Profil Windows 10 lenyap setiap kali login

Pada salah satu laptop di kantor yang terinstall Windows 10 ada hal yang aneh terjadi. Setiap kali login semua setting Windowsnya kembali ke semula seperti baru belum pernah dipakai. Ya tampilan defaultnya lah yang muncul. Satu – satunya hal yang sama sebelum masuk ke desktop adalah pesan “Preparing Windows” seperti pertama kali setelah install Windows 10. Waduh…

Yang pasti aplikasi yang telah diinstall dan termasuk game tetap ada dan tidak hilang. Tapi saat dijalankan idem, seperti pertama kali digunakan. Jadi harus setting dari awal lagi. Benar – benar heran saya.

Solusinya sendiri membutuhkan edit registry Windows, silahkan panggil registry editor (regedit.exe) dan kemudian navigasikan ke lokasi HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\ProfileList
windows-7-registry-editor-profilelist

Mestinya akan tampil daftar profil Windows yang ada, satu yang biasa dan satunya ada tulisan .bak di akhir. Pastikan dulu pada bagian Profile Image Path memang menuju user account yang anda gunakan.

Setelah itu silahkan rename yang tak memiliki ekstensi .bak dengan menambahkan .tmp misalnya, dan yang ada .bak-nya silahkan hapus .baknya saja. Ini supaya Windows 10 menggunakan data profile yang dibackup tersebut. Kalau anda masih bingung, maksudnya saya menukar profile yang aktif karena itu direname. Setelah itu tinggal restart dan seharusnya masalah ini berhasil diperbaiki.

Semoga berhasil. 🙂

*Gambarnya dari Windows 7, tapi masih persis kok cara mengatasinya.

Tulis komentar...