Zona waktu Indonesia

Kita pasti sudah mengenal kalau di Indonesia ada 3 zona waktu dan ini malah sudah diajarkan sejak sekolah dasar. Tapi yang diberikan informasinya adalah WIB (Waktu Indonesia bagian Barat), WITA (Waktu Indonesia bagian Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia bagian Timur) yang selisih antar zona adalah 1 jam. Disini sudah cukup sebenarnya, tapi akan menjadi masalah kalau anda mensetting zona waktu di handphone atau komputer karena ketiga istilah diatas tidaklah ada.

Ya, untuk mengatur zona waktu pada perangkat pintar seperti komputer dan ponsel kita harus menggunakan standar zona waktu internasional. Ini bisa GMT (Greenwich Mean Time) atau UTC (Coordinated Universal Time), dan kadang yang harus mengisikan nama benua disusul kota.

Alvesgaspar / Greenwich Clock / CC BY-SA 3.0
Alvesgaspar / Greenwich Clock / CC BY-SA 3.0

Kalau anda ingin mensetting zona waktu maka bisa menggunakan beberapa jenis format berikut:

  • Wilayah WIB / Western Indonesian Time : GMT+7, UTC+7, Asia/Jakarta, Asia/Pontianak, Asia/Bangkok.
  • Wilayah WITA / Central Indonesian Time : GMT+8, UTC+8, Asia/Makassar.
  • Wilayah WIT / East Indonesian Time : GMT+9, UTC+9, Asia Jayapura.

Pilih salah satu saja yang sesuai dengan lokasi anda sekarang dan formatnya cocok.

Pernah saya temukan untuk mengganti zona waktu di handphone Android teman saya malah tidak ada lokasi kota di Indonesia, jadi terpaksa mengakali dengan memilih Bangkok, Thailand sebagai time zonenya karena sama. Agak aneh memang. Kadang ada yang menanyakan Daylight Saving Time, kalau anda berada di Indonesia bisa diabaikan.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...