Username dan password default modem dari Telkom Speedy

Semakin terjangkaunya harga koneksi internet rumahan dengan menggunakan Telkom Speedy membuatnya menjadi pilihan utama, apalagi dengan dibundling modem Wi-Fi gratis maka jelas merupakan kesempatan terbaik untuk selalu online di rumah. Merek modem ADSL atau WiFi yang didapatkan umumnya adalah TP-LINK atau kadang ZTE, dan kalau anda ingin mensettingnya maka tentu harus tahu apa username dan passwordnya.

Telkom biasanya menyediakan 3 username dan password default yang bisa dipakai untuk login ke halaman administrasi modemnya. Untuk mengaksesnya anda bisa mengetikkan alamat IP 192.168.1.1 di browser dan nantinya akan diminta untuk login. Disini saya menggunakan modem TP-LINK TD-W8151N. Tipe lain seperti TD-8101G, TD-8817, TD-8951N, dan beberapa varian modem ZTE atau Huawei sepertinya juga bisa diakses memakai cara yang sama.

adsl-modem-authentication-required

Berikut adalah beberapa username dan password yang bisa anda coba:

  • username: admin dan password: admin.
  • username: user dan password: user.
  • username: support dan password: support.
  • username: support dan password: theworldinyourhand.

Biasanya para teknisi Speedy akan menggunakan salah satu user diatas kalau sedang troubleshooting permasalahan dalam modem atau koneksi, dan username lainnya adalah cadangan kalau anda tidak sengaja merubahnya atau tidak bisa dipakai.

Efek negatifnya kalau semua tahu apa defaultnya maka bisa saja ada yang iseng mengutak – atik setting modem anda sehingga jadi rusak tidak bisa digunakan. Anda bisa mengganti password dan mematikan user default lainnya, memang sangat saya sarankan, juga sebaiknya matikan akses beberapa akun yang tidak dipakai.

Sekarang anda sudah mengetahui apa username dan password default pada modem yang diberikan gratis oleh Telkom jadi bisa melakukan perbaikan atau konfigurasi sendiri kalau paham mengenai teknologi jaringan.

Ini berbeda dengan username dan password untuk login ke akun Telkom Speedy anda, jadi kalau anda tahu maka segera catat informasinya supaya anda bisa mensetting sendiri modemnya, dan jika tidak anda bisa mendapatkannya dengan sedikit berusaha asalkan anda masih bisa terhubung internet.

193 pemikiran pada “Username dan password default modem dari Telkom Speedy”

  1. Jadi gini mas, saya lupa kan sandi wifi speedy nah untuk melihat ny kn masuk di 192.168.1.1, setelah klik it nanti munculkan kotak yg sruh isi username sm password ny. Ketik admin kn
    Setelah itu pas mau coba wifi ny disambungkan pakai hape sudah di ketik sandi ny, ttep ga mau connect padahal kan sandi sudah sama

    Balas
    • Heh? Anda menyambungkan hp ke WiFi pakai password untuk login ke modem mbak? Ya lain mbak, kecuali di setting modem untuk WiFi/WLAN/Wireless anda gunakan kata sandi yang sama. Mengubahnya di bagian WPA Key atau Encryption key istilahnya.

  2. Mas modem dr server bisa diakses internetnya, kemudian di tiap lantai ada modem juga dgn nama lt1 dan lt2 namun di tiap lantai itu tidak dpt diakses internetnya padahal jika konek ke server bisa solusinya gmn ya? Kadang keluar authentication required tplinkextender.net

    Balas
    • Halo Dita, anda menyambungkan modem di lantai 1 dan 2 menggunakan apa ya mbak? Konek ke server ini maksudnya bagaimana? Oh ya, modem anda apa? Tahu topologinya?

  3. Gini mas.. Kan kabel modem saya yang dihubungkan ke computer saya cabut, trus saya masukkan lagi ke computer..nah abis itu internet saya gak nyambung.. saya tekan Networks ada tulisan “broadband connection ” saya klik terus saya disuruh masukin username dan password.. saya sudah coba semua diatas tetep gk bisa.. bagaimana solusinya mas? Modem saya type ZTE ZXV10 B7OOV .. SAYA minta tolong mas.. terimakasih

    Balas
    • Halo Hussain, kabel dari modemnya pastikan di urutan pertama mas (LAN 1). Kalau masih tidak bisa kok rasanya setting modem ada kena reset ya. Tampaknya terpaksa panggil teknisi Telkom.

  4. Assalamumlaikum bos…
    mw nanya nich,,,
    kan sy sdh masuk di telnet 192.168.1.1
    karna telnetnya kga aktif maka sy aktifkan sperti
    contoh di atas,,,
    dan ketika telnetnya sdh aktifff mncul tmpilang
    login sy masukann admin kmudian ane enter
    truss mncul tmpilannya di bwah password sy ketikan lagi admin
    tp koh kga bisah ych bosss ????
    mhon pncerahannya ?

    Balas
    • Alacatel Lucent I-240W-A mas? Ini IndiHome kalau begitu? Wah… sekarang diremote dari pusat, berdasarkan serial number modemnya.

