Bagaimana setting channel WiFi terbaik?

Ini bukan masalah sebenarnya, apalagi kalau pengguna akses WiFi hanya didalam rumah atau kantor – area kecil maksudnya. Tapi begitu tetangga kiri kanan anda memiliki jaringan wireless sendiri maka ini bisa berpengaruh terhadap kecepatan akses internet dan kualitas sinyalnya karena interferensi. Dan kalau anda perhatikan di setting modem atau router WiFi anda ada pilihan untuk channel tentu ada gunanya bukan?

Jaringan WiFi aktif di frekuensi 2.4 GHz dengan lebar 100 Mhz, dan ini standarnya dibagi menjadi 11 kanal (ada router yang membaginya menjadi 14 dan ini tidak didukung semua perangkat walaupun bisa mendeteksinya). Secara singkat, channel WLAN terbaik yang bisa anda gunakan adalah 1, 6 dan 11. Jangan dibiarkan Automatic karena kadang bermasalah, antara tidak terdeteksi SSID hotspotnya atau bisa tersambung tapi tidak bisa online.

huawei-hg532e-basic-wlan

Kenapa? Karena ketiga channel tersebut tidak saling menimpa satu sama lain frekuensinya, jadi aman digunakan dan menjamin kualitas sinyalnya karena tidak berebutan dengan router WiFi lain yang beroperasi pada frekuensi sama atau bersebelahan.

Bingung? Jangan khawatir saya juga awalnya gagal paham. :D? Misal kita menggunakan channel 6 dan tetangga memakai channel 7, dari grafik kanal hotspot diatas kan terlihat sudah overlapping sinyalnya? Nah… ini jawabannya belum tentu, karena sebenarnya saat kita menentukannya yang dipilih sebenarnya adalah yang di tengah dari grup.

Sumber: Wikipedia / CC BY-SA 3.0

Maksudnya seperti ini, kalau kita menggunakan channel 6 maka -2 (channel 4 dan 5) juga +2 (channel 7 dan 8) bisa digunakan secara otomatis. Dan inilah yang dimaksud sebelumnya kalau 1, 6 dan 11 tidak saling berebutan frekuensi karena 1 maksimal sampai 3 dan 11 sampai 9, sedangkan 6 dari 4 sampai 8. Paham kan?

Kasus lainnya, ternyata anda dan beberapa tetangga anda memakai kanal yang sama, ketiganya pula. Bagaimana selanjutnya? Tetap disarankan untuk memakai channel yang direkomendasikan tadi karena apabila router anda juga mengenali ada hotspot lain yang frekuensi operasionalnya sama akan menggunakan teknologi anti-tabrakan (CSMA/CA = Collision Avoidance). Atau solusi alternatifnya kekuatan sinyal (Transmit/Signal Power) diturunkan serendah mungkin tapi masih bisa digunakan secara normal di tempat anda.

Apa saya harus memakai kanal – kanal diatas? Tidak juga kok sebenarnya, hanya sebagai anjuran saja dan karena frekuensinya lebih leluasa sehingga interferensi (gangguan) sinyal kecil terjadi. Lebih akurat lagi kalau anda analisa WiFi anda menggunakan aplikasi semacam inSSIDer atau WiFi Analyzer.

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Bagaimana setting channel WiFi terbaik?”

  1. untuk transmit power kalo di kecilin (20) jangkauannya kog keliatan beda ya pak? tp kalo pake 40 malah kadang gk sinyal hilang”. udah coba buat wifi repeater pake tenda a6c dan n301. jangkauan gk ada 50 meter.. sinyal suka hilang.. bisa kasih solusi pak?

    Balas

Tulis komentar...