Toko online lebih murah? Ternyata belum tentu!

Dengan mudahnya akses internet membuat kita saya yang malas keluar rumah untuk belanja lebih suka mencari barangnya di internet. Apalagi sekarang mulai banyak toko online besar seperti Lazada, Blibli, Qoo10 dan mungkin AliExpress yang memanjakan kita. Jangan lupakan promo dan diskon yang sering diadakan oleh masing – masing situs online mall besar di Indonesia membuat kita mendapatkan harga termurah dibandingkan pergi ke toko dan membelinya sendiri.

Apakah benar begitu? Ternyata belum tentu. Hal ini baru saya sadari sejak ingin membeli handphone baru untuk menggantikan Lenovo A369i saya. Setelah melalui banyak pertimbangan dan perguncangan batin pilihan saya jatuh di ASUS Zenfone 5 16GB. Segeralah saya melakukan riset pasar berapa harganya. Disini saya mengecek Lazada mumpung ada kupon belanjanya juga supaya mendapatkan diskon lebih besar lagi.
lazada-asus-zenfone-5

Anda akan melihat ada beberapa hasilnya, ini tercampur dari dagangan Lazada sendiri juga partner merchantnya. Yang lebih mencolok ternyata (tampaknya) ada promo dan harganya dipotong sebesar 30%, menurut harga asalnya adalah Rp. 3.199.000 menjadi Rp. 2.245.000. Wow, rasanya kita harus segera memanfaatkan kesempatan terbatas ini kan? Harap tunda dulu dan lakukan riset lebih jauh. Catatan saja, gambar diatas hanya sebagai ilustrasi dan sebenarnya untuk jenis barang yang sama ada merchant Lazada Indonesia yang menawarkan lebih murah tanpa diskon.

Jadi setelah membaca – baca sebenarnya dari awal sudah akan membeli di Lazada dan karena saya tidak mengikuti berita handphone saya kira memang harga pasaran ASUS Zenfone 5 16GB dengan 2 GB RAM adalah kurang lebih di kisaran 2.8 juta. Saya tanya teman saya yang bekerja di salah satu toko notebook dan gadget besar di Malang, ternyata harganya cuma 2 juta. 🙁 Wah… Kesimpulannya jangan langsung percaya kalau ada tulisan diskon atau promo, ada kemungkinan memang harga pasarannya segitu. Haha.. jadi pembelajaran pribadi saja ini. 😀

Akhirnya saya lebih memilih membeli di Malang di toko teman saya bekerja, walau agak kecewa dengan sistem pembayaran cicilan kartu kreditnya. Singkatnya ada biaya tambahan, entah memang normalnya begini atau tidak. Maklum saya pemula untuk urusan kartu kredit. Tapi kisah saya yang berhubungan dengan harga barang online masih berlanjut, kali ini dengan online mall lainnya yang tidak kalah besar.

Karena ASUS Zenfone 5 tidak menyediakan headset dan kebetulan dalam iklan – iklan yang sering muncul di Feeds BBM (BlackBerry Messenger) sering muncul promo dari Blibli adalah Sennheiser MX 400 II (kalau tidak salah) dan dicantumkan harga aslinya sebesar 299 ribu dengan diskon 54% menjadi 139 ribu.

blibli-sennheiser-earphone

Saya sempat tertarik membelinya, dan untung saya mencari info lebih lanjut di Google. Hasilnya? Memang harganya kurang lebih sebesar itu juga, di Kaskus malah menemukan orang menjual seharga 100 ribu. Waduh…

Oh ya, ini masih membahas masalah harga. Harap jangan lupakan masalah ongkos kirim, walau harganya lebih murah daripada beli di kota anda kalau ditambahkan biaya kirim kadang jadi sama atau malah lebih mahal. Pertimbangannya kalau cuma selisih sedikit lebih baik beli di kota anda saja, biar kalau ada apa – apa mengurus garansinya lebih mudah dan kita bisa mengecek sendiri barangnya sebelum membeli.

Walau saya cuma membandingkan toko online besar (Lazada dan Blibli) tapi secara umum juga berlaku untuk toko – toko online lainnya sekecil apapun. Kecuali Flash Sale yang memang harganya miring saya masih berhati – hati akan setiap tawaran dan promo. Jadi harap anda rajin juga bijak mencari informasi untuk mendapatkan harga terbaik dan jangan sampai tertipu saat transaksi online.

Tapi ya… beli online itu memang mudah, tinggal pilih barangnya dan bayar, tunggu konfirmasi, barang dikirim penjual menggunakan jasa ekspedisi (dag dig dug sambil menunggu rasanya), dan akhirnya beberapa hari kemudian sudah berada di tangan. Secara pribadi memang saya cukup sering bertransaksi online karena mudahnya ini.

Yah… ini pengalaman saya, bagaimana dengan pengalaman anda? Lebih murah yang mana jadinya? 😀

2 pemikiran pada “Toko online lebih murah? Ternyata belum tentu!”

    • Betul mas, kalau cari barang murah lebih baik di Tokopedia atau BukaLapak. Setelah tahu harga pasarannya baru kita belanja di Lazada, MatahariMall, Blibli atau semacamnya memanfaatkan diskon. Soalnya kadang masang harganya ngaco, dimahalkan terus diberi diskon seakan – akan memang murah.

Tulis komentar...