Solusi “Windows Media Player cannot play the file because the required video codec is not installed on your computer.”

Windows Media Player (WMP) adalah aplikasi pemutar video dan audio asli bawaan Windows, dan dari pengamatan saya tampaknya yang paling sering digunakan di lingkungan kantor karena sifatnya yang default. Kalau anda pernah mencoba memainkan video atau audio yang menggunakan format modern (MKV, MP4, AAC, FLAC, dan sebagainya) ada kemungkinan akan muncul pesan error.

  • Windows Media Player cannot play the file because the required video codec is not installed on your computer.
  • Windows Media Player cannot play, burn, rip, or sync the file because a required audio codec is not installed on your computer.
  • A codec is required to play this file. To determine if this codec is available to download from the Web, click Web Help.
  • Invalid File Format.

Ini menandakan adanya codec yang tidak lengkap sehingga film atau lagu tadi tidak bisa dimainkan, dan anda perlu mendownload kemudian menginstallnya. Masalahnya codec yang mana yang perlu diinstall? Atau apakah perlu kita mengulang proses yang sama untuk jenis codec yang berbeda?

Nah… ada beberapa solusi yang bisa anda coba, silahkan gunakan yang paling mudah menurut anda. Pertama kalau anda hanya ingin menggunakan Windows Media Player maka bisa menginstall Windows 7 Codec Pack dan pernah saya bahas sebelumnya, walau namanya untuk Windows 7 tapi kompatibel dengan jenis Windows lainnya.

windows-7-codec-pack-advanced-codec-settings

Tentu saja kalau anda ingin menggunakan media player yang relatif lebih baik performa dan dukungan codecnya maka bisa mencoba menginstall VideoLAN Media Player (VLC) atau SPlayer, dan kalau anda menginstall Windows 7 Codec Pack diatas akan menemukan Media Player Classic – Home Cinema (MPC-HC) untuk menggantikan WMP.

Tulis komentar...