RouterPassView: Mudah mendapatkan password Modem dan Router

Baru – baru ini saya diminta bantuan teman untuk mendapatkan apa username dan password Telkom Speedy yang tersimpan dalam modemnya, dan ternyata dia juga menggunakan custom firmware dari DD-WRT. Karena sudah tidak standar lagi setting modemnya dan entah kenapa tidak menghubungi 147 (mungkin karena kebetulan saya di rumahnya saat itu). Maka perlu digunakan cara alternatif dan semudah mungkin sebagai solusinya.

Setiap modem atau router seharusnya akan memiliki fitur untuk melakukan backup konfigurasi atau settingnya, dan file yang disimpan akan memiliki data mengenai apa username dan password PPPoE/PPPoA untuk login internet dari ISP, password WiFi dan juga user untuk perangkatnya. Jika anda lupa apa password yang dibutuhkan tapi masih menyimpan file konfigurasinya (bisa berekstensi *.conf, *.rom, *.bin dan semacamnya) maka masih bisa mencoba memulihkannya menggunakan program RouterPassView.

Yang perlu dilakukan hanyalah menjalankan RouterPassView, buka file backup konfigurasi modem dan kalau didukung maka akan muncul apa saja isi settingnya. Untuk DD-WRT maka filenya adalah nvrambak.bin. Gunakan fitur pencarian untuk langsung ke bagian yang anda butuhkan, dalam hal ini saya mencari pppoe_username dan pppoe_passwd untuk menggunakan Speedy.

routerpassview

Anda bisa mencari hal lainnya disini seperti apa password hotspot (wireless network key) dan nama SSIDnya. Cukup banyak detail konfigurasi yang berhasil dibaca, tapi sayangnya tidak bisa diedit langsung didalamnya.

Oh ya, saya sarankan anda untuk membuat cadangan konfigurasi saat modem anda tidak bermasalah, ini supaya kita dapat dengan mudah memulihkan settingnya kalau ada perubahan saat tidak sengaja diutak – atik siapapun. Anda bisa mengikuti panduan berikut untuk modem TP-LINK dan Huawei.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...