Selamat tinggal Google PageSpeed Service!

Kalau anda ingin mengoptimalkan website anda dengan bantuan CDN dan Reverse Proxy maka nama Google PageSpeed Service semestinya pernah anda dengar. Bukan, ini bukan Google PageSpeed Insights yang digunakan untuk menguji kecepatan situs. Jadi baru saja Google telah mengumumkan bahwa PageSpeed Service ini akan dimatikan tanggal 3 Agustus 2015. Cuma 3 bulan lagi.

Saya masih menggunakannya untuk satu website saya dan walaupun masih lama dihentikannya layanan ini oleh Google tapi ada baiknya kita bersiap – siap melepaskan dari situs kita atau melakukan migrasi ke layanan serupa. Bagaimana kalau anda biarkan saja? Maka website anda akan rusak tampilannya atau tidak bisa diakses.

google-pagespeed-service-deprecated

Apa saja alternatif gratis dari PageSpeed Service? Sekarang cuma ada 2: CloudFlare dan Incapsula, cara setting keduanya sama – sama mudahnya. Kalau Incapsula fokusnya adalah keamanan dan CloudFlare adalah keamanan juga SSL gratisnya menjadi keunggulan. Gunakan yang mana saja tidak ada ruginya daripada tidak sama sekali.

Pembahasan saya kali ini juga berfungsi sebagai pemberitahuan bagi pengguna layanan Google tersebut juga para webmaster agar tahu dan segera bertindak mengantisipasinya.

2 pemikiran pada “Selamat tinggal Google PageSpeed Service!”

    • Aslinya tidak susah juga kok mas, asalkan tidak menggunakan hal yang aneh – aneh dalam websitenya. Coba gunakan CloudFlare atau Incapsula sebagai alternatifnya.

Tulis komentar...