ProtonMail: Layanan email gratis dengan enkripsi

Banyaknya celah keamanan yang membuat bocornya komunikasi melalui email membuat kita harus waspada dan sering – sering memantau akses terhadap akun email kita. Kalau anda sudah menggunakan layanan email gratis seperti Gmail, Yahoo Mail, atau Outlook.com saya anjurkan untuk mengaktifkan Two-Factor Authentication untuk mencegah akses oleh orang yang tidak dikenal. Alternatifnya anda bisa mencoba layanan email gratis dari ProtonMail dari Swiss dengan dukungan enkripsi untuk inbox anda dan pesan yang keluar masuk.

Saat ini ProtonMail masih dalam status Beta tapi anda bisa meminta invitasinya untuk mencobanya, cuma anda harus mengantri saja dan bisa membutuhkan waktu beberapa hari baru anda mendapatkan email undangannya.

protonmail-logo

 

Jadi tinggal anda mendaftar dan isikan apa alamat email yang diinginkan (@protonmail.ch), kemudian apa alamat email anda yang lain untuk notifikasi kalau sudah ada slot kosong, dan sisanya tinggal menunggu kabar gembira saja singkatnya.
protonmail-request-invite

Nanti kalau anda sudah berhasil tergabung akan mendapatkan kuota sebesar 500MB dan pengiriman email sebanyak 1000 buah per bulan, sudah lebih dari cukup kalau isi email anda kebanyakan adalah teks dan pemakaian normal.
protonmail-inbox

Kelebihan dari ProtonMail adalah setelah anda login maka anda perlu mengisikan kata kunci untuk membuka enkripsi akun email anda, jadi proses dekripsi ini adalah wajib dan tidak bisa dilewati bahkan dari ProtonMail sendiri tidak bisa mengakses isi email anda kalau tidak tahu apa password enkripsinya. Misal ada orang yang tahu apa username dan password email anda maka belum tentu bisa membaca pesan yang ada selama masih dilindungi dengan enkripsi.

Menariknya mereka juga menawarkan pesan terenkripsi ke alamat email diluar ProtonMail, nanti si penerima akan mendapatkan link untuk membaca pesan anda. Cocok untuk pesan rahasia atau berisi informasi sensitif. Bahkan lebih dari itu, anda bisa mensetting agar pesan tersebut akan hancur sendiri (self-destruct) setelah beberapa lama, mirip dengan SnapChat atau Timed Message milik BlackBerry Messenger.

Secara keseluruhan memang fokus ProtonMail adalah keamanan data pribadi, identitas anda, dan privasi. Karena itulah fitur – fiturnya terlihat sekali condong kearah keamanan tapi tidak mengurangi kenyamanan berkomunikasi. Sangat disarankan untuk mencobanya.

2 pemikiran pada “ProtonMail: Layanan email gratis dengan enkripsi”

  1. saya barusan daftar malah keluar seperti ini,

    You have successfully reserved your username. We will send you an invite as soon as possible. Due to high demand, typical waiting times are a few weeks.

    dan gak bisa langsung login
    ahh… lama amat, malah disuruh donasi segala 🙁

    Balas
    • Halo Bambang, iya mas masih sistem inden untuk dapat emailnya. Saya sendiri cukup lama baru dapat aksesnya. Donasinya opsional kok.

Tulis komentar...