO, RP, AAAA, MX, SPF, AFSDB, NAPTR, SRV, ALIAS, NS, TXT, CNAME, PTR.
nsone-domain-dns-records

Uniknya mereka juga menawarkan layanan monitoring uptime website atau server, walau untuk versi gratisnya dibatasi hanya 2 saja dan hanya dari 1 lokasi.

nsone-monitoring

Nanti anda tinggal memasukkan data mengenai apa yang ingin dicek dan menentukan melalui Ping atau TCP. Interval waktu antara pengecekan sendiri cukup singkat yaitu setiap 60 detik jadi hasil pengecekan uptime jauh lebih akurat dari UpTime Robot dan StatusCake yang 5 menit. Jadi anda akan segera tahu kalau website anda down.

Saat kuota query anda sudah digunakan 50% dan 80% anda akan mendapatkan email peringatan mengenai mendekatinya batas paket gratisnya, jadi jangan takut mendapatkan tagihan kejutan di akhir bulan.

Sistem perhitungan query DNSnya sendiri menurut saya jauh lebih baik dibandingkan milik Rage4 yang hanya untuk domain menganggur bisa menghabiskan 300.000 lebih sehingga melebihi kuotanya dan akhirnya saya terpaksa membayar. Dari percobaan saya selama menggunakan NSONE mereka tampaknya lebih ramah perhitungannya, domain yang saya gunakan ada website aktifnya tapi querynya sendiri tidaklah banyak dan masih masuk diakal.

Mungkin dilain kesempatan saya ingin menguji kemampuan GeoDNS atau AnyCastnya. Yang pasti sekarang menyelesaikan custom domain blogspot dulu. Hehe 🙂

Tulis komentar...