wprecon: Cek keamanan situs WordPress dalam 1 klik

WordPress sebagai salah satu Content Management System (CMS) terpopuler di dunia rawan menjadi target serangan para hacker. Dengan kemudahannya dalam alih fungsi WordPress menjadi situs, blog, forum, dan bahkan toko online maka wajar bila semakin berbeda dengan standarnya akan semakin besar resiko adanya celah di situs anda. Oleh karena itu anda harus sering – sering anda memantau berita keamanan WordPress dan rutin melakukan update WordPress, theme dan plugin bila tersedia. Selain itu lebih baik anda mengecek keamanan website anda secara mudah dan otomatis menggunakan wprecon.

Apalagi dengan banyaknya situs yang menawarkan tema dan plugin WordPress premium secara gratis di internet harus membuat anda waspada, pahamilah dulu bahayanya. Kalau anda memang menggunakannya dalam situs anda maka saya sarankan untuk menghapusnya daripada terjadi apa – apa yang merugikan anda nantinya.

wprecon

wprecon merupakan layanan verifikasi keamanan WordPress dalam satu klik. Yang anda perlu lakukan hanyalah mengisikan alamat website anda yang menggunakan WordPress dan silahkan tunggu hasilnya.
wprecon-check-now

Bagian paling atas bernama WordPress Security Check akan berisi kesimpulan mengenai keamanan situs anda dimulai dari versi WordPress yang dikenali, apakah hasil Google Safe Browsing aman dari malware, server hosting yang digunakan, penggunaan cache, alamat IP hosting, web hosting apa yang dipakai, dan negara lokasi server tersebut. Untungnya hasil scan website ini bagi saya yang amatir mengenai WordPress ini dianggap aman.
wprecon-check-results

Tapi bukan hanya informasi ini yang akan anda temukan, bila anda geser ke bawah (cukup panjang halamannya) anda akan melihat apa saja yang discan oleh wprecon dan apakah ada resiko bahaya pada setiap bagiannya. Setiap bagian WordPress akan dinilai mulai dari plugin, theme, username, direktori WordPress, link keluar yang ada, JavaScript yang digunakan, dan iFrame yang terpasang.

Tentu saja setiap ancaman bahaya tidak ada gunanya kalau tidak ada cara memperbaiki atau mencegahnya, untungnya wprecon ikut memberi penjelasan kenapa berbahaya dan rekomendasi langkah – langkah yang perlu dilakukan untuk mengamankan WordPress. Oh ya, sekalian saja anda cek apakah ada malware diwebsite anda menggunakan Quttera.

Tulis komentar...