Cara backup setting modem Huawei

Setting modem merupakan hal yang biasanya hanya diingat sekali saja, yaitu pada awal pemasangan internet. Dan seperti orang kebanyakan maka setelah beberapa lama karena tidak pernah ada masalah maka akan lupa apa username dan password PPPoE/PPPoA untuk koneksi ADSLnya. Walaupun kita bisa menanyakan ke customer care Speedy di 147, tapi kita dapat dengan mudah memulihkan seluruh konfigurasinya ke kondisi semula kalau telah melakukan backup, dan prosesnya cukup mudah di modem Huawei.

Disini saya menggunakan modem Huawei HG532e sebagai dasar panduan, kalau milik anda berbeda modelnya maka niscaya masih ada kemiripan langkah – langkahnya.

Pertama yang perlu dilakukan adalah login ke akun admin modem dengan mengetikkan alamat 192.168.1.254 di browser. Kalau anda belum pernah mengganti username dan password default modem maka isikan username dan passwordnya dengan admin untuk keduanya.
huawei-hg532e-login

Setelah itu segera buka menu Maintenance > Device > Configuration File. Klik tombol Download Configuration File untuk mengunduh file konfigurasi modem anda. Simpan di lokasi yang mudah diakses dan berikan nama yang jelas (Saya sarankan nama modemnya, contoh: hg532e.conf).
huawei-hg532e-maintenance-device-configuration-file

File ini akan berisi seluruh setting modem anda, mulai dari username dan password dari modem, juga bila menggunakan Telkom Speedy maka data mengenai PPPoE/PPPoA akan disertakan, password WiFi juga pasti ada didalamnya. Jadi seluruhnya akan lengkap berada dalam file tersebut. Hal ini berguna apabila anda mengalami masalah dan mereset modem, maka anda bisa dengan gampang mengembalikannya ke setting yang masih berjalan normal.

Kalau anda menggunakan modem TP-LINK caranya juga tidak jauh berbeda, cuma istilah yang digunakan saja agak lain.

Tulis komentar...