LOADING

Type to search

Keamanan Panduan

Cara tahu ada orang yang masuk ke akun Facebook kita

Pagi hari ini saya kaget karena mendapatkan SMS dari Facebook bahwa ada orang yang berusaha mereset akun saya, dan untungnya untuk proses konfirmasi reset password membutuhkan kode unik yang dikirimkan ke nomor handphone terdaftar. Huf… selamat deh. Tapi gara – gara ini saya agak was – was bagaimana cara mencegahnya, minimal kalau ada orang yang berusaha login akan ada informasinya dan kalau bisa ditolak kalau tidak dikenal.

Hasil pencarian saya mengenai sistem keamanan ini ternyata memang ada dan disediakan oleh Facebook cuma tidak aktif secara default. Singkat cerita silahkan akses halaman Pengaturan Keamanan Facebook dan tentu saja silahkan login kalau belum.

facebook-pengaturan-keamanan

Ada 2 fitur keamanan yang akan kita manfaatkan untuk membuat akun Faecbook kita lebih aman dan bebas dari hacker:

  1. Pemberitahuan Masuk – Nah… fungsinya adalah untuk memberikan ada notifikasi kalau ada orang lain yang berusaha mengakses akun Facebook anda dari tempat yang tidak dikenal. Ini termasuk browser berbeda, lokasi berlainan, dan handphone yang tidak seperti biasanya. Anda bisa mendapatkan pesan peringatannya lewat SMS dan Email.
  2. Persetujuan Masuk ke Facebook – Ini yang paling penting menurut saya karena kalau ada orang yang tahu kata sandi Facebook anda dan berhasil login belum tentu bisa menggunakannya. Kenapa? Karena Facebook akan meminta kode konfirmasi yang dikirimkan lewat SMS baru orang asing tersebut bisa melanjutkan prosesnya. Jadi kalau ada hacker akun Facebook mengakses akun anda dari browser dan ponsel berbeda akan tertahan disini. Secara umum fitur ini dikenali sebagai 2 Factor Authentication.

Saya rasa kedua fitur security tersebut sudah berhasil mematahkan 97% orang yang berniat buruk terhadap anda.

Bagaimana kalau sudah terlanjur ada orang yang berhasil masuk ke Facebook anda? Maka segara matikan sesi login mereka dan ganti password anda. Jangan lupa aktifkan kedua fitur diatas untuk mencegah hal yang sama terjadi kembali.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tags:

Tulis komentar...