LOADING

Type to search

eCommerce Lainnya

Tips dan trik belanja online

Dengan kemudahan, kecepatan dan semakin terjangkaunya akses internet membuat banyak orang lebih memilih belanja secara online. Ini merupakan hal yang wajar karena kita bisa mencari hampir semua jenis barang dan biasanya harga yang ditawarkan sendiri cukuplah kompetiti (murah), apalagi buat kita yang malas keluar untuk shopping.

Tapi senada dengan berbelanja dengan datang sendiri ke tokonya, kita harus berhati – hari sebelum melakukan transaksi. Kalau beli secara offline dan ada masalah dengan barangnya kita bisa komplain langsung ke tokonya, berbeda dengan toko online bisa jadi kita ditelantarkan atau bahkan kena tipu.
lazada-indonesia-blackberry-cdma-8530-hitam
Karena itulah anda perlu waspada, boleh percaya tapi pastikan kebenarannya dahulu. Nah… dari pengalaman pribadi saya dan pengamatan saya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko tertipu saat bertransaksi online. Tips dan trik belanja online ini akan saya bagi menjadi 3 bagian: sebelum, saat dan sesudah. Saya sangat menyarankan anda mengikuti sebagian besar atau semuanya kalau bisa untuk menjamin keamanan anda dalam berbelanja.

Hal yang sebaiknya dilakukan sebelum belanja online

Oke, anda sudah mencari di Google dan menemukan situs yang menjual barang idaman anda dengan harga tidak masuk akal murah, sebelum langsung transfer uangnya sebaiknya pastikan dulu dengan melakukan hal – hal berikut (tidak harus sesuai urutan):

  • Biasakan cek nama toko onlinenya di Google, kalau si seller bermasalah dijamin akan muncul dalam hasil pencarian.
  • Segera bandingkan harga yang ditawarkan dengan toko online sejenis, akan lebih baik lagi kalau dicek dengan toko online besar seperti Lazada, Bhinneka, Zalora dan sebagainya.
  • Perhatikan dimana lokasi toko atau si penjual, dan cari alamatnya di Google. Apakah sesuai dengan yang diklaim?
  • Toko online yang baik selalu mencantumkan nama pemiliknya, cari juga di internet apakah reputasinya bagus. Saya pernah menemukan identitas palsu dalam profil toko, jadi hati – hatilah.
  • Apabila ada nomor rekening banknya maka cari juga di internet, kalau nomor rekening tersebut digunakan untuk menipu biasanya akan ada yang melaporkannya.
  • Tanyakan apakah menerima escrow atau rekening bersama (rekber). Fungsinya adalah anda menggunakan perantara dalam transfer dana untuk transaksi anda, jadi uang anda akan baru diberikan ke penjual kalau barang sudah anda terima. Saya tidak ada rekomendasi penyedia layanan rekber, silahkan anda cari di Kaskus dan pastikan dulu reputasinya.

Hal yang sebaiknya dilakukan saat belanja online

Dirasa – rasa tampaknya toko online tersebut dapat dipercaya dan harganya pun masih dalam tahap wajar, anda pun bergegas ingin bertransaksi. Untuk memastikan kelancarannya ada baiknya anda lakukan hal – hal ini:

  • Usahakan menggunakan bank yang sama untuk bertransaksi, walau berbeda bank bukan berarti ada penundaan waktu transaksi tapi lebih baik dikurangi faktor eksternalnya.
  • Berikan alamat anda secara lengkap. Mulai dari nama jalan, nomor, gang, rt, rw, komplek, kode pos dan sebagainya. Pastikan juga tidak ada kesalahan.
  • Cantumkan juga nomor handphone anda supaya bila kurir ekspedisi mengalami masalah anda bisa dihubungi.
  • Bila barang yang dikirim adalah elektronik atau barang berharga saya sangat menyarankan anda menggunakan asuransi, dibandingkan nilai barangnya lebih baik menambah sedikit biaya pengiriman untuk memastikan keamanan barangnya. Kalau ada masalah bisa minta ganti rugi pula.

Hal yang sebaiknya dilakukan setelah belanja online

Nah, anda sudah yakin kalau barang tersebut benar – benar dibutuhkan dan harganya pun cocok. Anda sudah mentransfer ke rekening bank penjual, dan sekarang menanti kabar berikutnya. Berikut adalah hal – hal yang bisa anda lakukan sambil menunggu sampainya paket di tangan anda:

  • Mintalah foto nomor resi dari si seller, bukannya tidak percaya tapi untuk verifikasi apakah memang sudah dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi pilihan anda dan melihat sendiri apakah alamat tujuan yang tertera tidaklah salah.
  • Rutin – rutinlah melakukan pengecekan resi, anda akan selalu mendapatkan update status terbaru melalui situs resmi jasa ekspedisi masing – masing.
  • Tergantung jasa ekspedisinya, kadang ada yang memberikan nama dan nomor handphone kurirnya (Wahana), jadi anda bisa menghubungi sendiri kalau dirasa perlu.
  • Kalau anda ingin mengadukan karena barang belum sampai atau terlambat maka anda bisa mengkomplain secara online ke ekspedisi masing – masing.
  • Tapi kalau masalahnya adalah barang rusak, paket diterima orang lain, tersesat di kota lain dan hal yang lebih serius maka saya anjurkan jangan online tapi langsung datangi kantor cabang agen ekspedisi yang digunakan.

Sementara sekian dahulu tips dan trik berbelanja online, hal – hal yang saya tuliskan hanyalah anjuran dari pengalaman dan pengamatan saya. Saya akan terus mengkoreksi dan mengupdate informasinya bila diperlukan di kemudian hari.

Tulis komentar...