Panik ShopeePay error?

Advertisements

Ini cerita pengalaman pribadi saya saat pesan makanan lewat ShopeeFood dan sebelumnya topup ShopeePay (supaya diskon maksimal) lewat Flip.id supaya bebas biaya. Tapi jadi agak stres karena menurut invoicenya sudah berhasil masuk saldonya, tapi di aplikasi Shopee diam-diam saja.

Biasanya kan langsung muncul notifikasi bahwa ada saldo masuk ke ShopeePay, karena saya tunggu beberapa saat tidak ada yang berubah. Di halaman utama cuma tampil nominal dana saya sebelum diisi.

shopee ups telah terjadi kesalahan

Akhirnya saya tap ke akses ShopeePay untuk melihat rinciannya. Tapi malah disambut pesan “Ups!! Telah terjadi kesalahan. Silakan mencoba beberapa saat lagi.”

Agak panik saya karena langsung terbayang apabila terjadi kendala karena ini topupnya lewat flip bukan transfer langsung ke virtual account BCA seperti biasanya. Walau cuma Rp. 100.000 saja.

Advertisements

Kalau benar gagal ditambahkan tapi status transaksinya berhasil, bisa capek komplainnya ke customer service Flip dan Shoppe. Bisa saling lempar tanggung jawab nantinya.

Langkah selanjutnya saya coba kontak cs Shopee lewat livechat supaya fast response dan sekaligus tes ombak di Twitter apakah ada yang mengalami hal yang sama saat itu.

Solusi dari cs mbak Sopi sebenarnya bikin gedek, karena implikasinya tidak memahami masalahnya dan cuma diberikan jawaban template.

Dari Twitter tapi terlihat beberapa orang mengalami problem serupa, tapi tidak banyak. Sekalian cek akun milik teman dan keluarga, semuanya normal.

Advertisements

Nah… apakah masalah saya sekarang sudah solved? Jawabannya adalah iya, tapi menambahkan saja karena waktu itu jam makan siang dan saya ga nyerah ingin pesan ShopeeFood. Solusi yang saya temukan:

  1. Logout akun dari aplikasi Shopee.
  2. Hapus aplikasinya.
  3. Install ulang dari Play Store.
  4. Login.
  5. Dan buru-buru pesan & bayar makanannya pakai ShopeePay.
  6. Selesai.

Tidak usah sampai restart hp untuk menormalkan sementara akses ke SPaynya. Tinggal cepat atau tidak, soalnya kalau kelamaan kembali error.

Kesimpulannya dari pengalaman ini adalah:

  • Saldo ShopeePay tidak bisa dicek langsung di websitenya. Walaupun ada triknya yang menyusahkan.
  • Solusi dari cs yang standar logout login ulang, hapus aplikasi dan restart atau tunggu sampai masalahnya selesai sendiri. Ternyata work.
  • Masalah bukan terjadi dari akun pembeli. Tidak ada fraud atau ban.
  • Masalah karena sistem Shopee.
  • CS paling lama respon dari email, paling cepat livechat dan kemudian Twitter.
  • Kalau tidak buru-buru malah ga perlu repot, biarkan saja 1-2 jam normal kembali akhirnya.

Bagaimana dengan pengalaman anda? Semoga yang terjadi sesimple ini juga. 🙂

Advertisements

Tinggalkan komentar