Solusi Windows Defender hilang

Salah satu pertanyaan yang masuk lewat email adalah saat mengikuti tutorial mengaktifkan Windows Defender tapi di daftar service ternyata tidak ada nama programnya. Alhasil gagal total dan malah lebih bingung lagi apa masalahnya kok Windows Defender hilang. Karena sebelumnya saya tidak pernah mengalami jadi agak bingung juga memberikan solusinya, tapi akhirnya lusa kemarin ada laptop titipan yang kasusnya sama.

Jadi dari diagnosa saya ini disebabkan data mengenai keberadaan Windows Defender tidak ada di registry jadi otomatis lenyap juga dari services.msc. Solusinya? Silahkan anda download file windows-defender-hilang.reg ini, klik kanan dan pilih Merge. Setelah itu restart komputernya agar perubahan registry Windows diterapkan.
windows-7-services-windows-defender

Niscaya nama Windows Defender akan muncul dalam daftar service dan bisa dijalankan prosesnya. Klik kanan saja dan pilih Start.

Oh ya, saya menganjurkan kalau tidak terpaksa sebaiknya menggunakan antivirus pihak ketiga seperti Panda Free Antivirus, Avast, Avira, dan sebagainya. Microsoft kalah soalnya dalam maintenance softwarenya dan karena lama updatenya ada resiko keamanan jadinya.

Semoga bermanfaat. 🙂

3 pemikiran pada “Solusi Windows Defender hilang”

Tulis komentar...