Solusi kursor mouse tersangkut pada tepi layar antar monitor

Saya baru saja menemukan masalah pada setting multi-monitor. Rekan kerja saya yang seorang programmer menggunakan 3 monitor di kantornya dan memang tidak ada masalah pada tampilannya. Tetapi kadang saat menggeser kursor mouse dari satu layar ke yang lainnya pada monitor yang berbeda bisa tertahan pada tepi atau batas layar dan tidak ikut berpindah, ya seperti tersangkut.

Ya, ternyata masalah ini disebabkan oleh resolusi antar monitor yang berbeda. Jadi Windows sebenarnya akan melanjutkan koordinat kursor mouse ke layar yang bersebelahan, dan kalau tidak ada jelas tidak bisa bergerak. Bisa anda lihat betapa eksotisnya setting monitor teman saya dibawah ini.
windows-8-1-screen-resolution-multi-monitor
Haha… saya sendiri sempat kagum dan heran saat melihat 3 monitor dengan merek dan resolusi berbeda digunakan secara bersamaan dalam satu komputer. Jadi penasaran bagaimana cara kerjanya sehari – hari. 😀

Oke, kita kembali ke fokus pembicaraan yaitu bagaimana solusinya untuk memperbaiki perilaku kursor mouse yang unik ini. Dari hasil mencari kesana kemari saya menemukan caranya adalah dengan melewati registry Windows.

Jadi silahkan akses Registry Editor. Tekan Windows+R untuk memanggil run command dan isikan dengan regedit.
windows-7-run-command-regedit
Kemudian navigasikan ke HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop dan ubah nilai MouseMonitorEscapeSpeed menjadi 1. Kalau tidak ada silahkan dibuat, tipenya adalah DWORD (32-Bit) Value.
regedit-hkcu-control-panel-desktop-mousemonitorescapespeed

Kalau anda menggunakan Windows 8/8.1 ada kemungkinan perlu mengubah registry berikut HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ImmersiveShell\EdgeUI menjadi bernilai 1 juga.

Setelahnya silahkan restart Windows, dan niscaya masalah anda akan terselesaikan. 🙂

Oh ya, kabarnya install ulang atau update drive graphic card juga bisa menjadi solusi alternatifnya. Saya belum mencobanya karena dengan cara registry sudah cukup pada kasus yang saya alami.

Tulis komentar...