Solusi masalah audio hanya bisa dari headset di Android

Last Updated on Oktober 1, 2015

Headset merupakan salah satu aksesori penting untuk mendengarkan lagu atau berkomunikasi tanpa perlu mengganggu lingkungan sekitar, ya supaya hanya kita sendiri yang mendengarkannya dan juga kadang bersifat privasi. Nah… di Android sendiri kadang terjadi masalah seperti walaupun telah dilepaskan kok icon headsetnya masih terlihat aktif. Jadi suaranya hanya keluar kalau dipasangkan dengan headphone, tapi menggunakan speaker internal ponselnya tidak ada yang berbunyi kecuali ringtone atau notifikasi. Repot kan?

Seringkali ini disebabkan sensor Android yang salah mendeteksi bahwa headsetnya masih tertancap di jack audio, jadi suara hanya akan bisa terdengar kalau dipasangkan ke headset atau speaker eksternal. Hal ini sempat saya rasakan di ASUS Zenfone 5 (Android Kitkat 4.4.2), untung cuma sesaat saja.

asus-zenfone-5-headset-active

Solusi yang bisa dicoba adalah berikut:

  1. Lepas-pasangkan colokan audionya berulang kali secara keras, memang terasa kasar tapi ini untuk memaksa Android mengecek kontak jacknya lagi. Kadang disebabkan sudah kendor sensornya. Cara ini saya coba sampai tangan capek tapi akhirnya berhasil juga setelah 15 menitan. Belum saya coba pasang kembali headsetnya, takut salah lagi.
  2. Ini dari internet, teteskan sedikit cairan WD-40 ke ujung colokan headsetnya dan lakukan cara pertama diatas. Saya ingatkan satu tetes saja cukup, jangan banyak – banyak nanti kemasukan cairan handphone anda.
  3. Gunakan aplikasi SoundAbout yang fungsinya adalah mengatur rute suara. Seperti kalau menyetel video akan keluar dari speaker atau headset audionya. Bisa dikatakan membajak kesalahan sensor jack audio Android.
  4. Kalau masih gagal juga berarti kerusakan hardware, dan saya anjurkan agar dititipkan ke service center handphone anda saja. Apalagi kalau masih ada garansinya, jangan dipaksa memperbaiki sendiri daripada bertambah parah nantinya.

Ada saran dari teman agar difactory reset hpnya. Terus terang saya enggan melakukannya karena ada resiko data yang tersimpan bisa hilang atau terhapus dan dari pengalaman sangat jarang mengatasi masalah yang terjadi di Android. Karena itu tidak saya masukkan ke daftar solusi diatas. Tapi kalau yang anda alami adalah sebaliknya maka solusinya berbeda.

Semoga berhasil memperbaikinya. 🙂

85 pemikiran pada “Solusi masalah audio hanya bisa dari headset di Android”

  1. KK ini hp saya merek nya xiomi 5a jadi hp saya saya pasang ke speaker saat beberapa lagu diputar tiba tiba hp nya kerestart sendiri trus saat saya mainin hp nya kayak keluar suara radio padahal saya GK buka radio jadi penyebabnya apa KK dan kok bisa gitu

    Balas
  2. gini kak.saya mau tanya. hp saya oppo a37, semua suara notifikasi musik dll nggk keluar kecuali kalo pake headphone itu masalahnya apa ya kak?

    Balas
  3. Kak hp saya ic audionya rusak jadi speker utama dan telpon kemresek kira” pakai henset bloethoot bisa ngga apa ada solusi lain

    Balas
  4. Mau nanya jga kak, saya kan udah perbaikan jack audio atau headseat di counterservicehp ni dngan munculnya simbol headseat, trus tiba2 saya colok headseat cuman kedengeran 1 saja ,itu solusinya gimna yaa??
    Hp saya zenfone max pro m1

    Balas
  5. Buat headseet msih normal.. Cuma buat video music game gk kluar suara nya.. Tpi klo ada orng tlp.. Msih bisa kluar nada dering nya

    Balas
  6. Tanya kak, untuk dengerin YouTube tidak Ada suaranya, padahal volume full. Tp pakek headset bisa.masalahnya Dimana ya kak??? Makasih

    Balas
  7. Halo kak, saya sudah pakai cara ke dua, berhasil tapi hanya ketika aplikasi tsb berjalan, jika ditutup akan kembali lagi hanya notif yang terdengar tapi media tidak, dan tanda bahwa headset di hp saya tercolok padahal tidak juga tidak mau hilang. Saya takut coba cara yang pertama, takut makin rusak.. apakah mungkin saya salah cara penggunaan aplikasi tsb? Mohon bantuannya..

    Balas
  8. kalo kasusku kayak gini, aku beli earphone bwt adek (samsung j7 prime, dan huawei jadul) tapi katanya cuman keluar suara sebelah. Terus dicoba di hape aku (samsung a8 star, dan oppo a37), baik2 aja itu earphone. keluar suara dua2nya.
    itu kenapa yah? apa ada solusi?

    Balas

Tinggalkan komentar