Whoscall: Ketahui nomor tidak dikenal yang menghubungi anda

Kadang kita akan mendapatkan telepon atau SMS yang mengatasnamakan instansi dari nomor handphone yang tidak dikenal, tapi bagaimana cara kita memastikan bahwa si penelpon adalah benar – benar dari sana? Atau alternatifnya anda mendapatkan telepon tapi ingin tahu siapakah yang menghubungi karena tidak ada dalam kontak, jangan – jangan ini adalah marketing dari perusahaan tertentu yang menawarkan produk atau parahnya adalah usaha penipuan. Kalau kita ada cara mengetahui identitas dari nomor tidak dikenal tersebut jelas akan mempermudah keputusan kita kan? Daripada kita membuang waktu meladeni percakapan tidak penting dan bisa dengan aman menutupnya kalau sudah mengetahui siapa dibalik nomor tersebut.

Nah… saya mengalami beberapa telepon dari Jakarta dan Surabaya tapi tidak mengenalinya, sehingga agak ragu juga mengangkatnya dan kadang waktunya kok pas jam kerja. Ternyata berasal dari Bank ANZ yang melakukan verifikasi kartu kredit saudara saya. Tapi dari kasus ini saya ingin mencari tahu adakah caranya minimal mendeteksi siapa ini yang menghubungi dan ternyata di Android ada aplikasi bernama Whoscall – di iOS (iPhone), Windows Phone dan versi website juga tersedia. Semuanya gratis kok.
whoscall-android
Setelah anda menginstall aplikasi ini maka setiap ada telepon masuk dari nomor handphone yang tidak ada dalam kontak maka bila ada informasinya akan muncul siapa namanya atau mewakili instansi apa. Semudah itu kok, bahkan kita aslinya tidak perlu melakukan setting apapun setelah memasangnya. Apalagi fitur ini juga aktif untuk SMS, jadi minimal bisa melakukan verifikasi identitas daripada menebak – nebak sendiri. Jadi kita sekarang akan tahu siapa pemilik nomor tersebut dengan mudah.

Tapi tentu saja ada kekurangannya, lebih tepatnya karena cara Whoscall mengumpulkan datanya adalah dari komunitas maka kebenaran datanya tergantung yang mengirimkan data mengenai nomor – nomor tersebut. Jadi kita sebagai penggunanya akan merasakan manfaat dengan mengenali nomor – nomor tidak dikenal yang dilaporkan pengguna lainnya, dan apabila ingin menambahkan akurasi datanya maka sebaiknya ikut juga melaporkan nomor – nomor yang masuk ke ponsel kita tapi masih belum ada informasinya.

Saya anjurkan jangan nomor pribadi yang dilaporkan ke Whoscall karena bersifat privasi, daftarkan saja nomor telepon milik toko, perusahaan, instansi, pabrik atau jenis lainnya yang resmi dan dapat diakses umum.

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Whoscall: Ketahui nomor tidak dikenal yang menghubungi anda”

    • Halo Carlla, aplikasi ini hanya efektif kalau sudah ada yang melaporkan ke sistem ini nomor teleponnya siapa atau instansi apa. Paling akurat kalau yang telepon itu marketing yang menawarkan jasa atau produk karena nomor teleponnya jenis PSTN (Telkom) jadi jarang berubah.

Tulis komentar...