Solusi sementara pilihan Selalu dan Hanya sekali hilang di Android

Kemarin saya mendapatkan pertanyaan dari mbak Vita mengenai opsi default aplikasi yang digunakan untuk membuka file – file tertentu dalam Android ada yang tidak muncul. Jadi pilihan Complete action using yang berisi Always dan Just once, atau bahasa Indonesianya Buka dengan yang memiliki opsi Selalu dan Hanya sekali bisa dikatakan hilang dari jendela dialognya. Aneh kan?

Dari informasi yang saya dapatkan handphonenya adalah Samsung J5 dan masalah ini muncul setelah upgrade terbaru, tetap sama – sama Android Lollipop tapi dimutakhirkan saja. Terus terang sebelumnya saya belum pernah menemukan masalah ini karena asumsi saya ini adalah fitur asli dari Android dan kecuali diutak – atik oleh pembuat handphonenya semestinya tidak akan terjadi.
samsung-j5-buka-dengan
Bahkan saya cari tahu di Google pun hasilnya minim, tapi ada titik cerahnya lah. Khusus untuk Samsung ternyata ini memang setting baru yang dibuat untuk mempermudah pengguna handphonenya, supaya tidak bingung katanya.

Ini komentar dari salah satu pengguna Samsung Galaxy Note 5 yang menanyakan langsung ke customer service Samsung:
There’s no fix for this, at least for now, I talked with Samsung Customer support they did like that to “please their customers” (I don’t understand); it’s not a lollipop issue, other models like core prime and others with 5.1.1 still ask always or just once, it’s really frustrating, but even more frustrating is to find people out there that is happy with this change, ”unnecessary crap” they call it, since they do not know how to use their phones looks like they want everybody else to suffer, it’s so simple if you do not like it! just click ALWAYS and leave the rest of the people that use their phones for more than just calls, chat and listen to music to keep using our amazing JUST ONCE and let us be happy!!!!, what else we will have to take from Samsung?
NO SD CARD SWAP
NO WATER PROOF
NO BATTERY SWAP
COPYCAT DESIGN
EAR PHONES PLUG AT THE BOTTOM
AND NOW THEY TOOK OUR OPTION TO CHOOSE!!!!
this company it’s going backwards or what?
Sumber: Zedx78 dari Forum XDA Developers (http://forum.xda-developers.com/note5/help/giving-choice-t3189668/post63459610#post63459610).

Jadi metode yang cuma bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini kalau sudah terlanjur anda memilih aplikasinya adalah dengan mereset default aplikasinya. Memang repot tapi sayangnya cuma bisa ini sekarang. 🙁

meizu-m2-note-app-info

Atau solusi alternatifnya adalah dengan menggunakan aplikasi Better Open With: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aboutmycode.betteropenwith&hl=en yang fungsinya akan meniru fitur melengkapi aksi Android yang hilang sebelumnya dan memberikan opsi – opsi aplikasi seperti biasanya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...