  5. jadi gmn donk brtoher ?

    sy coba jelaskan sdkit permasalahan sya :
    awalnya sy masang indi home di rmh bulan Agustus kmarin,,,
    dan sy berfikir agar orang lain tidak masuk k Home Gateway pnya saya :
    maka sy coba ruba username n passswordnya pada bulan agustus
    yang tdinya admin admin skrng sy rubah mnjadi admin kemudian pakai password pnya
    sy,,
    dan ketika sy masuk lagi dgn password baru sya eh ternyata tdk bisah…
    dan stlah bbrp bulan kmudian tpatnya bulan oktober
    sy smpat liat default username n password yang anda berikan
    sy uji satu persatu ternyata yang bisah digunakan yaitu :
    support
    thewordinyourhand

    stlah bisah masuk kmbli lagi sy ruba password adminnya mnjadi paswoord pribadi
    dgn mnggunakan nama sya,,
    stlah berhasil dan coba masuk lagi eh ternyta kga bisah lagi smpai dgn saat ini…

    mhon bntuannyaaa :

    Balas
    • Jadi ini pakai password lama juga tidak bisa mas? 🙁 Wah saya bingung juga kalau semuanya gagal. Sementara cuma terpikir reset modemnya sih mas. Kalau ke tempat teman nanti saya lihat – lihat modemnya, sama soalnya langganan IndiHome. Saya sudah ganti ISP ke MyRepublic soalnya, jadi beda modem sekarang.

  6. mas chandra, saya sudah ikutin langkah tsb. namun di cmd dsuruh dimasukin pasword sprti diatas tdk ada yg bisa. dan saya juga tidak ada pasword n username dr speedynya. itu bagaimana ya? kalau di reset apa nanti tdk bs tersambung lagi? tolong di bantu

    Balas
    • Halo Lidya, ini modem apa ya mbak? Speedy atau IndiHome? Semuanya tidak bisa ya? Kemungkinan sudah ada yang mengubahnya. Kalau reset ya hilang semua settingnya mbak.

  7. Makasih mas Chandra ternyata user dan paswordnya beneran di ganti saya coba semua cara di atas gag bisa pas baca commend mas Chandra yang support-theworldinyourhand ternyata malah bisa -_-” suram emang ini Indihome . . .

    Balas
    • Halo Rifki, perasaan sudah saya tulis deh mas. Haha. 😀

      Yang lebih baru malah sekarang username dan passwordnya diacak mas saat instalasinya. Untuk yang super admin. Jadi user cuma bisa ganti setting WLAN dan DHCP biasanya.

  8. Gan merk modem saya zte zxv10 w300s…
    Di awal login saya masukin admin-admin. Trus di bagian settingan LAN, username dan password mana yg harus saya masukin?

    Nah, setelah saya coba save settingan, bagian IP address start di 192.168.1.2. Tapi di bagian settingan laptop di wireless properties kok berubah jadi 192.168. 1.3 ip address nya?

    Apa yg salah ya? Setelah kejadian di atas, malah internet jadi merah led indikatornya mas..
    Bingung gua. Clckkckxk

    Balas
    • Halo Febrianus, ini Speedy mas? Username dan passwordnya adalah untuk login internetnya. Dan ini harus didapatkan dari Telkom langsung. Masih bisa online? Ya biarkan saja.

      Rasanya karena 192.168.1.2 sudah digunakan mas, anda akses administrasi lewat mana? Mungkin perangkat tersebut yang memakainya.

    • Halo Ardian, tidak bisa masuk ini mas tidak bisa menemukan halaman loginnya atau username dan password diatas gagal semua mas? Ini TP-LINK atau Huawei jadinya?

  9. pagi gan, tadi saya mereset modem andromax m2y haier tapi kok pas saya masuk alamat IP 192.168.1.1 kok gabisa bisa ya? padahal udah pake username sama password yang disarankan. solusinya gimana ya?

    Balas
  10. mas mau tanya kalo untuk modem indihome HG8245A username sama passwordnya apa ya
    saya udh coba empat2nya ttp gx bisa masuk

    Balas
    • Halo Nanda, berarti sudah diacak dari Telkomnya mas. IndiHome sekarang seperti itu. 🙁 Tanya teknisinya saja.

  11. mau tanya bg kalo mau login wifinya lewat HandPhone gmn ya caranya?saya coba login ada passwordnya trus saya buka lewat kompi 192.168.1.1 saya login trus yg di masukan ke password wifi yg di HP yg mana y?udh saya masukin smua tp “kata sandi salah” semua…bingung

    Balas
    • Halo Ricky, terus terang saya agak bingung memahami pertanyaannya mas. Ini mau login administrasi modemnya? Ya lain dengan password WiFi mas. Modemnya apa ya?

  12. MAS CHANDRA MAU TANYA
    kemarin saya bikin password untuk wifi supaya jika ada orang menggunakan wifi saya tidak terhubung langsung.
    pertanyaan saya, kenapa setiap modem dimatikan password selalu menyetting ulang, alias pengaturannya default.

    Balas
    • Halo Sabar, ini di modem merek dan tipe apa mas? Setting lainnya tidak masalah mas? Coba ganti ke SSID lain bagaimana?

  13. assalamu alaikum, mau nanya mas, saya lupa username dan paswort yang diberikan pada saat pemasangan pertama oleh pihak telkom. yang jadi masalahnya disini saya udah terlanjur mereset ulang tp-linknya. gimana solusinya mas?mohon pencerahannya

    Balas
    • Halo Risman, wah… ini solusinya cuma bisa tanya ke Telkom mas. Dulu ke 147 masih diberitahu kok, kalau tidak bisa minta dijadwalkan teknisi datang ke rumah.

Tinggalkan komentar