LOADING

Type to search

Software

SoundSwitch: Cara cepat berganti antara speaker dan headphone

Sekarang sudahlah wajar kalau kita memiliki lebih dari satu perangkat suara atau soundcard, biasanya sih antara speaker dan headphone. Kadang kita perlu privasi juga terhadap apa yang kita dengarkan, atau ada orang yang terganggu dengan suara speaker kita yang keras. Mengubahnya ke headphone tidaklah susah, cuma mengganti setting Playback Devices. Tapi kalau semua ini bisa dilakukan dengan hotkey di keyboard bukankah lebih cepat dan lebih mudah?

SoundSwitch adalah program kecil (cuma 190KB) yang tugasnya cuma satu: Mengganti playback device yang sedang digunakan ke perangkat lainnya yang juga terpasang, jadi kalau ada headphone atau speaker maka cukup dengan menekan CTRL+ALT+F11 maka akan berganti otomatis ke salah satunya.

Kemana aplikasi ini bersembunyi setelah dijalankan? Cek saja system tray di pojok kanan bawah maka akan muncul iconnya, memang tugasnya adalah berjalan di background supaya tidak mengganggu anda, apalagi fungsinya memang bisa diakses menggunakan tombol shortcut.

soundswitch-system-tray

Tombol default ini tentu dapat anda ganti sesuka anda, buka saja Settings. Saya sendiri mengubahnya ke ALT+Spasi karena lebih mudah mengakses kedua tombol ini daripada kombinasi hotkey defaultnya.

soundswitch-settings

Kalau anda cukup sering berganti – ganti berganti sound antar hardware maka bisa dikatakan SoundSwitch adalah software wajib bagi anda untuk mempercepat dan mempermudah prosesnya.

Tulis komentar...